Upaya Penegakan Ham Oleh Pemerintah

Kak Rey

Salah satu perbuatan yang dilakukan sehubungan dengan penyerangan yang meluas atau sistematik dan diketahuinya bahwa penyerangan itu dilakukan secara langsung terhadap masyarakat, berupa pembunuhan, pemusnahan, perbudakan, pengusiran atau pemindahan paksa orang, perampasan kebebasan atau kesewenang-wenangan. Perampasan kebebasan fisik yang melanggar prinsip-prinsip hukum internasional, dan penyiksaan. Contoh: genosida, perbudakan dan penindasan oleh Jepang dan Jerman selama Perang Dunia II – pembantaian kaum Syiah pada era Saddam Hussein di Irak.

Pdf) Peran Penting Masyarakat Dalam Penegakan Ham Di Indonesia

1986 Pemindahan, penyitaan dan pemindahan pedikel dari Jakarta 1993 Pembunuhan aktivis buruh perempuan Marsinah, 8 Mei 1993 3. Pemberontakan Situbondo, puluhan rumah ibadah dibakar 4. Pembantaian orang yang diduga santet di Jawa Timur 19

Insiden di Aceh (1990) Insiden yang terjadi di Aceh sejak tahun 1990 telah memakan banyak korban baik aparat keamanan maupun warga sipil yang tidak bersalah. Peristiwa di Aceh diklaim dilakukan oleh partai politik dan ada beberapa pihak yang menginginkan Aceh merdeka. Penculikan aktivis politik (1998) Telah terjadi kasus penghilangan paksa (penculikan) aktivis, menurut data Kontras ada 23 orang (1 orang meninggal, 9 orang dibebaskan dan 13 orang lainnya hilang). Kasus Munir (aktivis HAM)

Artikel Terkait

Bagikan: