Hambatan Penegakan Ham Di Indonesia

Kak Rey

Ini Struktur Kepengurusan Komnas Ham Baru Periode 2022 2027

Misalnya, adanya perbedaan pendapat tentang pengertian zina menurut hukum pidana dan hukum Islam. Dalam hukum pidana, hukum zina dibatasi bagi laki-laki dan perempuan yang telah menikah yang melakukan zina. Pada saat yang sama, hukum Islam mensyaratkan agar hukum yang sama diterapkan terhadap pelaku kejahatan, baik laki-laki maupun perempuan, yang belum menikah.

(3) Kualitas peraturan perundang-undangan tidak sesuai dengan harapan masyarakat. Hal ini disebabkan oleh keadaan pemerintahan pada saat diundangkannya undang-undang tertentu (misalnya UU No. 11 PNPS/1963 tentang pengganti pemerintahan rezim lama) dan sistem hukum nasional masih menerapkan hukum waris atau undang-undang. Hukum kolonial yang diwariskan.

(4) Penegakan hukum yang tidak memadai atau tidak wajar karena bertentangan dengan harapan masyarakat. Misalnya, hak pakai atas tanah yang diatur kepemilikannya dengan undang-undang dikukuhkan dengan akta hak atas tanah. Namun hak yang harus tetap berlaku secara sosial ini digunakan untuk hal-hal yang tidak sesuai dengan rasa hukum dan keadilan dalam masyarakat.

Artikel Terkait

Bagikan: