Hambatan Penegakan Ham Di Indonesia

Kak Rey

Hambatan Penegakan Ham Di Indonesia - Tantangan dan Hambatan Perlindungan Hak Asasi Manusia di Indonesia - Semakin banyaknya kasus pelanggaran hak asasi manusia yang terjadi menimbulkan tantangan terhadap hak asasi manusia di Indonesia. Beberapa kasus pelanggaran HAM telah diselesaikan, sementara yang lain masih dalam proses.

Meski banyak kasus pelanggaran HAM di Indonesia, bukan berarti implementasi HAM lemah atau tidak ada penegakan hukum. Namun, masih banyak persoalan yang menjadi tantangan dalam pelaksanaan HAM di negeri ini.

Hambatan Penegakan Ham Di Indonesia

Hambatan Penegakan Ham Di Indonesia

B) masih adanya pihak-pihak yang mencoba melanggengkan kekerasan dan diskriminasi sistematis terhadap perempuan atau kelompok sosial yang dianggap minoritas;

Ditjen Ham Luncurkan Pokja P5ham Bagi Penyandang Disabilitas Mental

C) budaya kekerasan masih sering menjadi pilihan berbagai kelompok masyarakat untuk menyelesaikan masalah yang ada di antara mereka;

D) Tidak ada komitmen yang kuat dari pemerintah dalam upaya pembelaan hak asasi manusia dan kemampuan untuk melaksanakan kebijakan hak asasi manusia sebagaimana diatur dalam konstitusi dengan baik;

E) Pekerjaan media menyebabkan berkurangnya partisipasi media dalam menerbitkan laporan investigasi tentang hak asasi manusia dan mengungkapkan pendapat untuk mempromosikan hak asasi manusia;

F) Masih kurangnya kekuatan masyarakat sipil yang mampu menekan pemerintah secara demokratis agar siap mengambil pendekatan yang lebih peduli dan serius dalam melaksanakan agenda penegakan hak asasi manusia;

Pendidikan Kewarganegaraan “hak Asasi Manusia (ham)”

G) desentralisasi kekuasaan yang tidak diikuti dengan penguatan okupasi birokrasi dan kontrol masyarakat di daerah dapat menimbulkan berbagai pelanggaran HAM di tingkat lokal;

H) Budaya feodal dan korupsi menyebabkan aparat penegak hukum gagal mengambil tindakan efektif terhadap berbagai pelanggaran HAM yang dilakukan oleh pejabat atau tokoh masyarakat;

I) Dalam beberapa tahun terakhir, perhatian publik dan media lebih terfokus pada isu-isu korupsi, terorisme, dan pemulihan ekonomi daripada isu-isu hak asasi manusia;

Hambatan Penegakan Ham Di Indonesia

J) Masih ada sebagian masyarakat dan pejabat pemerintah yang menganggap bahwa HAM adalah produk budaya Barat yang individualistis dan tidak sesuai dengan budaya Indonesia;

Penegakan Hukum Ham Di Indonesia

K) Berbagai keluhan masa lalu telah menyebabkan luka emosional dan kebencian antar kelompok masyarakat tanpa rekonsiliasi sejati.

Secara umum, upaya pembelaan HAM dilakukan dengan dua cara sekaligus, pencegahan dan penindakan. Upaya untuk menciptakan kondisi yang lebih kondusif untuk menghormati hak asasi manusia disebut pencegahan, dan dilakukan melalui berbagai cara persuasi.

B) Mendirikan lembaga untuk memantau dan mengatur pelaksanaan hak asasi manusia. Lembaga-lembaga tersebut dapat berupa lembaga negara yang independen (misalnya Komnas HAM) atau lembaga yang dibentuk atas prakarsa masyarakat (banyak LSM/LSM yang bergerak di bidang pemantauan HAM).

C) Pelaksanaan pendidikan HAM bagi masyarakat melalui pendidikan di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. Dalam hal ini, surat kabar, media elektronik maupun LSM/LSM yang bergerak di bidang pendidikan masyarakat memegang peranan yang sangat penting.

Komnas Ham Temukan Indikasi Kuat Pelanggaran Ham Kematian Brigadir J

B) Pelayanan, nasihat, dukungan dan advokasi bagi orang-orang yang menghadapi masalah hak asasi manusia. Dalam hal ini lembaga bantuan hukum dan LSM yang terlibat dalam advokasi masyarakat memegang peranan penting.

C) Investigasi, yaitu pencarian data, informasi dan fakta terkait peristiwa masyarakat yang diduga melanggar hak asasi manusia. Investigasi ini merupakan pekerjaan comnas penting. Namun, umumnya LSM HAM dan media melakukannya secara independen.

E) Menerima pengaduan dari korban pelanggaran HAM. Dalam hal ini, Yayasan Komnas HAM, lembaga bantuan hukum, dan LSM HAM memegang peranan penting.

Hambatan Penegakan Ham Di Indonesia

Hambatan Perlindungan Hak Asasi Manusia di Indonesia Ada banyak kendala untuk menjaga pelaksanaan hak asasi manusia di negara ini. Pembatasan ini bisa datang dari luar negeri atau dari dalam negeri.

Mohon Bantuan Nya .............................​

A) Hambatan dari luar negara Tentunya perbedaan pemahaman atau pemahaman ideologi politik antara satu negara dengan negara lain berdampak pada perbedaan pemahaman HAM. Misalnya, tentang dua pandangan dunia atau ideologi yang paling berlawanan.

Liberalisme berasal dari kata liberal yang artinya bebas. Pemahaman ini memandang manusia sebagai makhluk bebas, artinya manusia memiliki kehendak bebas dan harus diberi kesempatan untuk berkembang secara mandiri pula.

Liberal ingin membatasi hak-hak pemerintah dalam hal ekonomi, budaya, agama dan sebagainya. Tuntutan mereka termasuk hak kebebasan menulis, ekspresi ide dan agama, anti-rasisme, perdagangan bebas dan persamaan hak bagi perempuan.

Negara-negara Eropa Barat, Amerika Serikat, dan banyak negara Asia mengadopsi liberalisme. Pemahaman ini membutuhkan hal-hal berikut.

Korupsi Di Indonesia (penyebab, Bahaya, Hambatan Dan Upaya Pemberantasan, Serta Regulasi) Kajian Literatur Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial

(a) Mengutamakan suara terbanyak dalam pengambilan keputusan. Oleh karena itu, pendapat kelompok kecil atau minoritas tidak akan diperhitungkan saat mengambil keputusan. Sikap ini memiliki efek negatif menyebabkan kebingungan.

Kebebasan individu atau partai ditonjolkan dalam bidang politik sehingga diketahui adanya partai-partai oposisi dan posisi-posisi yang tidak mempercayai kekuasaan pemerintah.

Pemerintahan yang berkuasa akan jatuh jika hak tersebut digunakan untuk memenuhi pemerintahan minimum di parlemen. Dampak negatifnya adalah pemerintahan tidak stabil dan rencana pembangunan tidak berjalan sehingga upaya peningkatan kesejahteraan rakyat terhenti.

Hambatan Penegakan Ham Di Indonesia

Bagi Indonesia, konsep liberalisme dapat membawa dampak-dampak berikut yang juga mempengaruhi pelaksanaan perlindungan HAM di tanah air.

Hambatan Penegakan Ham Di Indonesia

(a) Dalam bidang ekonomi, persaingan bebas akan membunuh golongan ekonomi lemah. Akibatnya, kesenjangan akan meningkat. Liberalisme akan menghasilkan individu-individu egois yang jauh dari persaudaraan dan gotong royong.

(b) Kebebasan yang tidak terkendali, seperti berdemonstrasi secara bebas di jalan umum, dapat mengganggu jalannya pemerintahan dan aktivitas kehidupan masyarakat sehari-hari.

Komunisme didasarkan pada teori sejarah materialisme yang diajarkan oleh Karl Marx. Menurutnya, sejak perkembangan dunia, masyarakat manusia telah menjadi perjuangan kelas melawan kelas. Perjuangan kelas antara kaum kapitalis (yang kaya) melawan proletariat (yang miskin) pada akhirnya akan dimenangkan oleh proletariat.

(a) Dalam bidang politik, pemerintahan berada di tangan proletariat yang menjalankan pemerintahan secara diktator untuk mencapai masyarakat komunis yang disebut dengan kediktatoran proletariat.

Pdf) Wujudkan Penegakkan Ham Yang Adil Sesuai Pancasila

Atas nama kaum proletar, penguasa bisa melakukan apapun yang mereka mau dan menyingkirkan siapa pun yang dianggap menghalangi pencapaian tujuan.

Hanya ada satu partai di negara ini, Partai Komunis, dan tidak ada partai lain yang diperbolehkan. Rakyat hanya dijadikan objek politik karena tidak ada kebebasan politik.

(b) Dalam bidang agama, negara yang menganut paham komunis pada umumnya mencegah masyarakatnya memeluk agama karena dianggap sebagai racun sosial yang dapat menghambat kemajuan.

Hambatan Penegakan Ham Di Indonesia

(c) Dalam bidang ekonomi, pemerintah mengatur semua kegiatan ekonomi secara inklusif. Hak milik individu atas alat-alat produksi tidak diakui. Masyarakat menjadi pasif atau tidak berekonomi karena semuanya ditentukan oleh pusat (sentralisasi). Oleh karena itu, sulit untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Diskusi Kelompok Terfokus Fgd Terkait Analisis Urgensi Pengaturan Hukum Acara Pidana Secara Khusus Dalam Rancangan Undang Undang Pengadilan Hak Asasi Manusia

Karena sifatnya, ideologi komunis setidaknya memiliki empat arah dan pengaruh yang tidak kondusif bagi pelestarian hak asasi manusia.

(a) Pembentukan masyarakat didahului dengan pembentukan kediktatoran proletar yang berujung pada terciptanya rezim otoriter. Kekuasaan pemerintah bisa jatuh ke tangan partai, bahkan ke tangan individu. Orang hidup sempit dan tertutup, yang pada dasarnya merupakan pelanggaran hak asasi manusia.

(b) Munculnya berbagai perbuatan yang dapat merendahkan harkat dan martabat manusia di luar batas kemanusiaan, atau disebut proses penghinaan terhadap kemanusiaan. Alasannya adalah sikap menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuan yang menjadi populer di kalangan masyarakat komunis.

(c) Gerakan komunis cenderung menciptakan berbagai konflik dan konflik dalam kehidupan masyarakat untuk tujuan perebutan kekuasaan yang menimbulkan ketegangan dan gejolak.

Pdf) Prinsip Penegakan Hukum Dan Hak Asasi Manusia: Studi Kasus Penembakan Militer Terhadap Masyarakat Nduga Papua

B) Hambatan dari dalam negeri Ada empat jenis penyebab yang menyebabkan terjadinya pelanggaran HAM di Indonesia menurut prof. Baharuddin Lopa, SH, viz

(ii) masih kuatnya budaya ewuh pekwuh yang membuka peluang terjadinya pelanggaran HAM sehingga penegakan hukumnya terputus;

(1) Letak geografis Indonesia yang besar dan jumlah penduduk yang besar menimbulkan hambatan dalam komunikasi dan distribusi produk hukum dan hukum. Sosialisme jangka panjang dibutuhkan oleh beberapa produk hukum nasional.

Hambatan Penegakan Ham Di Indonesia

(2) Budaya hukum dan hak asasi manusia belum dikaitkan. Dalam beberapa persoalan hukum, perbedaan cara pandang masih sering mewarnai kehidupan masyarakat. Hal ini disebabkan adanya perbedaan yang signifikan dalam pemerataan tingkat mutu pendidikan dan perkembangan sosial budaya di Indonesia.

Ini Struktur Kepengurusan Komnas Ham Baru Periode 2022 2027

Misalnya, adanya perbedaan pendapat tentang pengertian zina menurut hukum pidana dan hukum Islam. Dalam hukum pidana, hukum zina dibatasi bagi laki-laki dan perempuan yang telah menikah yang melakukan zina. Pada saat yang sama, hukum Islam mensyaratkan agar hukum yang sama diterapkan terhadap pelaku kejahatan, baik laki-laki maupun perempuan, yang belum menikah.

(3) Kualitas peraturan perundang-undangan tidak sesuai dengan harapan masyarakat. Hal ini disebabkan oleh keadaan pemerintahan pada saat diundangkannya undang-undang tertentu (misalnya UU No. 11 PNPS/1963 tentang pengganti pemerintahan rezim lama) dan sistem hukum nasional masih menerapkan hukum waris atau undang-undang. Hukum kolonial yang diwariskan.

(4) Penegakan hukum yang tidak memadai atau tidak wajar karena bertentangan dengan harapan masyarakat. Misalnya, hak pakai atas tanah yang diatur kepemilikannya dengan undang-undang dikukuhkan dengan akta hak atas tanah. Namun hak yang harus tetap berlaku secara sosial ini digunakan untuk hal-hal yang tidak sesuai dengan rasa hukum dan keadilan dalam masyarakat.

(5) Penguasaan hukum sebagian aparat penegak hukum terbatas, baik secara teori maupun praktek. Minat penanganan perkara akan rendah jika kualitas aparat penegak hukum rendah dan cara-cara yang digunakan seringkali bertentangan dengan hukum itu sendiri. Misalnya, aktivis agama telah ditangkap dengan kejam dan hak asasi manusia, meskipun ilegal dan bermoral, tidak dihormati.

Babak Baru Penegakan Ham Di Indonesia

(6) Kesadaran hukum masih rendah karena sumber daya manusia yang kurang. Rendahnya pengetahuan dan kesadaran hukum di kalangan anggota masyarakat menyebabkan ketidakpedulian dan berbagai pelanggaran hak asasi manusia orang lain.

Misalnya ketika terjadi kecelakaan lalu lintas dimana pengendara sepeda karena lalai menabrak mobil yang sedang diparkir di pinggir jalan. Sepedanya rusak parah dan pengendara sepeda terluka parah.

Pemilik mobil selalu menjadi pihak yang jahat di benak masyarakat awam, sehingga ia harus membayar pajak kepada korban, meski pada kenyataannya ia berada pada posisi yang tepat. Demikian pula, eigenrichting adalah hal yang normal dan berhubungan dengan geng bagi banyak orang, dan bukan merupakan pelanggaran hukum, apalagi hak asasi manusia.

Hambatan Penegakan Ham Di Indonesia

(7) Tindakan aparat penegak hukum sangat terkotak-kotak sehingga sering menimbulkan perbedaan penegakan hukum dalam kasus yang sama. Upaya penegakan hukum dan keadilan di Indonesia diakui

Penegakan Ham [sumber Elektronis]

Penegakan hukum ham di indonesia, hambatan dalam penegakan ham, jelaskan upaya yang dilakukan pemerintah dalam penegakan ham di indonesia, hambatan dalam penegakan ham di indonesia, penegakan ham di indonesia, hambatan dan tantangan penegakan ham di indonesia, hambatan ham di indonesia, hambatan penegakan ham, penegakan ham di indonesia saat ini, sebutkan hambatan dan tantangan dalam penegakan ham, hambatan penegakan ham di indonesia yang berupa prinsip sipil, jelaskan hambatan dan tantangan penegakan ham di indonesia

Artikel Terkait

Bagikan: