Investasi
sumber: pixabay

Tips Investasi Saham Untuk Jangka Panjang

Investasi jangka panjang- Kini banyak sekali instrumen investasi jangka panjang yang bisa anda pilih.

Meskipun banyak orang-orang yang mengatakan lebih aman untuk berinvestasi emas, namun pada faktanya ada kok beberapa instrumen lain yang juga tidak kalah menarik dan amannya dari emas.

Hanya saja butuh perhatian dan juga butuh pengetahuan untuk melakukannya. Salah satunya adalah investasi saham.

Investasi saham ini ternyata sudah menjadi salah satu instrumen yang tergolong cukup ramai diminati oleh masyarakat indonesia. Kok bisa?

Tentu karena potensi nilai ataupun keuntungan dan ditawarkan tergolong cukup besar.

Hanya saja kita masih memahami bahwa yang namanya investasi saham dengan jangka waktu yang panjang bukanlah hal yang mudah.

Ada berbagai hal yang mesti diperhatikan. Karena resikonya juga terbilang cukup besar.

Nah buat anda yang ingin sekali berinvestasi saham tapi masih bingung bagaimana tipsnya bisa menyimak penjelasan berikut.

Tips berinvestasi saham untuk jangka panjang

Pada umumnya para investor yang melakukan investasi jangka panjang ingin mendapatkan keuntungan berkali-kali lipat.

Hari ini agar bisa digunakan untuk banyak hal yang telah direncanakan di awal. Baik itu untuk biaya pendidikan anak, pembelian rumah, biaya pensiunan, adapun yang lainnya.

Tentu keuntungan tidak bisa anda dapatkan jika tidak menggunakan strategi.

Karena telah banyak sekali pada investor yang mengalami kerugian karena tidak tahu caranya ataupun tidak mempunyai strategi yang jitu.

Oleh karena itu simak tips yang mungkin akan bermanfaat untuk investasi saham anda nantinya.

Teliti market cap perusahaan

Tips yang paling pertama ialah dengan teliti ataupun menganalisis market capnya. Dalam kapitalisasi pasar anda dapat melihat indikasi tentang seberapa besar nya ukuran perusahaan yang akan dituju.

Tidak lupa juga dengan prosentase pemegang saham. Biasanya perusahaan yang mempunyai nilai kapitalisasi besar adalah perusahaan perusahaan yang bonafit, perusahaan-perusahaan besar, ataupun perusahaan yang memang berada di bawah naungan negara alias BUMN.

Sedang Trending :  Arti Penting Investasi Leher ke Atas

Mengapa demikian? Karena mempunyai pendapatan yang tergolong stabil dan cenderung besar nilainya. Apalagi ditambah dengan adanya pendanaan dari para investor.

Belajar analisis fundamental dan teknikal

Ketika memulai investasi saham maka hal yang paling penting untuk anda lakukan adalah dengan belajar menganalisis. Yakni analisis fundamental dengan teknikal.

Adapun tujuan dari mempelajari analisis ini ialah membuat anda tidak sampai salah pilih saham dan juga memungkinkan untuk meminimalisir terjadinya kerugian ke depan.

Analisis fundamental sendiri dapat kita artikan dengan mempelajari kelayakan sebuah perusahaan.

Tentu sebagai seorang investor anda memang harus melakukan analisis yang baik tentang sebuah perusahaan yang akan dituju.

Dan yang menarik nya adalah saham dengan fundamental yang baik biasanya mempunyai harga yang baik pula dan cenderung akan mengalami kenaikan.

Sedang Trending :  Investasi Jangka Pendek? Berikut Tujuannya

Lantas bagaimana caranya? Caranya adalah dengan melihat laporan keuangan perusahaan dengan lingkungan perusahaan.

Seperti jenis bisnis, perkembangannya, sampai dengan manajemen. Sementara analisis teknikal ini kerap digunakan dalam memprediksi harga saham di pasaran nantinya.

Cara dapat dilakukan ialah dengan melihat data pasar waktu sebelumnya.

Lihat pendapatan dan laba perusahaan

Tips lain yang harus diperhatikan ialah dengan melihat pendapatan dan laba perusahaan.

Kalau untuk laba biasanya dapat anda lihat laba selama setahun sebelumnya dan juga di tahun yang tengah berjalan.

Termasuk juga laporan laba rugi. Nah dari data inilah kita bisa melihat trend pertumbuhan perusahaan.

Sebenarnya apa sih keuntungan dari mempelajari ataupun melihat pendapatan dan laba perusahaan? Berapa diantara kita yang bertanya demikian.

Maka sederhananya dengan melihat mendapatkan dan juga laba perusahaan akan membuat kita mempunyai gambaran tentang perusahaan mana yang memang baik untuk dipilih ketika akan menanamkan saham dan juga untuk melihat peran pertumbuhan yang baik.