Jenis Investasi Jangka Panjang yang Bisa Dipilih

Kak Anita

Investasi
sumber: pixabay

Investasi Jangka Panjang- Investasi jangka panjang merupakan pilihan beberapa kalangan masyarakat di Indonesia.

Di mana, dengan melakukan investasi kita bukan hanya dapat mengamankan perekonomian ke depan, tapi juga bisa menambahkan nilai mata uang ke depannya.

Jika mengacu kepada rentang waktunya, maka investasi terbagi menjadi dua yaitu investasi jangka panjang dan juga jangka pendek.

Untuk investasi jangka panjang biasanya kerap menjadi pilihan para investor yang berkeinginan nilai uangnya mengalami kenaikan secara terus-menerus.

Ataupun untuk mendapatkan banyak keuntungan di masa depannya.

Tidak heran jika kemudian Para investor jangka panjang kerap menjadikan dana pensiunan sebagai tujuan utama dalam berinvestasi jangka panjang ini.

Jika kita lihat dari segi waktunya investasi jangka panjang pada umumnya dijalankan selama 1 tahun sampai dengan 5 tahun ke atas.

Itu artinya, semakin lama kita melakukan investasi akan memberikan lebih banyak keuntungan.

Dengan catatan kita mempunyai strategi investasi yang tepat dengan literasi yang mumpuni. Dalam dunia investasi, ada beberapa Resiko yang meski dipahami.

Dan sebagai seorang pemula, ada baiknya jika anda mempelajari dengan baik setiap Resiko yang ditawarkan.

Khususnya resiko pada investasi jangka panjang ini. Untuk memulai investasi jangka panjang ada beberapa instrumen yang mungkin bisa anda pilih. Berikut penjelasannya.

Jenis investasi jangka panjang yang bisa anda pilih

Emas

Ya, emas menjadi salah satu jenis instrumen investasi jangka panjang yang sangat menguntungkan.

Dan sebenarnya ini bukan lagi rahasia umum. Hal ini karena memang banyak sekali kalangan yang mengklaim bahwasanya investasi emas ini jauh lebih stabil dibandingkan dengan nilai mata uang.

Selain itu, harganya juga tergolong terus meningkat dari waktu ke waktu. Dan yang paling menariknya lagi adalah investasi ini bisa dilakukan dengan sangat mudah.

Yakni hanya dengan membeli emas ke toko pilihan. Jika sudah, anda bisa langsung menyimpannya baik itu disimpan di rumah ataupun disimpan di bank.

Meskipun demikian, tetap hati-hati ketika akan menyimpan emas di rumah saja. Dan jangan lupa juga untuk berhati-hati ketika akan membeli emas.

Karena tergolong cukup banyak oknum oknum yang menawarkan emas palsu. Untuk pilihan emas yang bisa anda investasikan juga tergolong bervariasi.

Bisa dengan berinvestasi emas logam ataupun emas perhiasan. Hanya saja, usahakan untuk membeli emas yang 24 karat. Karena emas 24 karat ini mempunyai kadar emas 100% .

Saham blue chip

Adapun investasi jangka panjang lainnya yang bisa anda pilih adalah saham blue chip dengan mempunyai saham itu artinya anda mempunyai sebuah perusahaan walaupun dengan prosentase yang sangat kecil.

Saham sendiri merupakan bukti kepemilikan ataupun penyertaan seseorang di sebuah perusahaan atau perseroan terbatas.

Sehingga dengan saham yang anda miliki itu artinya Anda berhak atas pembagian laba ataupun dividen Setiap perusahaan per tahunnya.

Dan salah satu saham yang cukup menguntungkan adalah saham blue chip.

Di mana, saham blue chip ini adalah jenis saham papan atas ataupun saham unggulan yang termasuk mempunyai angka kapitalisasi sangat besar yakni di atas 40 triliun.

Dan pada umumnya saham berasal dari perusahaan-perusahaan dengan reputasi tinggi dan mempunyai pendapatan yang sangat stabil.

Hanya saja perlu dipahami juga bahwasanya saham mempunyai tingkat fluktuatif yang tergolong agresif sehingga resikonya juga terbilang cukup tinggi.

Meskipun demikian, tidak perlu khawatir sebab yang akan dihasilkan akan tergolong besar.

Oleh karena itu sebelum memulai investasi saham ini pastikan dahulu bahwa anda sudah mengetahui bagaimana caranya melakukan analisis teknikal dengan analisis fundamental.

Hal ini agar membuat anda mendapatkan keuntungan sebagaimana yang diharapkan.

Artikel Terkait

Bagikan:

Tinggalkan komentar