Investasi Jangka Pendek? Berikut Tujuannya

Kupas Tuntas, Tujuan Investasi Jangka Pendek- Pada umumnya, nyaris semua ibu-ibu Indonesia mengajarkan dan membiasakan gemar menabung kepada semua anak-anaknya.

Dan setiap anak, pasti mempunyai memories sendiri mengenai hal ini. Ia kan?

Kalau dulu, orang tua kita membiasakan kegiatan ini dengan sangat sederhana. Yakni, dengan menyisihkan sebagian uang jajan, kemudian memasukkannya ke dalam celengan.

Yaitu, terbuat dari atom, dengan bentuk yang beragam. Atau, memasukkannya ke dalam celengan yang terbuat dari kaleng dan semen. Waktu itu, masih dalam bentuk yang simple

Kegiatan menabung ini termasuk ke dalam investasi jangka pendek loh. Nah, apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan investasi jangka pendek?

Apa manfaat atau tujuannya? Tentu ini menjadi pertanyaan bagi banyak orang.

Untuk itu, bagi Anda yang penasaran, simak penjelasan singkatnya berikut.

Apa itu investasi jangka pendek?

Perkembangan teknologi yang luar biasa memberikan banyak manfaat kepada kita.

Sedang Trending :  Yuk Kenalan Dengan Investasi Jangka Pendek

Terlebih lagi bagi yang ingin berinvestasi. Baik itu yang ingin berinvestasi jangka pendek, maupun yang jangka panjang.

Hanya saja, harus diperhatikan dengan baik. Jangan sampai investasi yang Anda lakukan justru membuat Anda menuai kerugian.

Karena sejatinya, tujuan dari investasi hanya satu. Yakni, mendapatkan keuntungan.

Hal inilah yang menuntut setiap orang harus benar-benar mempunyai pengetahuan atau literasi seputar investasi.

Investasi jangka pendek, maupun panjang meski disesuaikan dengan kondisi financial Anda di rumah.

Karena bagaimanapun, setiap keluarga pasti memiliki kebutuhan, dan juga kepentingan yang berbeda-beda. Nggak bisa disamaratakan deh.

Bukan hanya itu saja, setiap keluarga bahkan punya rencana keuangan yang juga berbeda-beda ke depan.

Sehingga, pilihan akan berinvestasi ke jangka panjang atau pendek adalah soal masing-masing.

Dan ketika belajar tentang investasi, Anda akan mendengar istilah ‘uang dingin’. Nah, apa sih uang dingin itu? Sederhananya, uang dingin ialah uang yang memang nggak digunakan lagi.

Sedang Trending :  Perbedaan Investasi Jangka Pendek dengan Panjang

Dalam jangka waktu tertentu. Dan keberadaannya sama sekali nggak bakalan mengganggu kondisi keuangan atau pengeluaran harian.

Bahkan, istilah uang dingin juga sering disebut-sebut dalam dunia utang loh. Orang-orang mengatakan, jika ingin memberikan pinjaman, maka berikanlah pinjaman uang dingin.

Tahu dong maksudnya ya. Dan yang nggak kalah pentingnya adalah, jangan berinvestasi Cuma karena ingin ikut-ikutan orang lain, ngikutin trend, ataupun Cuma gengsi.

Selain itu, pastikan juga bahwa investasi sama sekali nggak bakalan mengganggu uang yang akan digunakan dalam kehidupan sehari-hari nantinya. Karena sejatinya, berinvestasi itu gampang kok.

Investasi jangka pendek merupakan investasi  yang sifatnya sementara, dan biasanya akan sangat mudah untuk ditarik kembali dalam jangka waktu yang tergolong pendek.

Sedang Trending :  Berikut Jenis Investasi Leher ke Atas

Dan umumnya, dilakukan dengan rentang waktu setahun sampai dengan tiga tahun. Karena jangka waktunya yang pendek, apa sebenarnya tujuan dari investasi satu ini?

Jika mengacu kepada halaman situs open university, disebutkan bahwa ada beberapa tujuan penting dari investasi jangka pendek ini.

Seperti, untuk mengantisipasi adanya kebutuhan yang tidak terduga, belajar untuk berkomitmen terhadap sesuatu, dan menghindari utang.

Menariknya, investasi jangka pendek ini menawarkan kelebihan dan kekurangan. Adapun yang menjadi kelebihannya adalah, return investasi yang tergolong cepat.

Karena jangkanya yang hanya sekitar setahun sampai tiga tahun. Kemudian, keuntungan yang diperoleh cukup besar, fleksibilitas investor dalam mencarikan uang.

Dalam artian, Anda bisa mencarikannya kapanpun Anda mau. Menarik sekali bukan?

Nah, itulah dia sekilas mengenai investasi jangka pendek. Mulai dari pengertian, hingga tujuannya. Yuk memulai berinvestasi dari sekarang. Semoga bermanfaat.