Si Cantik Mempesona Asus VivoBook Ultra A412DA, Laptop Ramping Serba Bisa

Kak Her

Kenalan Dengan Asus VivoBook Ultra A412DA

Sesuai judul, hari ini saya mau nulis tentang Asus VivoBook Ultra A412DA sejak kenal beberapa waktu yang lalu. Karna berhubung saya baru putus dengan A45VD. Kebetulan banget nih, saya lagi nyari pengganti buat ngisi kekosongan di hati ini.

Dan saya berencana buat lakuin PDKT dengan anak baru ini, karena tertarik dengan beberapa hal yang dimiliki.

Nah, setelah kenalan beberapa hari yang lalu, saya iseng buat cari tau informasi tentang si Asus A412DA ini melalui beberapa website di Google. Dan ternyata benar, yang satu ini memang cukup menarik perhatian.

Sekedar info, Sebenarnya saya sukanya sama yang bisa kasi saya kenyamanan saat berduaan, jadi wajar lah yah kalo saya langsung PDKT. Liat penampilannya aja, saya sudah luluh.

Sedikit flashback, Beberapa bulan yang lalu sebelum kenalan pertama kali dengan si ASUS A412DA, saya sudah menjalin hubungan yang serius dengan ASUS A45VD, yang dulunya juga pernah jadi primadona di kalangan Laptop seusianya.

Namun, di usianya yang sudah rentan dan tidak mampu lagi memenuhi kebutuhan saya, saya putuskan untuk mengakhiri hubungan yang sudah berlangsung 6 tahun lamanya.

Ingat yah, kebutuhan yang saya maksud di sini tentang hal yang positif, jadi gak usah mikir yang macem-macem.😒

Sedih rasanya meninggalkan sesuatu yang sangat berharga bagi saya, tapi apa daya itu sudah menjadi hukum Teknologi yang kian berlanjut silih berganti.

Saya tidak mengakhiri hubungan ini secara sepihak. Dia juga menerima dengan lapang dada semua keputusan yang saya ambil, jadi tolong jangan menjudge saya secara sepihak karena telah menyakiti hati sang mantan kekasih. 😆😆

Tapi di sini nggak ada yang tersakiti kok hahaha. Singkat cerita, kami sudah tidak saling bertemu dalam kurun waktu yang cukup lama. Jadi, bisa di bilang sekarang saya lagi Jomblo.

Nah berapa waktu yang lalu, saya liat Asus VivoBook Ultra A412DA yang kebetulan lewat di timeline Facebook saya, disitu tepatnya pertemuan pertama saya dengan si ASUS A412DA.

Ternyata A412DA ini punya hubungan yang cukup dekat dengan mantan saya A45VD, bisa di bilang keluarga dekat lah, dekat banget malah. Karena sama-sama keturunan ASUS. Tentunya saya gak banyak mikir, karena memang dari dulu saya sudah senang dengan keluarga ASUS.

Terlebih lagi penampilan dari ASUS A412DA buat saya terpesona sejak pertama berjumpa. Saya jadi tertarik hingga akhirnya saya putuskan untuk melakukan PDKT.

Dalam proses PDKT itu, saya mulai mengulik banyak informasi tentang kehidupan pribadi ASUS A412DA ini. Ternyata semua yang dia miliki saat ini jauh berbeda di bandingkan mantan saya sebelumnya. Pada akhirnya dia mulai banyak cerita tentang kelebihan yang dia miliki, dan semua itu masuk kriteria idaman saya.

Beberapa hal yang buat saya tertarik dengan si ASUS A412DA ini, karena dia punya kelebihan yang tidak semua laptop sekelasnya memilikinya.

Dari proses PDKT yang saya lakukan, saya menemukan hal yang menarik. Tentunya ini bakal menjadi idaman semua orang apalagi kalangan anak muda jaman sekarang.

Bodinya Ramping, Diajak Nongki Bikin Nyaman

Asus VivoBook Ultra A412DA Paling Ringkas

Keseharian saya sebagai full time blogger buat saya benar-benar memusatkan perhatian ke Laptop. Ibarat belahan jiwa lah, jadi kemana aja tuh selalu nempel kayak perangko.

Kalau lagi kehabisan ide untuk bahan nulis, saya biasanya jalan ke cafe atau warkop buat cari suasana baru, biar pikiran terbuka buat ide-ide baru untuk nulis. Dan yang menjadi masalah serius kalau pas jalan keluar, beban di pundak terasa berat karna laptop yang di bawa di dalam tas.

Belum lagi perlengkapan lain seperti charger dan teman-temannya, lama-lama bisa jadi bungkuk pundak ini.

Salah satu hal yang buat saya tertarik dengan ASUS A412DA, kalau di ajak jalan udah pasti nyaman, karena Asus VivoBook Ultra A412DA ini merupakan Laptop dengan Desain Paling Ringkas di kelasnya karena punya Layar 14 inchi dengan panjang bodi 32.2 cm dan lebar 21.2 cm serta ketebalannya kurang dari 1 inchi, beratnya pun cuma 1.5 kg. Jadi, kalau di ajak jalan bareng tuh enteng dan gak makan banyak tempat.

Saya jadi teringat waktu jalan dengan mantan, di ajak keliling cafe aja udah pegel ni pundak, gak sanggup abang 😣

NanoEdge Display Asus VivoBook Ultra A412DA Paling Ringkas

Selain itu, Asus VivoBook Ultra A412DA juga memiliki yang namanya teknologi NanoEdge Display yang membuat tampilannya lebih frameless dan kekinian tentunya. Dengan screen to body ratio hingga 87%. Dilengkapi juga dengan fitur EyeCare Protection yang fungsinya melindungi mata dari cahaya berlebihan terlalu lama, jadi mata gak muda lelah. Kalau gini bisa mandangin si dia lebih lama dong.

Dengan begitu sepertinya frekwensi kucek-kucek mata menjadi berkurang, bayangin aja kalau natap layar monitor hingga ber jam-jam hanya untuk hasil yang maksimal dalam menulis konten. Harus! karena saya kalau nulis emang harus maksimal, biar hasilnya gak mgecewain.

Gesit dan Kuat Diajak Kerja Bareng

Saya pernah punya pengalaman dengan mantan, pas saya ajak kerja tiba-tiba gak enak badan ala hasil dia malah masuk klinik untuk istirahat beberapa hari. Kerjaan memang saat itu agak sedikit berat, selain menulis konten, saya sempatin buat video untuk keperluan lain. Dilihat dari kondisi dan kemampuannya sih bisa, bisa di paksain maksudnya. Tapi ternyata ditengah perjalanan dia ngos-ngosan dan gak kuat. Saya jadi merasah bersalah dong, maksain dia buat kerja berat gitu.

Performa Asus VivoBook Ultra A412DA

Tapi Asus VivoBook Ultra A412DA ini beda, dia malah nawarin performa yang lebih gesit, bahkan 48% lebih kencang di banding sang mantan yang dulunya pernah menjadi primadona itu. Udah pasti karena Asus A412DA udah membekali diri dengan prosesor versi terbaru AMD® Ryzen™ 3 3200U dan dukungan grafis Radeon™ Vega 3 dan varian AMD® Ryzen™ 5 3500U yang di dukung grafis Radeon™ Vega 8. Jangankan kerja berat, diajak main game berat aja dia oke-oke aja.

Lah kok bisa? memangnya kuat nampung game berat yang ukurannya segede gajah?

Eits jangan ragu, hal keren lain yang bikin saya jatuh hati adalah Kapasitas penyimpanannya menggunakan HDD SATA yang bisa menampung hingga 1TB disertai dengan slot SSD SATA 3.0 M.2 hingga 256GB yang bisa buat performanya semakin ngebut. Kebayang pas di nyalain cuma butuh seper sekian detik doang buat masuk halaman utama windows.

Plusnya lagi, Asus VivoBook Ultra A412DA juga kuat di ajak kerja hingga berjam-jam loh, karena sudah memiliki Baterai Polimer-Lithium dengan kapasitas 2 Cells 37 Whrs. Dilengkapi pula dengan fitur Fast Charging yang hanya membutuhkan waktu 49 menit untuk mengisi baterai hingga 60% dengan dukungan ASUS Baterai Health, jadi jangan khawatir karena proses chargernya pasti aman.

Kubilang juga apa, ini mema ng Laptop serba bisa kan?

Bisa Jaga Diri Saat Ditinggal Bepergian

Asus VivoBook Ultra A412DA Lebih Aman Dengan Fingerprint

Hal yang paling di khawatirkan oleh setiap orang itu, kalau pujaan hatinya di rebut orang. Tapi sepertinya saya gak perlu khawatir soal itu deh. Karena Asus VivoBook Ultra A412DA sudah dilengkapi dengan Sensor Fingerprint dan fitur pemindaian wajah untuk login cepat ke sistem operasi. Jadi hanya yang punya saja yang bisa mengakses.

Fitur pemindaian wajah ini dikenal dengan fitur Windows Hello yang memungkinkan pengguna melakukan login cepat ke windows hanya dengan memperlihatkan wajah di depan layar.

Asus VivoBook Ultra A412DA Lebih Aman Dengan Windows Hello

Selain itu, Laptop ini juga sudah dilengkapi dengan Windows 10 Original, jadi gak perlu beli lagi, apalagi install yang bajakan. Kan enak, bisa hemat pengeluaran lagi. Tau lah, yang satu ini gak Matre' kok.

Dan berdasarkan informasi yang saya kutip dari halaman resmi Microsoft, ternyata harga dari Windows 10 Original ini berkisar antara 2,6 juta - 3,8 juta. Kalo gak percaya bisa di cek melalui situs resmi MIcrosoft, di situ terpampang dengan jelas kok.

Diajak Gelap-Gelapan Juga Nyaman

Asus VivoBook Ultra A412DA Dilengkapi Backlit Keyboard

Kebiasaan nih, kalau lagi berduaan saat malam hari lebih enak mainnya di tempat gelap. Tapi tentunya bukan tanpa alasan, karena laptop ini dilengkapi dengan Backlit Keyboard yang bisa di aktifkan kapan saja. Jadi pas ngetik-ngetik tetap nyaman dengan bantuan cahaya keyboard.

Asus VivoBook Ultra A412DA Hadir Dengan Ergolift Design

Posisinya juga nyaman saat digunakan berkat teknologi ErgoLift Design yang mampu membuatnya terangkat hingga membentuk sudut 2 derajat saat di buka. Jadi, selain nyaman digunakan, juga berfungsi sebagai pendingin karena cara kerja ErgoLift menciptakan ruang tambahan sirkulasi udara di bagian bawah laptop.

Punya Banyak Konektifitas Penting

Asus VivoBook Ultra A412DA Punya Konektifitas Lengkap

Salah satu hal yang nyenengin itu, si dia punya banyak koneksi, jadi kerja apa pun itu bisa jadi lebih mudah. Bayangin jika kurang konektifitas pasti ngurus ini itu jadi dipersulit, apalagi kalau sudah minta banyak syarat kan ribet. Nah ini ada orang dalem, bisa langsung tancap gas lah.

Beberapa koneksi yang di miliki Asus VivoBook Ultra A412DA tergolong lengkap loh ya, karena memang dianya suka sama orang yang punya produktifitas tinggi jadinya disiapin lah banyak koneksi. Salah satunya USB Type C 3.1 yang biasanya ada di HP flagship dan mampu melakukan transfer data dengan kecepatan tinggi. Disiapin juga Port USB Type A 3.1 (Gen 1) yang kecepatan transfer datanya lebih cepat 10x lipat dari versi 2.0. Port HDMI kalau pengen konek ke TV atau mau nonton via layar tancap. Buat saya yang punya banyak data di memory sdcard HP juga terselamatkan berkat hadirnya MicroSD Card Reader, jadinya data di Memory HP bisa langsung di backup tanpa ribet.

Fitur Asus Sonic Master Hadir di Asus VivoBook Ultra A412DA

Selebihnya ada USB Type A 2.0, Security Slot, dan Audio Jack buat dengerin musik melalui headset. Oh iya btw untuk dengerin musik via Audio Jack udah nyaman apalagi kalau di dengar langsung via Speaker bawaan, pasti jedag jedug tuh berkat hadirnya pula fitur ASUS Sonic Master™ di Laptop ini. Saya bisa dengan mudahnya mengatur beragam profil audio sesuai selera.

Untuk lebih lengkapnya saya rangkum aja nih apa aja sih yang dimiliki dari Asus VivoBook Ultra A412DA via Tabel Spesifikasi di bawah ini.

KriteriaSpesifikasi
Layar14.0" (16:9) LED-backlit FHD (1920x1080) Anti-Glare 60Hz Panel with 45% NTSC
ProcessorAMD® Ryzen™ 5 3500U
AMD® Ryzen™ 3 3200U
GrafisRadeon™ Vega 8 Graphics
Radeon™ Vega 3 Graphics
RAM8 GB terpasang, Tersedia 1x Slot Upgrade Kapasitas Total 12 GB
4 GB DDR4 2400MHz terpasang, Tersedia 1x Slot Upgrade Kapasitas Total 12 GB
Storage1TB 5400 rpm SATA HDD. 1x slot Upgradable M.2 SSD
KonektivitasCombo BT 4.2 + Wi-Fi AC (2×2)
WebcamHD 720p
I/O1 x COMBO audio jack
1 x Type-A USB2.0
1 x Type-A USB 3.1 (Gen 1)
1 x Type-C USB 3.0 (USB 3.1 Gen 1 / Gen 2)
1 x HDMI
Baterai2 Cell 37 Whr
OSWindows 10 Home
Fitur  UnggulanIlluminated chiclet keyboard (optional), Fingerprint, Windows Hello, Fast Charging, Asus SonicMaster.
Dimensi dan Berat322 x 212 x 19.9 mm (PxLxT)
1.5 Kg Termasuk Baterai

Nah, gimana menurut kalian? pantas kan kalau saya segera halalin dia? udah Langsing, Pintar, Pekerja keras lagi. Eh maksudnya Ringkas, Tipis, dan punya Performa tinggi. Udah gitu tersedia 4 pilihan warna juga.

Asus VivoBook Ultra A412DA Peacock Blue Color Asus VivoBook Ultra A412DA Slate Grey Color Asus VivoBook Ultra A412DA Transparent Silver Color Asus VivoBook Ultra A412DA Coral Rush Color

Dan yang terakhir yang paling saya demen tuh, dia gak minta banyak kok buat di halalin. Cukup Rp.6.599.000, untuk seri AMD Ryzen 3 dan Rp.8.599.000, untuk seri AMD Ryzen 5.

Dengan spesifikasi yang tadi saya jelaskan, sepertinya Asus A412DA ini bakal jadi rebutan. Apalagi dia sukanya sama Pebisnis Muda, Traveler, Blogger, Mahasiswa, bahkan anak SMA yang membutuhkan Laptop tipis, ringkas dan punya performa yang kuat.

Wah, pastinya bakal banyak saingan nih. Tapi saya harus tetap optimis untuk terus berjuang mendapatkan hati ASUS A412DA ini.

Nah, kan saya sudah lakukan proses PDKT dengan dia. Semua kriteria idaman saya ada sama dia.

Selanjutnya, tinggal nentuin waktu yang tepat buat nge-halalin Asus VivoBook Ultra A412DA. Doain aja semoga niat baik saya bisa cepat dilakuin, biar gak kepikiran Mantan terus. Kali aja dengan doa kalian yang ikhlas, hatinya jadi luluh dan gak minta mahar saat dihalalin. hahaha ngarepp

Oke cukup segini aja dulu celotehan saya hari ini, jangan sampai kalau kepanjangan bakal ngaur tulisan saya. Ceritanya kita lanjut nanti kalau A412DAnya udah halal. Jangan lupa tinggalkan komentar kalian tentang tulisan saya ini.

Artikel Terkait

Bagikan:

Tinggalkan komentar