3+ Cara Mudah Melihat Voice Note Whatsapp Yang Terhapus

3+ Cara Mudah Melihat Voice Note Whatsapp Yang TerhapusPernah nggak kamu mengalami situasi di mana voice note penting atau berharga tiba-tiba hilang di WhatsApp? Nah, ini bisa terjadi karena berbagai alasan seperti kesalahan pengguna, batas waktu unduhan, atau masalah pada aplikasi. 

Tapi, jangan khawatir! Kita bakal bahas cara sederhana untuk melihat kembali voice note yang terhapus di WhatsApp Android.

Selamat membaca dan semoga berguna ya!

Mengenal Voice Note pada Whatsapp

Fungsi Voice Note

Hayo, Kamu yang suka pakai voice note pas ngobrol di WhatsApp nih! Selain seru, voice note punya banyak manfaat yang bikin obrolan makin seru loh!

  1. Ngehemat waktu: Kadang kita males ngetik pesan, terutama kalau lagi buru-buru. Nah, dengan voice note, Kamu bisa hemat waktu. Tinggal rekam suara, pesan langsung siap dikirim.
  2. Nunjukin perasaan: Kadang di chat tulisan, susah banget nunjukin perasaan beneran. Lewat voice note, Kamu bisa ekspresikan emosi atau suasana hati dengan lebih jelas. Biar yang nerima pesan nggak salah paham maksudnya.
  3. Lebih aman: Percayalah, voice note lebih aman dari pada teks biasa. Soalnya, pesan suara susah dijahili atau dilihat sama orang yang nggak seharusnya. Jadi, buat kirim info penting, mending pake voice note, lebih aman.
  4. Bantu belajar bahasa asing: Misalnya lagi ngomong bahasa Inggris, Kamu bisa pake voice note buat latihan. Selain itu, yang nerima pesan juga lebih mudah nangkep aksen atau intonasi yang Kamu pake.

Keuntungan Menggunakan Voice Note

Eits, belum selesai nih. Selain fungsi-fungsinya yang menarik, voice note juga punya keuntungan seru yang bisa bikin ngobrol di WhatsApp makin seru abis. Yuk, kita bahas apa aja untungnya pake voice note!

  1. Makin akrab: Saat Kamu kirim voice note, yang nerima pesan bakal merasa lebih dekat sama Kamu, soalnya mereka bisa denger suara langsung dari Kamu.
  2. Kurangi salah paham: Nulis pesan kadang bikin orang bingung, tapi pake voice note bisa bantu kurangin risiko salah tangkap. Dengan ngomong langsung, yang nerima pesan jadi lebih gampang paham maksud dan emosi dari pesan Kamu.
  3. Gampang banget dipake: Voice note di WhatsApp super gampang dipake. Cukup pencet tombol mikrofon di pojok kanan bawah, rekam pesan, lepas tombol buat kirim.
  4. Bantu tunanetra berkomunikasi: Buat yang tunanetra, voice note bener-bener bantuin. Mereka nggak perlu repot nulis pesan, cukup ngomong aja buat komunikasi. Jadi lebih mudah buat mereka yang punya keterbatasan penglihatan.

Alasan Mengapa Voice Note Terhapus

Meskipun voice note punya banyak manfaat, kadang kita hadapi masalah voice note yang tiba-tiba hilang. Nah apa sih penyebabnya?

Nih, beberapa alasannya:

  1. Nggak sengaja terhapus: Pernah gak, tiba-tiba voice note tehapus? Wah, pasti semua pernah nih, lagi asyik pake hp, tiba-tiba nyenggol tombol yang salah. Bisa aja, kita hapus voice note saat lagi mau ngapus file lain.
  2. Bersih-bersih memori: Kalau memori hp udah penuh, kita suka bersih-bersih file nggak penting. Tapi, kadang malah kehapus voice note yang penting. Terus gimana, Kamu bingung dong gimana caranya balikin voice note yang udah kehapus.
  3. Menghapus chat: Kadang kita mau rapihin chat di WhatsApp, jadi ngapus chat lama. Nah, gak sengaja, voice note yang ada di chat itu juga ikut hilang. Padahal tadi masih ada, sekarang udah lenyap.
  4. Batas Waktu Unduh: Tahu gak, voice note di WhatsApp punya batas waktunya? Iya, setelah diterima, kita punya 30 hari buat unduh voice note. Kalau lewat dari itu, bye-bye voice note, karena bakal dihapus dari server WhatsApp. Jadi, kalau ada voice note penting, buruan diunduh sebelum lewat 30 hari, biar nggak hilang begitu aja.
  5. Gangguan Aplikasi: Kerusakan WhatsApp juga bisa bikin voice note hilang. Misalnya, pas WhatsApp error atau nge-crash, datanya bisa hilang termasuk voice note. Selain itu, waktu kita update aplikasi, ada kemungkinan data jadi ilang gara-gara kesalahan proses update. Meskipun jarang, ini bisa jadi alasannya voice note tiba-tiba ilang, Kamu pernah ngalamin?

Cara Melihat Voice Note Whatsapp yang Terhapus

1. Pakai Google Drive

Buat Lihat Voice Note WhatsApp Kalau Kamu udah aktifin cadangan otomatis di WhatsApp, bisa jadi voice note yang hilang bisa diselamatkan dengan balikin data dari Google Drive.

Gimana caranya? Gampang:

  1. Pastiin akun Google: Sebelum mulai, pastiin dulu Kamu pake akun Google yang sama buat cadangin data WhatsApp.
  2. Hapus WhatsApp: Iya, meskipun aneh, Kamu harus hapus WhatsApp dulu sebelum balikin data.
  3. Instal lagi WhatsApp: Setelah hapus, pasang lagi WhatsApp dari Google Play Store.
  4. Ikuti langkahnya: Buka WhatsApp, masukin nomor telepon, dan ikutin langkah-langkahnya. Nanti, Kamu bakal lihat pilihan buat balikin data dari Google Drive. Pilih “Restore” buat balikin data, termasuk voice note yang tadi hilang.

2. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Kalau cara sebelumnya belum berhasil, Kamu bisa coba pake aplikasi lain buat balikin voice note yang kehapus. Ada beberapa aplikasi yang bisa dicoba, misalnya DiskDigger sama Dr.Fone. Yuk, kita lihat caranya pake kedua aplikasi ini!

Disk Digger

Kalau cara sebelumnya belum berhasil, Kamu bisa coba pakai aplikasi lain buat balikin voice note yang hilang, salah satunya DiskDigger. Begini cara pakenya:

  1. Pasang DiskDigger dari Google Play Store.
  2. Buka aplikasinya, pilih “Basic Scan”.
  3. Tunggu proses scan selesai. Nanti muncul banyak file yang bisa Kamu kembalikan, termasuk voice note.
  4. Pilih voice note yang mau dikembalikan, terus tekan “Recover” buat simpan filenya di tempat yang Kamu mau.

Dr Fone

Ada juga aplikasi lain namanya Dr.Fone yang bisa Kamu coba buat balikin voice note.

  1. Unduh dan pasang Dr.Fone di komputer.
  2. Sambungin hp Android ke komputer pakai kabel USB.
  3. Buka Dr.Fone, pilih “Data Recovery”.
  4. Ikutin petunjuk buat aktifin USB debugging di hp.
  5. Pas hp terkoneksi, pilih “WhatsApp messages & attachments”, klik “Next”.
  6. Tunggu scan selesai, terus pilih voice note yang mau Kamu balikin dan klik “Recover”.

Tapi inget, sebelum pakai aplikasi pihak ketiga, pastiin baca review dan pahamin izin yang diminta aplikasi itu, ya.

Kesimpulan

Ngejaga file suara di WhatsApp itu penting banget lho! Di dalam voice note bisa ada momen spesial, bukti, catatan penting, atau keseruan bareng yang sayang banget kalo ilang. Makanya, yuk kita jagain voice note dengan baik dan bener!

Ada beberapa cara yang bisa kita lakuin, misalnya nyimpen voice note di penyimpanan eksternal, rutin nyadangin data, dan simpen voice note penting di folder beda.

Kalo sampe voice note ilang, jangan panik! Kita bisa coba balikin pake Google Drive atau aplikasi kayak DiskDigger sama Dr.Fone.

Semoga tips yang udah kita bahas bermanfaat dan bantu Kamu jagain voice note biar tetap aman.

Semoga berhasil!