Asuransi Umum Adalah Salah Satu Jenis Asuransi

Asuransi Umum adalah Salah Satu Jenis Asuransi – Tahukah anda, bahwa asuransi di Indonesia terbagi menjadi 2 jenis yaitu asuransi jiwa dan asuransi umum.

Kedua jenis asuransi tersebut sama- sama mengalihkan risiko atau memberikan jaminan. Namun, terdapat perbedaan yang yang cukup besar dari keduanya.

Asuransi jiwa merupakan jenis asuransi yang mana manfaat asuransi akan dirasakan oleh ahli waris atau keluarga nasabah. Lalu seperti apa asuransi umum? Berikut penjelasannya.

Asuransi Umum

Asuransi umum adalah salah satu jenis asuransi yang memberikan jaminan perlindungan berupa penggantian kepada nasabah atau pemegang polis atas kerugian yang timbul dari risiko yang tidak pasti. Manfaat dari perlindungan tersebut dapat dirasakan oleh pemegang polis secara langsung.

Sedang Trending :  Asuransi Motor Yang Bisa Dijadikan Pilihan

Nah, dari pengertian tersebut terlihat perbedaan anatara asuransi jiwa dan asuransi umum. Pada asuransi umum, klaim dari dana asuransi dapat dirasakan oleh pemegang polis sebagai bentuk perlindungan secara finansial dari pihak penanggung.

Fungsi Asuransi Umum

Fungsi dari asuransi umum tidak berbeda dari fungsi utama asuransi yaitu :

Risk Tranfer Mechanism (Pengalihan Risiko)

Asuransi umum berfungsi untuk mengalihkan risiko yang belum pasti dari pihak tertanggung kepada penanggung. Contohnya asuransi kesehatan, sehingga pada saat mengalami gangguan kesehatan nasabah mendapatkan manfaat biaya pengobatan.

Penghimpun Dana

Asuransi umum berfungsi sebagai penghimpun dana. Asuransi umum juga memberikan tarif premi kepada nasabahnya. Premi tersebut akan dikumpulkan dan disalurkan lagi dalam bentuk dana klaim atau uang pertanggungan.

Equitable Premium

Fungsi berikutnya yaitu equitable premium atau keseimbangan antara premi dan manfaat perlindungan. Penentuan premi harus seimbang dengan manfaat yang akan diterima nasabah. Sehingga besaran premi tergantung pada risiko yang dimiliki nasabah.

Sedang Trending :  Tujuan dan Fungsi Asuransi yang Patut Dipahami

Meminimalisir Kerugian

Fungsi keempat yaitu meminimalisir kerugian. Asuransi umum berfungsi untuk meminimalisir dampak negatif atau kerugian yang disebabkan oleh risiko- risiko seperti gangguan kesehatan, kerusakan, dan lain sebagainya.

Merangsang Pertumbuhan Ekonomi

Secara tidak langsung, asuransi dapat merangsang pertumbuhan ekonomi negara.

Jenis Asuransi Umum

Asuransi Kesehatan

Jenis asuransi umum yang pertama yaitu asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan adalah perlindungan atau proteksi yang diberikan kepada nasabah oleh perusahaan asuransi terhadap risiko kesehatan seperti penyakit kritis, kesehatan gigi, kanker, dan sebagainya.

Manfaat atau perlindungan yang dapat anda rasakan berupa biaya rawat inap, konsultasi dengan dokter specialis, bedah, perawatan gigi, dan lain sebagainya sesuai dengan produk yang dipilih.

Asuransi Kendaraan

Berikutnya yaitu asuransi kendaraan. Asuransi kendaraan merupakan jenis asuransi umum yang memberikan proteksi terhadap kendaraan roda dua maupun roda empat.

Sedang Trending :  Tiga Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik

Manfaat yang diberikan oleh perusahaan asuransi berupa jaminan atas risiko terhadap kerusakan, kebakaran, bencana alam, pencurian, dan lain sebagainya. Asuransi kendaraan terbagi lagi menjadi asuransi kendaraan TLO (Total Loss Only) dan asuransi kendaraan all risk (komprehensif).

Asuransi Rumah

Asuransi rumah adalah salah satu jenis asuransi umum yang memberikan jaminan atau proteksi terhadap rumah. Bukan hanya kendaraan, rumah pun bisa diasuransikan untuk meminimalisir risiko yang mungkin terjadi.

Asuransi rumah juga sering kita sebut dengan asuransi properti, manfaat yang dapat nasabah rasakan berupa jaminan terhadap risiko kebakaran, bencana alam, dan bahkan pencurian.

Jenis asuransi ini memberikan proteksi terhadap rumah dan harta benda yang ada didalamnya. Asuransi properti terbagi lagi menjadi asuransi properti all risk dan asuransi properti PSAKI.

Demikian seputar asuransi umum yang meski dipahami. Semoga bermanfaat ya.