Jenis Asuransi Pendidikan Yang Ada Di Tanah Air

Jenis Asuransi Pendidikan Yang Ada Di Tanah Air- Jika berbicara tentang asuransi pendidikan, maka kita bisa katakan, bahwa asuransi pendidikan yang baik ialah asuransi yang bukan hanya menawarkan tabungan dana pendidikannya saja. Tapi juga menawarkan perlindungan jiwanya.

Fungsi atau tujuan dari asuransi ini adalah untuk menjamin pendidikan anak di masa depan. Selain itu, ia juga bisa dijadikan sebagai perencanaan keuangan yang cukup baik demi keamanan financial di masa mendatang.

Ada berbagai macam alasan mengapa seseorang melakukan asuransi pendidikan. Dan salah satu alasan yang paling kuat dikarenakan biaya pendidikan yang memang selalu mengalami kenaikan setiap tahunnya.

Dan yang cukup menyedihkan adalah, kenaikannya tergolong cukup tinggi, sehingga menyusahkah berbagai macam pihak. Khususnya oleh mereka yang berasal dari ekonomi kalangan menengah ke bawah.

Pentingnya asuransi pendidikan

Jika mengacu kepada banyak situs, maka disebutkan bahwasanya asuransi pendidikan itu sangat penting. Di mana, semua orang tua meski menyadari akan kenaikan biaya pendidikan setiap tahunnya.

Sementara, penghasilan atau pendapatan bisa saja terhenti tiba-tiba, termasuk di waktu yang sama sekali tidak diduga dan tidak diinginkan. Hal ini tentu akan mengancam pendidikan anak.

Bukan hanya itu saja, ternyata cukup banyak masyarakat beranggapan bahwasanya pemerintah telah menyediakan subsidi pendidikan. Yang membuat orang tua nggak usah lagi repot-repot buat melakukan asuransi.

Padahal kenyataan di lapangannya berbeda. Yang mana, biaya yang meski dikeluarkan untuk pendidikan bukan hanya sekedar biaya perbulannya saja, bukan hanya sekedar uang pembangunan atau uang gedung, tapi masih ada biaya lain yang juga harus dikeluarkan. Dan angkanya terbilang cukup menguras kantong.

Mulai dari biaya seragam, kemudian biaya buku, atau yang lainnya. Apalagi jika sudah sampai di bangku kelas akhir. Baik itu kelas 6, kelas 9 atau kelas 12. Karena biasanya, biaya-biaya di kelas akhir akan mengalami peningkatan yang luar biasa.

Sedang Trending :  Laporan Keuangan Asuransi Bumi Putera

Ada biaya ujian, biaya les, try out, kelulusan, dan biaya-biaya yang lainnya. Itulah mengapa, asuransi pendidikan ini dapat dijadikan sebagai proteksi masa depan pendidikan anak hingga ke jenjang perguruan tinggi.

Kita juga meski menyadari bahwasanya nggak semua anak loh punya kesempatan buat belajar di sekolah yang negeri. Biasanya, dikarenakan nilai yang tidak mencukupi. Sehingga, pilihan yang selanjutnya adalah dengan menyekolahkan anak di swasta.

Di mana, biaya pendidikan di swasta sudah pasti lebih tinggi atau lebih mahal dibandingkan dengan biaya pendidikan di negeri.

Berdasarkan situs Kompas, disebutkan inflasi pada sektor pendidikan itu tergolong sangat tinggi. Yaitu sekitar 15 persen. Dan inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa biaya pendidikan di tanah air terus mengalami kenaikan dari tahun ke tahunnya.

Sedang Trending :  Asuransi Mobil Terbaik 2021

Jenis asuransi pendidikan di tanah air

Di Negara kita sendiri, ada berbagai macam jenis asuransi pendidikan yang biasa dipilih. Jika diperhatikan secara umum, hanya ada dua jenis ya. Yakni, yang jenis unit link dengan jenis dwiguna. Tujuan keduanya sama.

Namun tetap mempunyai beberapa perbedaan ya. Kalau untuk yang jenis unit link, tujuannya adalah memberikan peluang kepada pihak nasabah untuk menanamkan modal. Beda halnya dengan yang jenis dwiguna.

Yang mana, ia lebih memberikan prioritas terhadap tabungan, dan juga perlindungan masa depan. Jika ingin melakukan asuransi pendidikan, pastikan bahwa Anda telah mempelajari masing-masing jenisnya terlebih dahulu.

Demikian, semoga bermanfaat dan semoga membantu.