5 Peran Teknologi Dalam Bisnis Yang Sangat Vital

Kak Her

Peran Teknologi Dalam Bisnis - Perkembangan teknologi di era milenial saat ini mulai menjamur di beberapa industri, dimana teknologi memiliki peran penting pada bisnis. Teknologi membantu bisnis dalam sejumlah cara yang umumnya berpusat pada melakukan hal-hal yang lebih besar, lebih baik atau lebih cepat daripada yang Anda bisa tanpa teknologi.

Industri dan perusahaan yang berbeda mengandalkan teknologi dengan cara yang berbeda, tetapi beberapa manfaat teknologi dalam bisnis termasuk komunikasi yang lebih baik, produksi yang dioptimalkan, manajemen inventaris dan pencatatan keuangan.

Hal Ini juga memengaruhi keamanan informasi rahasia dan keuntungan dagang. Berikut merupakan peranan teknologi dalam sector industri atau bisnis.

5 Peran Teknologi Dalam Bisnis

Berikut ini merupakan Peran Teknologi dalam dunia Bisnis yang sangat penting, Apasajakah itu ;

1. Komunikasi dengan Pelanggan

Hal pertama dan terpenting dari teknologi adalah teknologi dapat memengaruhi kemampuan perusahaan untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Pasalnya di era milenial saat ini karyawan atau pegawai perlu berinteraksi dengan klien dengan cepat.

Sehingga pelanggan menemukan jawaban atas pertanyaan mereka setelah jam kerja.  Dalam hal ini, suatu perusahaan dapat memanfaatkan teknologi email professional atau G Suite dari Google Cloud.

Ketika pelanggan menggunakan teknologi untuk berinteraksi dengan bisnis, bisnis diuntungkan karena komunikasi yang lebih baik menciptakan citra publik yang lebih kuat.

Seperti halnya perusahaan “Ojek Online” di Indonesia, beberapa pegawai mereka tidak harus kembali ke kantor untuk menerima tugas. Sebagai gantinya, mereka menerima panggilan atau pesan seluler saat berada di lapangan, memberi tahu mereka tentang janji temu berikutnya.

Secara eksternal, teknologi meningkatkan peluang untuk komunikasi pemasaran. Media sosial, email, ponsel, dan fitur obrolan memungkinkan perusahaan lebih cepat dan platform komunikasi yang lebih interaktif dibandingkan dengan opsi media tradisional satu arah.

Namun, perlu dicatat bahwa menggunakan teknologi untuk komunikasi bukan satu-satunya solusi dan dapat menjadi masalah bagi bisnis jika jenis interaksi tertentu akan lebih difasilitasi secara tatap muka.

Baca Juga : 4 Poin Penting Penggunaan Email Profesional Dalam Bisnis

2. Efisiensi Operasi

Dengan teknologi yang tepat, para eksekutif dapat menghemat waktu dan uang dengan mengadakan pertemuan melalui Internet atau secara daring sebagai pengganti pertemuan di kantor pusat perusahaan.

Tidak peduli apa pun industri yang dijalankan, ukuran bisnis atau kegiatan utama, teknologi mampu untuk meningkatkan kemungkinkan peluang untuk mengoptimalkan produksi di luar apa yang dapat Anda hasilkan tanpa itu.

Teknologi juga berguna dalam hal membantu bisnis memahami kebutuhan dan melestarikan sumber daya berharga seperti halnya efisien waktu. Teknologi dalam bidang inventarisasi gudang memungkinkan pemilik bisnis memahami cara terbaik untuk mengelola biaya penyimpanan dari memegang suatu produk. 

Perusahaan kecil seringkali dapat bersaing dengan perusahaan besar dalam efisiensi operasional, berkat adanya akses ke peralatan dan alat teknologi tinggi. Perusahaan pabrikan senantiasa berupaya meningkatkan peralatan untuk bersaing dengan para pemimpin industri dalam hal efisiensi produksi.

Dalam bisnis ritel, teknologi membuat proses penjualan ke dan melayani pelanggan jauh lebih efisien. Seperti halnya memindai barcode di kasir lebih cepat daripada mengetikkan harga menggunakan jari di kasir. Selain itu, saat barang dipindai, perusahaan menangkap data penting untuk pemasaran dan manajemen persediaan yang tepat.

Baca Juga : Bisnis Digitalisasi Cocok Untuk Generasi Milenial 2020

3. Budaya Bisnis dan Hubungan Kelas

Teknologi menciptakan dinamika tim dalam bisnis, karena karyawan atau pegawai sewaktu-waktu dapat berada di lokasi yang berbeda memiliki interaksi yang lebih baik.

Jika manajer pabrik dapat berkomunikasi dengan koordinator pengiriman di lokasi yang berbeda, ketegangan dan ketidakpercayaan cenderung berkembang. Maka dari itu, teknologi sering membantu pekerja mengesampingkan latar belakang mereka yang berbeda.

4. Keamanan

Sebagian besar bisnis di era modern khususnya di Indonesia tunduk pada ancaman keamanan dan vandalisme. Maka dari itu, diperlukan teknologi yang dapat digunakan untuk melindungi data keuangan, keputusan eksekutif rahasia dan informasi hak milik lainnya yang mengarah pada keunggulan kompetitif. 

Sederhananya, dengan adanya teknologi mampu membantu bisnis menjauhkan ide-ide mereka dari pesaing mereka. Dengan memiliki komputer dengan kata sandi, sebuah bisnis dapat memastikan tidak ada proyek yang akan datang yang akan disalin oleh pesaing bisnis mereka atau orang tak bertanggung jawab seperti seorang hacker.

5. Penyimpanan Catatan dengan uang lebih mudah

Perusahaan kecil dan besar menggunakan program perangkat lunak canggih untuk mengelola tugas akuntansi dan keuangan. Bahkan, perusahaan sering menggunakan program yang menyinkronkan akuntansi dengan terminal point-of-sale.

Program pembukuan, sehingga setiap transaksi pembelian atau penjualan secara otomatis ditangkap dalam platform akuntansi. Menggunakan teknologi untuk mengelola pencatatan keuangan meminimalkan proses manual, mengurangi biaya dan membantu melindungi dari kesalahan manusia.

Jadi, adanya teknologi mampu meningkatkan produktivitas di berbagai sektor. Sehingga mampu membantu pekerjaan manusia menjadi lebiH efektif, efisien dan aman.

Nah itulah beberapa Peran Teknologi dalam Bisnis yang harus kamu pahami. Semoga kalian mendapatkan tambahan informasi setelah membaca artikel kami. Ini merupakan artikel yang dikembangkan oleh situsnesia bersama dengan portaljawa agar memberi manfaat untuk masyarakat luas.

Artikel Terkait

Bagikan:

Tinggalkan komentar