7 Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android dengan Mudah!

7 Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android – Apakah kamu kehilangan file dari HPmu? Tenang saja, kamu tidak sendirian! Hampir semua orang pernah mengalami kejadian menghapus file penting secara tidak sengaja dari perangkat Android.

Jangan khawatir, kami akan membantu dengan beberapa cara mengembalikan file yang terhapus di Android.

Ada beberapa cara mengembalikan file yang terhapus di Android, terutama dengan banyaknya cloud storage yang terhubung ke smartphone Android.

Kamu bisa memanfaatkan fasilitas tersebut untuk mengembalikan file yang terhapus secara tidak sengaja. Jadi, mari simak ulasannya berikut ini.

Dengan beberapa cara mengembalikan file yang terhapus yang disediakan, semoga kamu bisa dengan mudah mengembalikan file yang terhapus di Android dan tidak perlu lagi panik ketika menghadapi situasi tersebut ya. Selamat mencoba!

1. Menggunakan Google Photos

Kamu tahu Google Photos? ya, aplikasi dari Google yang bisa menyimpan berbagai macam foto dan juga mengembalikan file yang terhapus dari HPmu dengan cepat.

Caranya sangat mudah, kamu cukup masuk ke dalam aplikasi Google Photos dan periksa fitur “Trash”.

Di sana, akan terlihat semua file yang pernah kamu hapus. Untuk mengembalikannya, cukup klik ikon “panah” di samping ikon “tempat sampah”. Dan tadaa! Filemu akan kembali dengan sendirinya.

Tidak hanya itu, Google Photos bahkan bisa mengembalikan semua file yang ada di “trash” selama 60 hari ke belakang. Jadi, kamu punya waktu yang cukup lama untuk mengambil kembali file yang terhapus. Mudah bukan?

Jadi, jangan khawatir jika ada file yang terhapus di Androidmu. Google Photos siap membantu kamu mengatasi masalah tersebut dengan mudah dan praktis.

2. Menggunakan Google Drive

Masih bersama aplikasi dari Google, sekarang giliran Google Drive yang akan membantu kamu mengembalikan file yang terhapus.

Caranya tidak jauh beda dengan Google Photos. Kamu cukup memeriksa bagian “trash” atau tempat sampah untuk mengembalikan semua data yang hilang.

Aplikasi Google Drive ini bisa diakses baik lewat ponsel maupun PC, memberikanmu fleksibilitas dalam memulihkan file yang terhapus.

Namun perlu diingat, Google Drive memiliki slogan “limited time” yang berarti batas waktu untuk menyimpan data tidak diketahui secara pasti. Jadi, sebaiknya kamu segera memulihkan file yang terhapus agar tidak kehilangan data yang berharga.

3. Menggunakan Software Recuva

Kamu masih kesulitan mengembalikan data yang hilang? Mungkin cara mengembalikan file yang terhapus berikut dapat sangat membantu untuk mengembalikan file yang terhapus di Android.

Namun, perlu diingat bahwa cara mengembalikan file yang terhapus ini harus dilakukan melalui PC atau laptop dengan menggunakan sebuah software bernama Recuva.

Recuva adalah aplikasi yang diklaim dapat mengembalikan data yang hilang di ponsel Android, baik itu di memori eksternal maupun internal.

Caranya pun mudah, kamu hanya perlu menghubungkan ponsel ke PC atau laptop, lalu ikuti langkah-langkah yang diarahkan oleh Recuva.

4. Menggunakan Aplikasi DiskDigger

DiskDigger adalah aplikasi yang sangat berguna untuk mengembalikan data yang hilang. Kamu bisa mendownload aplikasi ini secara gratis di PlayStore dengan mudah.

DiskDigger mengatakan bahwa ia mampu mengembalikan data yang hilang dengan kemudahan yang luar biasa.

Salah satu kelebihan dari aplikasi ini adalah kamu tidak perlu menyimpan data di cloud storage, karena DiskDigger akan mencari data yang hilang di kartu memori internal maupun kartu memori eksternal. Yang lebih menarik lagi, kamu tidak perlu melakukan root pada HP Androidmu untuk menikmati semua fasilitas dari DiskDigger ini.

Dan yang tidak kalah penting, DiskDigger juga dapat menyortir data berdasarkan ukuran atau tanggal, membuatnya semakin lengkap dalam membantu mengembalikan data yang hilang. Cukup lengkap dan praktis, bukan? Jadi, jika kamu membutuhkan bantuan untuk mengembalikan data yang hilang, DiskDigger siap membantu!

5. Menggunakan EaseUS MobiSaver for Android

Kamu bisa menggunakan EaseUS MobiSaver for Android, sebuah aplikasi yang diklaim mampu mengembalikan file yang terhapus di Android dengan cepat dan mudah.

Dengan aplikasi ini, foto, video, musik, contact, hingga pesan yang secara tidak sengaja terhapus dapat dikembalikan, baik itu karena kesalahan dalam mengoperasikan perangkat, virus, rooting, atau masalah SD card.

EaseUS MobiSaver menawarkan kemudahan dalam memulihkan data Anda yang hilang di ponsel Android, baik dengan atau tanpa komputer. Aplikasi ini juga memiliki fitur preview before recovery, sehingga Anda dapat memilih file mana yang ingin dikembalikan.

Tak hanya itu, EaseUS MobiSaver juga memberikan fitur untuk mengekspor data dalam berbagai format, seperti CSV, HTML, dan VCF format untuk PC. Jadi, Anda bisa dengan mudah mendapatkan kembali data yang hilang dan mengeksportnya sesuai kebutuhan Anda.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kelebihan dan cara menggunakan aplikasi ini, kamu bisa langsung mengunduh EaseUS MobiSaver for Android dan mulai memulihkan data yang terhapus dengan mudah dan cepat!

6. Mengembalikan Data Game

Kamu pernah mengalami kehilangan data game yang sudah disimpan? Tentu saja itu sangat menjengkelkan, terutama jika Kamu sedang asyik bermain. Rasanya malas harus mengulang dari awal.

Namun, jangan khawatir, ada cara untuk mengembalikan data game yang hilang.

Bagaimana caranya? Jika Kamu aktif bermain game di perangkat Android, mungkin Kamu sudah memiliki aplikasi Google Play Games.

Aplikasi ini dapat melakukan sinkronisasi data di HP dengan data game yang tersimpan. Meskipun begitu, cara mengembalikan file yang terhapus ini tidak selalu akurat. Oleh karena itu, disarankan untuk menyimpan data game di Cloud Storage juga sebagai langkah pencegahan.

Dengan begitu, data game Kamu akan lebih aman dan terlindungi. Jadi, jangan lupa untuk menggunakan Cloud Storage sebagai cadangan data game Kamu, ya!

7. Mengembalikan Email yang Terhapus

Kamu yang sering menggunakan email pasti pernah mengalami kehilangan email penting. Tapi jangan khawatir, di sini aku punya solusi untuk menemukannya.

Jika kamu menggunakan Gmail, langkahnya sangat mudah. Pertama, buka aplikasi emailmu dan klik fitur “Trash” di bagian samping kiri. Gmail akan menampilkan semua email yang pernah terhapus.

Bagi pengguna Outlook for Android, caranya juga tidak sulit. Cukup klik fitur “Deleted Items” dan semua email yang terhapus akan ditampilkan. Metode ini juga berlaku untuk email dari provider lain seperti Yahoo dan sejenisnya.

Jadi, tidak perlu panik lagi jika email pentingmu terhapus. Semoga Kamu bisa mengikuti langkah-langkah di atas dan menemukannya dengan mudah!

Nah akhirnya Kamu sudah tahu bagaimana cara mengembalikan file yang terhapus di Android. Sekarang, Kamu tak perlu khawatir lagi jika data penting terhapus tanpa sengaja. Tapi, hal yang harus kamu ingat, lakukanlah backup data penting agar Kamu tak kehilangan file berarti kedepannya.

Dengan melakukan backup secara rutin, data Kamu akan tetap aman dan terjaga dari kejadian yang tak diinginkan. Jadi, jangan lupa untuk selalu berjaga-jaga dan lakukan backup secara berkala ya!

Semoga bermanfaat!