8 Website Buat CV Online Gratis, Terbaik!

Kak Rey

8 Website Buat CV Online Gratis, Terbaik!Kamu sudah mengirimkan Curriculum Vitae (CV) ke beberapa perusahaan, namun belum pernah lolos? Jangan putus asa dan minder dulu. Belum tentu karena Kamu kurang berpengalaman, bisa jadi karena desain CV Kamu yang kurang menarik.

Pada Faktanya, HRD atau perekrut hanya memiliki waktu 5 hingga 10 detik untuk memeriksa CV Kamu. Jadi, buatlah CV Kamu semenarik mungkin dan gunakan kalimat yang dapat meyakinkan HRD.

8 Website Buat CV Online Gratis dan Mudah

  1. Canva
  2. com
  3. Bikin CV
  4. Novoresume
  5. CV Maker
  6. Visual CV
  7. Indeed
  8. Zety

Yuk simak ulasan lengkapnya!

  1. Canva

Website satu ini pastinya sudah tidak asing oleh Kamu. Ya, Canva adalah platform desain berbasis website yang menyediakan banyak template desain dati mulai poster, banner hingga buat CV Online gratis.

Desain CV yang disediakan Canva bervariasi dengan mengusung beberapa tema. Mulai dari abstract, colorful hingga professional. Jadi, Kamu dapat membuat CV dengan nuansa kreatif atau resmi.

Hal ini memudahkan Kamu untuk memilih tema sesuai dengan perusahaan yang dituju. Misalnya, Kamu ingin mendaftar di perusahaan jasa, maka Kamu bisa memilih kategori resmi.

Tak hanya itu, Kamu bisa mengatur tata letak CV sesuai keinginan. Contohnya, dengan memindahkan posisi heading, upload foto , dan copy paste teks. Semuanya dapat dilakukan lewat smartphone. Praktis bukan?

Sayangnya desain Canva kurang ramah dengan Applicant Track System (ATS), yaitu penyaring CV otomatis. Sebab Canva lebih mengutamakan desain dinamis dan minim ruang teks.

Kelebihan:

  • Pilihan template untuk buat CV online gratis yang menarik begitu beragam. Mulai dari desain kreatif hingga professional.
  • Mudah modifikasi CV. Contohnya mengubah font, warna dan upload foto.

Kekurangan:

  • Kurang Ramah Applicant Track System (ATS)
  • File CV tidak bisa diedit melalui aplikasi ke-3 sehingga pengeditan harus dengan akun Canva.
  1. Kickresume.com

Kickresume adalah website yang tepat untuk buat CV online gratis dengan tema professional. Karena semua template bertema resmi, menonjolkan ruang teks yang luas.

Meskipun tema resmi, variasi template CV online gratis cukuplah beragam. Template yang ditampilakan menyesesuaikan dengan pekerjaan Kamu contohnya saja sector manufaktur, IT, bidang kesehatan dan masih banyak yang lainnya.

Jika Kamu ingin menambahkan foto, Kickresume punya fitur attachment file. Sehingga Kamu dapat menambahkan lebih dari satu foto atau gambar.

Tak hanya tampilan saja, Kickresume punya beberapa fitur yang mendukung kebutuhan CV. Contohnya, proofreading untuk mendeteksi kesalahan ejaan kata. Lalu, memiliki fitur penulisan resume otomatis.

Bagi Kamu yang ingin merubah desain, Kickresume tidak disarankan, karena kurang fleksibel dalam pengaturan tata letak dan kustomisasi heading.

Kelebihan:

  • User friendly
  • Memiliki fitur otomatis yang mendukung CV Profesional

Kekurangan:

  • Kurang fleksibel dalam pengaturan tata letak dan kustomisasi heading.
  1. Bikin CV

Bikin CV merupakan website buat CV online gratis karya anak bangsa. Sudah ribuan orang buat CV online gratis di website ini.

User Interfacenya sendiri menarik sehingga penggunaannya cukup mudah. Tinggal mengisi tabel informasi, memilih template desain dan mengunduh file CV.

Namun Website buat CV online gratis yang satu ini kurang variasi desain. Jadi, apabila Kamu ingin membuat desain CV yang unik, Bikin CV bukan pilihan yang tepat. Namun jika ingin praktis Kamu bisa memilih website ini.

Kelebihan:

  • User Interface dan alur pembuatan CV yang ramah
  • File ringan
  • Ramah ATS

Kekurangan:

  • Desain kurang variatif
  • Kurang fleksibel untuk kustomisasi
  1. Novoresume

Jika Kamu mencari website buat CV online gratis, jangan lewatkan Novoresume. Kamu dapat memilih template desain berdasarkan kebutuhan Kamu.

Template desain cukup beragam, dari yang resmi hingga kreatif ada disini.

Jika Kamu ingin mengoptimalkan CV, fitur Live Content Feedback tersedia disini. CV Kamu akan diberi komentar oleh pakarnya.Tujuannya agar CV Kamu menarik dan sesuai dengan preferensi HRD perusahaan yang menjadi sasaran Kamu.

Kamu dapat merubah tekstur, background warna sesuai keinginan atau saran dari pakar. Setelah itu Kamu dapat upload foto diri.

Sayangnya kurang banyak editing tools untuk mengatur tata letak informasi.

Kelebihan:

  • Variasi desain professional hingga kreatif
  • Ramah ATS
  • Saran dan tips dari pakar HRD

Kekurangan

  • Editing tools minim sehingga kurang fleksibel dalam mengatur tata letak informasi.
  1. CV Maker

Kamu ingin buat CV online gratis dengan desain yang sederhana? Conba buka website membuat CV bernama CV Maker.

CV Maker memiliki banyak template yang menarik dengan nuansa yang bersih. Tak hanya itu saja alur pembuatan cv yang friendly cukup memudahkan penggunanya.

CV dapat diunduh dalam berbagai format. Mulai dari PDF, HTML, hingga TXT. Dengan begitu CV lebih ramah ATS.

Tertarik menggunakan CV Maker? Kamu haruslah sabar dalam memilih desain. Karena website ini tidak mengelompokkan desain dalam kategori tertentu.

Kelebihan:

  • User interface ramah
  • Desain sederhana dan bersih
  • Dapat diunduh dalam beberapa format

Kekurangan:

  • Tidak memiliki kategori template.
  • Tidak fleksibel
  1. Visual CV

Kamu merasa kesulitan mengisi data diri pengalaman kerja? Jika iya, Kamu perlu membuat CV Online gratis dari Visual CV.

Website yang satu ini memudahkan Kamu untuk mengisi data. Caranya dengan mengimpor data dari LinkedIn. Namun diperlukan login dahulu.

Setelah CV dibuat, Kamu bisa share link CV ke beberapa sosial media. Kamu pun bisa memantau grafik yang sudah melihat CV Kamu di dashboard.

Kamu dapat membuat CV untuk industri yang berbeda-beda, sesuai dengan kebutuhan.

Desain yang disediakan cukup sederhana dan beragam. Mulai dari yang tema sederhana hingga professional namun tetap kreatif ada di Visual CV. Mayoritas template memiliki tata letak yang sama.

Kelebihan:

  • Impor data dari LinkedIn yang sudah terhubung
  • Desain variatif
  • Bisa melacak viewers CV

Kekurangan:

  • Tata letak Heading dan desain yang monoton
  1. Indeed

Butuh CV online dengan cepat dan sederhana? Kamu perlu mencoba website Indeed.

Kamu tidak perlu registrasi atau login untuk membauat CV online. Kamu bisa langsung saja mengisi form yang tersedia. Tabel informasi meliputi penghargaan, sertfikasi, link hingga grup.

Setelah mengisi data Kamu dapat memilih desain template yang disediakan dari 10 kategori yang ada. Mulai dari sederhana, minimalis, professional hingga kreatif. Apapun kategorinya, nuansa desain Indeed tampil sederhana dan bersih.

Walaupun desain terkesan monoton, namun Kamu dapat mengatur tata letak informasi sesuai kemauan Kamu.

Kelebihan:

  • Impor data dari LinkedIn yang sudah terhubung
  • Fleksibel mengatur tata letak informasi

Kekurangan:

  • Template desain monoton karena warna dasar putih
  • Harus menekan button save setiap mengisi satu tabel informasi
  1. Zety

Ingin membuat CV namun bingung bagaimana menyusun kalimatnya? Mungkin website berikut bisa menjadi rekomendasi untuk membuat CV.

Zety menyediakan berbagai contoh CV Online yang dapat diubah-ubah. Baik dari warna hingga tulisan.

Pengalaman memakai Zety sedikit berbeda karena Kamu akan menjawab langsung pertanyaan terkait daftar riwayat hidup Kamu. Di bagian samping Kamu dapat melihat preview desain.

Desain yang tersedia kebanyakan bertema professional, jadi CV ramah ATS.

Artikel Terkait

Bagikan: