Cara Pelatihan Prakerja Di Tokopedia

Kak Anita

Hari Ini Pengumuman Seleksi Kartu Prakerja Gelombang 41, Ada Imbauan Bagi Peserta Lolos

Pada tanggal 3 Desember 2022 akan diperingati sebagai Hari Penyandang Disabilitas Internasional. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2022, Indonesia saat ini memiliki kurang lebih 17 juta penyandang disabilitas usia kerja, yang berarti mereka juga telah memasuki angkatan kerja. Namun, hanya 7,6 juta penyandang disabilitas yang saat ini bekerja. Indikator yang masih perlu ditingkatkan ini merupakan cerminan dari tingkat pendidikan penyandang disabilitas di Indonesia yang masih belum memiliki akses ke pendidikan tinggi.

Baru pada tahun 2020, data BPS menunjukkan 20,51% penyandang disabilitas putus sekolah. Terdapat 29,35% penyandang disabilitas yang belum tamat Sekolah Dasar (MB) dan hanya 3,38% penyandang disabilitas yang menyelesaikan pendidikan tinggi (PT).

Meski sejak awal tidak didesain sebagai program untuk mendukung pendidikan disabilitas, program Kartu juga dirasakan oleh penyandang disabilitas. Data dari Survei Penilaian Penerima Kartu 2020-2022 menunjukkan bahwa 90% penerima difabel merasa mahir, 90% merasakan keterampilan baru, dan 88% merasa dapat dipekerjakan di pendidikan tinggi.

Artikel Terkait

Bagikan: