Fungsi Utama Asuransi Adalah? Simak Penjelasannya

Kak Anita

pixabay

Fungsi Utama Asuransi Adalah? Simak Penjelasannya – Istilah asuransi mungkin menjadi hal yang lumrah dalam pembicaraan masyarakat. Sebagian masyarakat memahami bahwa asuransi merupakan pengalihan atas risiko- risiko yang mungkin terjadi di masa yang akan datang.

Kita juga mengetahui bahwa asuransi memiliki fungsi sebagai penghimpun dana yang memberikan manfaat kepada nasabah berupa uang pertanggungan. Namun, tahukan anda ada berapa fungsi utama asuransi? Fungsi utama asuransi ada 3, apa saja fungsi utama asuransi tersebut? Berikut penjelasannya.

Fungsi Utama Asuransi

Penghimpun Dana

Setidaknya ada 3 fungsi utama asuransi. Fungsi pertama yang akan kita bahas adalah asuransi berfungsi sebagai penghimpun dana. Dari segi operasinya, kita dapat melihat bahwa asuransi menjadi lembaga penghimpun dana. Hal tersebut dapat kita buktikan dengan adanya setoran premi kepada perusahaan asuransi.

Pihak tertanggung akan membayarkan sejumlah premi sesuai dengan ketentuan yang tertuang dalam polis asuransi atau sebesar tarif produk asuransi yang dibeli.

Artikel Terkait

Bagikan:

Tinggalkan komentar