Keuntungan Asuransi Syariah Bagi Masa Depan

Keuntungan Asuransi Syariah Bagi Masa Depan- Kini, mempunyai asuransi dijadikan sebagai salah satu instrumen investasi oleh banyak orang. Selain itu, ia juga merupakan salah satu cara yang cukup optimal jika dimanfaatkan untuk meminimalisir risiko yang nantinya akan memberikan kerugian. Ia kan?

Kalau beberapa tahun yang lalu, masih tidak begitu banyak masyarakat kita yang berasuransi. Namun kini, jumlahnya terus meningkat, dan akan terus bertambah ke depannnya. Menariknya, produk asuransi juga mengalami perkembangan.  Mulai dari asuransi jiwa, kemudian asuransi pendidikan, dan lain sebagainya.

Jika diperhatikan, ada dua jenis asuransi. Yakni, ada yang asuransi konvensional, dan ada juga yang syariah. Dan pada kesempatan kali ini, kita hanya akan membahas asuransi syariah saja. Sebenarnya asuransi syariah itu apa? Apa keuntungannya? Apa bedanya dengan yang konvensional?

Nah, beberapa halnya akan kita bahas ya. Untuk yang penasaran, bisa simak beberapa penjelasan singkatnya berikut ini.

Apa itu asuransi syariah?

Kalau kita bandingkan dengan asuransi yang lain, maka kita akan dapati bahwasanya asuransi syariah menjadi jenis asuransi yang masih sangat muda, bahkan menjadi yang paling muda dibandingkan dengan yang lain loh. Yang mana, ia baru masuk ke tanah air kisaran tahun 1990 an.

Secara umumnya, asuransi satu ini memberikan penawaran yang agak berbeda dengan asuransi konvensional. Hal ini mungkin dikarenakan akad atau prinsip yang diterapkan berbeda. Yang jelas, asuransi itu punya sifat berupa proteksi resiko.

Asuransi syariah sendiri menjalankan bisnis mereka dengan memakai asas tolong menolong atau saling membantu antara pihak nasabah dengan pihak perusahaan. Tentu, ini menjadi pembeda yang paling dasar dengan asuransi konvensional. Di mana, perusahaan konvensional menerapkan sistem jual beli.

Sedang Trending :  Beberapa Produk Yang Ditawarkan Oleh Asuransi Bumiputera

Hal ini sesuai dengan fatwa Dewan Syariah Nasional pada tahun 2001. Yang menegaskan dan menjelaskan, bahwasanya asuransi syariah merupakan perusahaan yang berasaskan saling melindungi, saling tolong menolong dengan melakukan kegiatan investasi yang berbentuk tabarru’.

Yakni, memberikan pengembalian untuk risiko lewat akad ataupun persetujuan. Sesuai dengan namanya, perusahaan asuransi syariah menjalankan bisnis mereka berlandaskan syariat atau aturan dalam Islam. Sehingga, akan sangat aman dipilih oleh yang Muslim.

Keuntungan asuransi syariah

Ada beberapa keuntungan yang didapatkan ketika Anda memilih untuk melakukan asuransi di perusahaan asuransi syariah. Yang jelas, keuntungan pertamanya adalah lebih aman. Lebih aman di sini ialah lebih terjaga dari transaksi yang tidak sesuai dengan syariat ya. Oleh karena itu, jika Anda masih ragu dengan asuransi konvensional, alangkah lebih baiknya jika menggunakan yang syariah saja. Adapun keuntungan yang lainnya ialah:

Sedang Trending :  Asuransi Syariah Adalah? Simak Penjelasannya Berikut!

Tidak ada uang yang hangus

Kalau kita lihat, di perusahaan asuransi konvensional itu ada risiko hangusnya uang kalau sekiranya Anda gagal dalam membayar premi di waktu yang sudah disepakati. Sementara di asuransi syariah sama sekali tidak ya. Anda tetap bisa menerima secara utuh. Sebagaimana disebutkan di atas, asasnya adalah tolong menolong, dan dengan konsep dana titipan.

Jauh dari riba

Jika memilih yang syariah, maka Anda akan terjauhkan dari riba. Di mana, kita memang sangat diharuskan untuk menjauhi riba ini. Keuntungan yang satu ini bisa didapatkan karena transaksinya sesuai dengan prinsip dalam Islam. Salah satunya adalah jauh dari riba.

Selain kedua keuntungan tersebut, masih ada kok beberapa keuntungan yang lainnya. Jadi, jangan ragu untuk memilih perusahaan asuransi syariah ya.