Rekomendasi Bisnis Online Untuk Para Blogger

Kak Anita

pixabay

Rekomendasi Bisnis Online Untuk Para Blogger- Selama ini, banyak yang mengira bahwa penghasilan seorang blogger itu hanya dari google adsenses saja. Ia kan? Padahal kalau kita perhatikan, ada banyak banget loh sumber penghasilan yang bisa didapatkan oleh seorang blogger.

Alias, banyak cara, dan banyak bisnis onlinenya. Menarik banget kan? Jadi, buat Anda yang selama ini pengen jadi seorang blogger, nggak ada salahnya buat nyobain bisnis ini. Tapi, pahami dahulu, bahwa menjadi seorang blogger juga butuh waktu yang cukup lama.

Sehingga, ingin menjadi orang yang sukses hanya dalam waktu singkat dengan menjadi seorang blogger bukanlah sesuatu yang tepat. Apalagi sebenarnya, mana ada bisnis yang bisa memberikan kesuksesan dalam waktu singkat.

Kira-kira, bisnis online apa saja sih yang bisa dijalankan ketika menjadi blogger? Buat yang penasaran, simak beberapa rekomendasinya berikut ini.

Rekomendasi bisnis online

Kita sedang hidup di era teknologi. Di mana, nyaris semua hal telah dilakukan secara mudah dan online. Termasuk dalam hal bisnis. Sehingga bermunculan lah banyak bisnis online yang dapat dijalankan oleh siapapun.

Sebagaimana disebutkan di atas, ada banyak sekali bisnis online yang bisa dilakukan oleh seorang blogger. Nah berikut ini merupakan beberapa di antaranya, yang mungkin bisa Anda coba nantinya.

Menjual postingan blog bersponsor

Menjual blog sponsor menjadi salah satu bisnis online yang cukup jarang dilakukan oleh para blogger ya. Mungkin dikarenakan sistemnya yang agak ribet, sehingga memakan waktu agak lama.

Tapi tahukah Anda, bisnis online yang satu ini tergolong lebih menguntungkan loh kalau dibandingkan dengan google adsenses yang memberikan keuntungan per klik. Menarik kan?

Hanya saja, sebagaimana disinggung di atas, sistem kerjanya lebih ribet. Di mana, pekerjaan Anda bukan hanya sekedar menempelkan kode iklan saja. Tapi juga negosiasi harga, dan lain sebagainya.

Tapi nggak apa-apa, kan cuannya gede. Kalau misalnya mau nyobain bisnis online yang satu ini, Anda bisa mempelajarinya lebih lanjut ya.

Sebagai bocoran, akan lebih baik jika Anda melakukan penyusunan kit media satu halaman yang merinci statistik lintas Anda, demografi audiense, pengikut media sosial, atau hal lain yang akan membuat situs atau blog Anda terlihat menarik bagi pihak pengiklan nantinya.

Lalu, silahkan dekati pihak perusahaan agar bisa melakukan negosiasi kesepakatan sponsorship ini.

Dan catatannya adalah, ketika melakukan publikasi postingan yang bersponsor, maka mengetahui undang-undangn yang berkaitan adalah hal yang sangat penting, dan harus diperhatikan oleh Anda.

Program afiliasi

Adapun bisnis online untuk para blogger yang berikutnya adalah denngan program afiliasi. Pernah mendengar istilah afiliasi?

Kayaknya pernah ya. Karena belakangan ini, istilah afiliasi memang telah menjadi salah satu istilah yang sangat populer, sebab banyak disinggung di berbagai media. Istilah ini bukan hanya tersebar dan terkenal di kalangan blogger, tapi juga terkenal di berbagai macam aplikasi dan marketplace.

Karena mulai banyak aplikasi ataupun marketplace yang menawarkan program afiliasi. Salah satunya adalah shopee. Afiliasi sendiri ialah kegiatan memasarkan produk dengan menggunakan link khusus.

Dalam artian, ketika Anda bergabung ke sebuah afiliasi, maka Anda akan diberikan link jualan produk atau jasa khusus. Nantinya, ketika ada orang yang tertaik dengan produk atau jasa tersebut, dan melakukan pembelian menggunakan link Anda, Anda akan mendapatkan keuntungan. Menarik kan?

Oke, demikian beberapa bisnis online yang bisa dicoba oleh para blogger. Selamat mencoba.

Artikel Terkait

Bagikan:

Tinggalkan komentar