Ide Bisnis Online Yang Patut Dipertimbangkan Untuk Pebisnis Pemula

Kak Anita

pixabay

Ide Bisnis Online Yang Patut Dipertimbangkan Untuk Pebisnis Pemula- Kini, kita telah berada di zaman, di mana segalanya telah dimudahkan oleh internet. Menariknya, dari kemudahan ini, telah banyak sekali peluang bisnis yang memungkinkan untuk dijalankan oleh banyak orang.

Baik anda yang pernah mengalami kegagalan bisnis, atau bagi yang benar-benar masih pemula. Anda dapat membangun bisnis online, dan menjalankannya dengan sangat mudah.

Dalam artian, nggak perlu loh membangun toko bentuk fisiknya. Menarik banget nggak? Nah kira-kira, apa saja sih ide bisnis online nya? Kalau penasaran, bisa simak beberapa ide bisnis online berikut ya.

Menjadi asisten online ataupun virtual assistant

Bisnis yang satu ini mulai berkembang selama pandemi. Karena ternyata, ada banyak sekali pihak atau profesi yang membutuhkannya.

Adapun tugas ketika menjadi seorang asisten online ini nggak beda jauh kok dengan asisten pada umumnya.

Bedanya cuma terletak pada sistem kerjanya aja. Di mana, bisnis ini bisa dijalankan online, alias bisa anda kerjakan dimanapun.

Baik itu di rumah, atau di tempat lain. Menjadi asisten online tergolong cukup menjanjikan loh, meskipun sistem kerjanya yang mudah.

Anda akan mendapatkan tuas menangani administrasi yang diberikan oleh pihak klien. Seperti untuk membalas email masuk, kemudian membuat spreadsheet, mengatur jadwal, atau yang lainnya.

Dan yang perlu diperhatikan adalah, bisnis ini juga butuh niche. Yakni agar memudahkan anda ketika akan mencari pasar atau market.

Untuk memulainya, ada beberapa hal yang dapat anda lakukan. Seperti dengan mempersiapkan cv yang menarik terlebih dahulu, kemudian menguploadnya ke marketplace khusus pekerjaan.

Dalam hal ini, anda bisa memilih upwork ya. Berikutnya, jangkau client dengan cara menawarkan jasa yang anda tawarkan, terakhir, jangan lupa juga untuk membuat portofolio semenarik mungkin.

Menjadi desainer

Untuk saat ini, jasa seorang desainer tergolong sangat dibutuhkan banyak pihak loh. Karena memang media yang sudah berubah menjadi media digital.

Dan yang paling menariknya adalah, target market menjalankan bisnis ini sangat luas. Sehingga memungkinkan anda untuk mendapatkan banyak keuntungan.

Bagi yang punya kemampuan atau skill desain, boleh nih nyoba menjadi desainer. Tapi pertama-tama, buat portofolio yang baik dan menarik dulu ya.

Menjadi seorang penulis

Adapun bisnis online yang selanjutnya adalah dengan menjadi seorang penulis. Punya keahlian menulis?

Bingung mau menyalurkannya ke mana? Tenang, anda bisa kok menjadi seorang penulis artikel, dengan bayaran yang cukup lumayan. Karena banyak banget pihak yang membutuhkan jasa seorang penulis.

Khususnya para blogger yang sudah sukses. Di mana, mereka tuh udah nggak punya banyak waktu lagi untuk menulis, dan mengisi konten di blog mereka.

Ada banyak sekali cara untuk mendapatkan klien atau orderan tulisan. Misal, dengan menawarkan jasa anda ke grup freelancer yang ada di facebook.

Pertama, anda dapat membuat portofolio terlebih dahulu. Kalau sudah, tinggal gabung ke banyak grup saja.

Karena semakin banyak grupnya, semakin besar peluang buat ngedapetin klien. Kalau sudah, anda bisa menawarkan jasa penulisan artikel yang anda tawarkan. Usahakan untuk memberikan informasi yang jelas.

Mulai dari nomor yang bisa dihubungi, benefit apa yang akan didapatkan oleh klien, layanan yang tersedia apa saja, sampai dengan model pembayaran yang ready.

Makin banyak layanannya, makin menarik jasa anda.

Gampang banget kan? Nah, itulah dia beberapa ide bisnis online yang cocok untuk anda jalankan. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Bagikan:

Tinggalkan komentar