Halodoc Konsultasi Dokter, Sehat Jadi Lebih Mudah Hanya Dengan Aplikasi

Kak Her

Halodoc Konsultasi Dokter

Kini konsultasi dokter jadi semakin mudah. Kapan pun dan di mana pun Anda dapat berkonsultasi dengan berbagai dokter ahli di indonesia mengenai penyakit yang sedang Anda alami saat ini hanya melalui smartphone.

Aplikasi halodoc konsultasi dokter, menjadi salah satu aplikasi yang populer sebagai sarana konsultasi dokter saat ini. Anda bisa langsung berkomunikasi dengan dokter umum bahkan dengan dokter ahli melalui pesan chat, dan panggilan video.

Untuk lebih jelasnya, mari kenalan lebih dekat dengan Halodoc melalui review singkat saya dalam menggunakan aplikasi ini.

Kenalan Dengan Halodoc

Sebelum lebih jauh membahas tuntas mengenai aplikasi ini, saya akan mengajak Anda untuk berkenalan dengan Halodoc Konsultasi Dokter.

Apa itu halodoc?

Halodoc merupakan sebuah aplikasi kesehatan yang memberikan solusi kesehatan lengkap dan terpercaya untuk memenuhi kebutuhan kesehatan Anda dan Keluarga.

Sejarah Halodoc

Didirikan oleh Jonathan Sudharta, Halodoc muncul dari pengalaman Jonthan ketika putrinya sakit. Saat itu ia panik karena mendapati putrinya sedang demam.

Jonathan kemudian menghubungi kenalannnya yang berprofesi sebagai dokter dan bertanya tentang kondisi anaknya. Dengan saran dokter, ia melakukan pertolongan pertama, dan beberapa jam kemudian, demamnya turun.

Nah, berkat pengalaman ini, Jonathan menyadari bahwa mungkin di luar sana ada banyak sekali orang tua yang mengalami hal yang sama. Ketika keluarga atau kerabat yang sakit pada waktu yang tidak terduga dan tidak bisa bertemu langsung dengan dokter.

Sejak saat itu Jonathan mendirikan Halodoc dengan tujuan menyediakan akses kesehatan untuk semua orang di indonesia.

Pada 21 April 2016, Halodoc resmi di dirikan dengan meluncurkan aplikasi berbasis Android dan iOS.

Perkembangan Halodoc

Sejak di dirikan di tahun 2016 lalu, kini Halodoc sudah beroprasi selama kurang lebih 3 tahun dan sudah memiliki lebih dari 1,5 juta pengguna di playstore.

Bekerja sama dengan lebih dari 1000 apotik dan 20.000 dokter dengan berbagai spesialis di indonesia. Sekitar 50% dari 113 dokter spesialis telah bergabung bersama Halodoc seperti dokter kulit, dokter mata, dokter anak, dan ahli jantung.

Selain bekerja sama dengan apotik dan dokter ahli. Halodoc juga ikut menggandeng Gojek sebagai layanan pesan antar obat melalui aplikasi. Layanan ini sudah bisa di akses di 50 kota besar di indonesia.

Kenapa Harus Menggunakan Halodoc?

Kenapa Harus Halodoc Konsultasi Dokter

Kalau ditanya kenapa?, salah satu alasan yang paling tepat adalah karena Halodoc konsultasi dokter sudah menjadi aplikasi dengan pengguna terbanyak di indonesia. Terbukti melalui Playstore dan iOS, Halodoc menempati posisi pertama aplikasi kesehatan.

Ada 3 hal yang bisa menjadi pertimbangan Anda kenapa harus menggunakan aplikasi halodoc konsultasi dokter.

1. Cepat, Aman dan Nyaman

Dengan menggunakan aplikasi Halodoc, Anda tidak perlu repot untuk menunggu. Jika biasanya Anda harus melakukan pemeriksaan di rumah sakit yang ber belit-belit. Kini semuanya bisa di lakukan dengan cepat dan nyaman hanya melalui aplikasi.

Jangan ragu, semua transaki yang Anda lakukan melalui aplikasi tentunya terjamin keamanannya.

2. Terpercaya

Telah beroprasi selama 3 tahun dan juga telah bekerja sama dengan berbagai dokter, apotik, dan mitra asuransi yang sudah terdaftar dan tersebar di seluruh indonesia.

3. Dimana Saja dan Kapan Saja

Dimanapun Anda mengalami masalah kesehatan, tak perlu khawatir. Halodoc selalu siap siaga memberikan layanan kesehatan Anda dan keluarga.

Halodoc Konsultasi Dokter

Review Halodoc Konsultasi Dokter

Merupakan aplikasi yang menurut saya sangat bermanfaat, karena Halodoc menjadi solusi terbaik di saat kondisi benar-benar sangat membutuhkan pendapat dari dokter ahli.

Layanan Aplikasi Halodoc

Halodoc memiliki 4 layanan utama bagi penggunanya. Berikut ini adalah layanan yang di sediakan aplikasi halodoc

1. Chat Dengan Dokter

Halodoc Bicara Dengan Dokter

Layanan ini dapat digunakan kapan saja dan di mana saja. Anda tidak perlu mengunjungi klinik ataupun rumah sakit hanya untuk sekedar mengeluhkan penyakit Anda.

Dengan menggunakan layanan Tanya Dokter, Anda sudah bisa berkomunikasi langsung dengan dokter ahli secara gratis. Bisa melalui chat, dan juga panggilan video.

2. Beli Obat Tanpa ke Apotik

Halodoc Beli Obat

Biasanya setelah menceritakan semua keluhan, dokter akan memberikan resep obat untuk dikonsumsi. Namun tak perlu repot untuk membeli obatnya di apotik. Halodoc juga sudah menyediakan layanan untuk membeli obat melalui aplikasi.

Obat yang telah di beli melalui aplikasi akan dikirim melalui kurir antar barang yang telah bekerja sama dengan Halodoc.

Namun perlu Anda ketahui bahwa menggunakan layanan ini akan dikenakan biaya pengiriman yang besarnya tergantung jarak apotik dari tempat Anda memesan. Total harga akan tercantum pada struk pembelian.

3. Kunjungi Rumah Sakit

Halodoc Kunjungi Rumah Sakit

Biasanya jika ingin bertemu dokter di rumah sakit pastinya akan berurusan dengan bagian administrasi yang pastinya akan memakan banyak waktu, dan tentunya antri.

Namun dengan Halodoc, Anda tidak perlu melakukan antrian panjang untuk bisa bertemu dengan dokter di rumah sakit. Cukup memanfaatkan layanan Buat Janji Dokter pada aplikasi. Anda sudah mendapatkan jadwal untuk bertemu dokter tanpa ribet.

4. Pemeriksaan Lab

Halodoc Pemeriksaan Lab

Anda mungkin tipe orang yang sering melakukan medical checkup. Halodoc telah menjalin kerja sama dengan Prodia dalam hal ini. Jadi Anda tidak perlu berkunjung ke rumah sakit untuk melakukan cek laboratorium.

Melalui aplikasi, Anda bisa menentukan jadwal checkup, dan petugas lab dari prodia akan berkunjung ke tempat Anda untuk melakukan medical checkup.

Anda bisa melakukan berbagai pemeriksaan seperti, cek penyakit menular, demam berdarah, pemantauan fungsi ginjal, hati, dan lain sebagainya.

Fitur Aplikasi Halodoc

Selain layanan yang lengkap. Halodoc juga hadir dengan berbagai fitur yang sangat bermanfaat bagi penggunanya. Berikut ini adalah fitur yang di sediakan aplikasi halod oc.

1. Artikel Kesehatan Lengkap

Tak lupa Halodoc juga menghadirkan informasi dan tips seputar kesehatan melalui artikel. Anda bisa membacanya setiap saat melalui aplikasi.

Berbeda dengan artikel yang bertebaran di internet. Artikel yang di sediakan Halodoc tentunya bisa dipercaya karena bersumber dari dokter-dokter yang kompeten.

2. Riwayat Transaksi

Anda bisa memantau riwayat transaksi kapan saja melalui aplikasi.

3. Hubungkan Asuransi

Fitur ini yang menurut saya sangat penting. Jika Anda memiliki asuransi kesehatan, Anda hanya perlu menghubungkannya ke aplikasi Halodoc.

Terdapat berbagai macam perusahaan asuransi yang sudah bisa di hubungkan dengan aplikasi Halodoc, termasuk asuransi perusahaan tempat Anda bekerja.

4. Alarm Pengingat

Mungkin fungsinya sederhana, tapi menurut saya ini meruapakan fitur yang sangat bermanfaat. Anda akan di ingatkan untuk meminum obat setiap saat sesuai jadwal yang telah Anda tentukan sebelumnya.

5. Upload Resep

Anda bisa memperlihatkan resep yang di berikan dokter untuk membeli obat melalui aplikasi.

6. Dompet Digital

Anda tidak perlu melakukan transfer uang jika ingin melakukan pembayaran. Halodoc sudah menyediakan Dompet digital yang bisa di top up mulai dari Rp.50.000 sampai Rp.2.000.000 melalui kartu kredit, BCA, dan Mandiri.

7. Daftar Alamat

Anda bisa mendaftarkan lebih dari satu alamat di dalam aplikasi. Ini memungkinkan Anda untuk melakukan transaksi untuk orang lain yang berada di tempat yang berbeda dengan mengatas namakan akun Halodoc Anda.

8. Pusat Bantuan

Jika Anda mengalami kendala terkait layanan yang ada pada aplikasi, Anda hanya perlu melaporkannya melalui pusat bantuan. Anda bisa langsung berkomunikasi dengan Costumer Service dari aplikasi Halodoc melalui Chat, Email, dan juga Telepon.

Namun sebelum itu, Anda bisa melihat terlebih dahulu pertanyaan umum yang sering di alami pengguna lain melalui menu Tanya jawab pada aplikasi.

Kelebihan Aplikasi Halodoc

Setelah menelusuri lebih dalam mengenai aplikasi ini, saya menemukan beberapa kelebihan yang menurut saya sangat bagus.

1. Tampilan Aplikasi yang Mudah dimengerti

Aplikasi Halodoc terasa sangat nyaman di operasikan, karena memiliki tampilan navigasi yang mudah di mengerti atau biasa disebut User Friendly. Mengusung tampilan material UI yang bersih.

2. Tersedia Banyak Dokter Spesialis

Dalam fitur chat pada aplikasi, Anda akan menemukan pilihan untuk memilih dokter spesialis sesuai keluhan sakit yang Anda alami.

3. Konsultasi Dokter 24 Jam

Kapan pun dan dimana pun Anda bisa berkonsultasi dengan dokter, karena Halodoc hadir 24 Jam untuk melayani Anda dan keluarga.

4. Banyak Diskon

Tidak selamanya berobat itu mahal. Halodoc selalu menghadirkan kemudahan bagi penggunanya agar selalu merasa nyaman. Salah satu cara Halodoc untuk membuat penggunanya betah adalah dengan menghadirkan berbagai diskon dan promo menarik.

5. Aplikasi Bisa Digunakan Bersama

Biasanya aplikasi semacam ini hanya bisa digunakan 1 akun untuk 1 perangkat. Namun berbeda dengan Halodoc, dalam 1 perangkat, Anda bisa menambahkan user baru. Jadi dalam 1 aplikasi bisa di gunakan oleh semua keluarga.

6. Memiliki Jasa Kurir

Seperti yang saya jelaskan di atas, dalam memesan obat tidak perlu keluar rumah untuk ke apotik. Cukup menunggu kurir datang kerumah membawa obat yang Anda pesan.

Kekurangan Aplikasi Halodoc

Tidak ada yang sempurna di dunia ini. Begitu pula dengan aplikasi. Ada satu hal yang menurut saya penting tapi tidak di hadirkan dalam aplikasi ini.

yaitu Tidak Ada Fitur Kunci Aplikasi. Mungkin sebagian orang tidak sadar bahwa fitur ini sangat lah penting, mengingat ada dompet digital yang setiap saat bisa di top up. Orang lain bisa saja menggunakan saldo yang tersimpan di aplikasi untuk kepentingan mereka.

Kedepannya, saya harap pihak developer bisa menghadirkan fitur keamanan pengguna ini.

Panduan Penggunaan Aplikasi Halodoc

Untuk menggunakan aplikasi Halodoc Konsultasi Dokter, Anda bisa menginstall aplikasinya melalui Playstore dan AppStore. Atau bisa langsung melalui kotak box di bawah ini.

Halodoc
Halodoc - Dokter, Obat & Appointment Last Update Halodoc
Download by idnxmus.com

Setelah aplikasi terinstall di Smartphone Anda, berikut ini beberapa panduan yang bisa Anda ikuti terkait penggunaan layanan di Aplikasi Halodoc.

    • Pada tampilan awal aplikasi, Klik Bicara Dengan Dokter.
    • Pilih dokter yang ingin Anda hubungi. Akan tampil beberapa pilihan dokter rekomendasi dari halodoc, namun jika tidak sesuai, Anda dapat memilih berdasarkan spesialisasi dokter yang dibutuhkan.
      Atau jika Anda sudah mempunyai dokter langganan, Anda dapat menggunakan fitur pencarian untuk mencari nama dokter/spesialisasi dokter yang Anda butuhkan.
    • Klik tombol Chat.
    • Masukkan kode promo yang tertera pada profil dokter untuk mendapatkan gratis konsultasi, dan klik tombol Konfirmasi.
    • Anda bisa berinteraksi dengan dokter ketika dokter menerima REQUEST Anda.
    • Masuk ke aplikasi Halodoc kemudian pilih Beli Obat.
      Jika Anda memiliki resep obat dari dokter, Anda bisa mengupload foto resepnya melalui tombol Upload Resep.
    • Pilih obat yang Anda butuhkan lalu Klik tombol Tambah untuk memasukkan obat ke keranjang belanja Anda.
    • Klik tombol Keranjang. Anda dapat menambahkan jumlah/kuantitas obat dengan klik tanda +, Anda juga dapat menambah obat/item lainnya dengan klik Tambah Barang.
    • Pastikan alamat pengantaran sudah benar, masukkan Catatan Alamat apabila diperlukan. Anda juga dapat mengganti alamat pengantaran apabila alamat yang tertera tidak sesuai.
    • Klik tombol Berikutnya dan pastikan pesanan Anda sudah benar.
    • Klik tombol Pesan.
    • Buka aplikasi Halodoc dan pilih Kunjungi Rumah Sakit.
    • Pilih rekomendasi rumah sakit yang tersedia, dan klik tombol Buat Janji.
    • Anda akan di arahkan pada halaman baru, silahkan pilih, ingin menggunakan Pendaftaran Umum atau Pendaftaran BPJS.

    Jika menggunakan Pendaftaran Umum, ikuti langkah berikut ini.

    • Pilih Pendaftaran Umum.
    • Pilih Poliklinik sesuai penyakit yang Anda keluhkan.
    • Pilih Dokter yang menurut Anda sesuai dengan kebutuhan Anda.
    • Tentukan jadwal pertemuan Anda dengan dokter, waktu & jam sesuai dengan yang tertera di aplikasi.
    • Masukan nomor ponsel (pastikan nomor ponsel yang dimasukkan benar karena Halodoc akan mengirimkan SMS kode verifikasi ke nomor ponsel tersebut).
    • Masukan kode verifikasi sesuai dengan SMS yang dikirimkan oleh Halodoc lalu klik Konfirmasi.
    • Jika nomor ponsel belum pernah didaftarkan sebelumnya di Halodoc maka Anda harus memasukan data diri terlebih dahulu. Jika nomor ponsel sudah pernah didaftarkan di Halodoc maka Anda dapat langsung memilih dirinya/anggota keluarganya yang terdaftar untuk dibuatkan janji konsultasi dengan dokter.
    • Lalu klik Lanjutkan Mendaftar.
    • Pilih Metode Pembayaran yang Anda inginkan.
    • Selanjutnya Anda dapat melihat rincian konsultasi dengan klik Lihat Rincian Konsultasi.
    • Kemudian Anda juga akan mendapatkan SMS rincian konfirmasi.
    • Silahkan tunggu konfirmasi dari pihak Halodoc terkait appointment yang telah dibuat.

    Jika menggunakan Pendaftaran BPJS, ikuti langkah berikut ini.

    • Pilih Pendaftaran BPJS.
    • Pilih Poliklinik sesuai surat rujukan.
    • Pilih Dokter yang menurut Anda sesuai dengan kebutuhan Anda.
    • Tentukan jadwal pertemuan Anda dengan dokter, waktu & jam sesuai dengan yang tertera di aplikasi.
    • Masukan nomor ponsel (pastikan nomor ponsel yang dimasukkan benar karena Halodoc akan mengirimkan SMS kode verifikasi ke nomor ponsel tersebut).
    • Masukan kode verifikasi sesuai dengan SMS yang dikirimkan oleh Halodoc lalu klik Konfirmasi.
    • Jika nomor ponsel belum pernah didaftarkan sebelumnya di Halodoc maka Anda harus memasukan data diri terlebih dahulu. Jika nomor ponsel sudah pernah didaftarkan di Halodoc maka Anda dapat langsung memilih dirinya/anggota keluarganya yang terdaftar untuk dibuatkan janji konsultasi dengan dokter.
    • Klik Unggah Dokumen.
    • Unggah Dokumen Surat Rujukan & Surat Kontrol melalui foto/unggah dari galeri (Pastikan foto yang diunggah jelas). Jika diperlukan Anda dapat menambahkan Dokumen penunjang lainnya di Tambah Dokumen Lainnya.
    • Lalu klik Konfirmasi & Daftar.
    • Selanjutnya Anda dapat melihat rincian konsultasi dengan klik Lihat Rincian Konsultasi.
    • Kemudian Anda juga akan mendapatkan SMS rincian konfirmasi.
    • Silahkan tunggu konfirmasi dari pihak Halodoc terkait appointment yang telah dibuat.
    • Buka aplikasi Halodoc dan pilih Pemeriksaan Lab.
    • Pilih paket Checkup yang Anda butuhkan, dan klik tombol Request pada paket yang akan diambil.
    • Untuk mengetahui detail paket, klik tulisan Selebihnya.
    • Tentukan tanggal Checkup dan waktu Checkup. Klik tombol Lanjutkan.
    • Pastikan alamat yang Anda masukan sesuai, dan masukan catatan jika dibutuhkan. Klik tombol Lanjutkan.
    • Dalam beberapa waktu, petugas dari Halodoc akan menghubungi Anda untuk mengkonfirmasi.

Informasi :
Anda dapat menemukan lebih banyak panduan terkait aplikasi Halodoc melalui halaman berikut ini https://www.halodoc.com/faq

Kesimpulan

Dengan hadirnya aplikasi Halodoc Konsultasi Dokter, tentunya masyarakat akan sangat terbantu, apalagi bagi para penderita penyakit berat yang tidak bisa datang langsung ke rumah sakit untuk melakukan konsultasi.

Namun perlu di ingat, fitur konsultasi dokter melalui aplikasi ini, dokter tidak sepenuhnya bisa mendiagnosa dengan benar penyakit yang di derita pasien. Terkadang, pasian juga membutuhkan pemeriksaan langsung oleh dokter untuk menemukan lebih spesifik mengenai penyakit yang di derita.

#tanyadokterasli

Artikel Terkait

Bagikan:

Tinggalkan komentar