9+ Cara Mengatasi Kode MMI Tidak Valid

Cara Mengatasi Kode MMI Tidak Valid – Berbicara mengenai masalah kode MMI tidak valid, tentu erat kaitannya dengan jaringan seluler pada smartphone, baik di Android, iOs, bahkan telepon seluler biasa.
Masalah ini biasanya muncul ketika melakukan dial up untuk pengecekan pulsa, kuota, ataupun melakukan panggilan telepon. Ini berlaku untuk semua operator seperti Telkomsel, Smartfren, Indosat, Xl, Tri, dan lain sebagainya.
Beberapa pengguna android yang sering mengalami masalah kode MMI tidak valid ini biasanya muncul pada HP Xiaomi, Nokia, Samsung, Vivo, Oppo, dan merek lain.
Baca Juga : Beli Kuota Tri 32GB 60Rb.
Setidaknya ada beberapa hal yang memungkinkan munculnya error sambungan atau kode MMI tidak valid. Namum sebelum itu, sudah tahu belum kode MMI itu sebenarnya apa? kenapa pesan ini muncul? mari kita bahas.

Mengenal Kode MMI

Apa itu kode MMI? Kode MMI merupakan singkatan dari Man Machine Interface</i > yaitu kode yang dapat di akses melalui menu panggilan pada HP yang terdiri dari kombinasi angka dan simbol.
Contoh kode MMI yang paling sering digunakan adalah *123# yang fungsinya untuk mengecek sisa pulsa, atau untuk mengecek kualitas jaringan menggunakan *4636#.
Terlepas dari banyaknya kode MMI yang biasa digunakan, ada banyak penyebab munculnya error masalah sambungan atau kode MMI tidak valid.

Penyebab Munculnya Masalah Kode MMI Tidak Valid

Ada banyak pengguna smartphone yang mengeluhkan hal ini. Sebenarnya apa penyebab masalah kode MMI tidak valid? padahal sebelumnya baik-baik saja.
Baca Juga : Cara Daftar Kuota Home Tri 117GB.
Jadi ada beberapa faktor penyebab munculnya pesan error ini di HP kamu, diantaranya yaitu :

  • Jaringan di sekitar sedang mengalami gangguan.
  • Ponsel berada di jaringan 4G Only.
  • Adanya masalah pada sistem Android.
  • Kesalahan dalam memasukkan kode MMI.
Sedang Trending :  Cara Blokir SMS Penipuan dan Spam di HP Android

Di atas merupakan beberapa faktor penyebab munculnya masalah kode MMI tidak valid, masih ada banyak penyebab lainnya. Untuk itu, di bawah ini saya akan jelaskan bagaimana cara mengatasi masalah ini dengan jelas.

Cara Mengatasi Masalah Sambungan atau Kode MMI Tidak Valid

Umumnya masalah kode MMI tidak valid ini muncul disebabkan 3 perkara utama yaitu Jaringan, Sistem, dan Kartu SIM yang digunakan.
Karena banyaknya faktor yang mempengaruhi, maka di sini saya akan memberikan solusi yang jelas sesuai permasalahan yang kamu alami.
Berikut ini cara mengatasi masalah kode MMI tidak Valid.
Baca Juga : Begini Cara Cek Nomor ICCID Kartu SIM Semua Operator.

1. Pastikan Kartu SIM yang Digunakan Masih Aktif

Hal pertama yang harus saya ingatkan adalah masa aktif kartu SIM. Karena banyak pengguna yang tidak sadar melakukan panggilan atau ingin melakukan pengecekan pulsa menggunakan kode MMI namun muncul pesan error masalah kode MMI tidak valid.
Salah satu penyebabnya adalah karena kartu sudah tidak aktif, atau sudah berada di masa tenggang akibat tidak pernah isi pulsa.

2. Pastikan Kode MMI yang Dimasukkan Sudah Benar

Saat melakukan panggilan dengan memasukkan kode MMI, terkadang kita tidak teliti dalam menulis kode USSD atau MMI, misalnya ingin cek sisa pulsa kartu Tri (3) dengan menulis kode *111# namun salah menulis *1111# akibatnya muncullah masalah kode MMI tidak valid.
Atau bisa saja kode yang tadinya *111# telah di ganti dengan kode yang baru oleh penyedia layanan operator seluler yang bersangkutan, jadi sebaiknya periksa kode MMI dengan benar sebelum melakukan panggilan.

3. Aktifkan Mode Pesawat

Beralihlah ke mode pesawat untuk sementara waktu untuk merefresh jaringan, karena biasanya pengaruh utama dari masalah kode MMI tidak valid adalah jaringan operator.
Setidaknya aktifan mode pesawat selama 3 – 5 detik, kemudian non-aktifkan kembali. caranya kamu bisa mengusap bilah atas pada HP android kamu kemudian klik icon pesawat.

Sedang Trending :  Cara Pindahkan Hasil Backup TWRP Ke Komputer/PC

4. Alihkan Jaringan ke 3G atau 2G

Perlu kamu ketahui bahwa kebanyakan orang menggunakan jaringan internet di mode 4G, namun sedikit yang tahu bahwa jaringan 4G tidak bisa digunakan untuk melakukan panggilan telepon.
Panggilan telepon atau pengecekan pulsa dan kuota melalui aplikasi telpon (USSD/MMI) hanya bisa di lakukan di jaringan 3G dan 2G. Jadi coba alihkan jaringanmu ke 3G.
Caranya :

  1. Masuk ke aplikasi Setelan di HP android kamu.
  2. Tap pada menu Jaringan Seluler. Masalah Kode MMI Tidak Valid
  3. Jika kamu menggunakan dual sim, pilih dulu Sim yang digunakan untuk mengakses kode MMI, sebagai contoh disini saya pilih SIM 2. Kode MMI Tidak Valid
  4. Cari dan tap pada menu Tipe Jaringan Prioritas. Masalah Sambungan Kode MMI Tidak Valid
  5. Pilih salah satu dari Prioritas 3G atau 2G Saja. Mengatasi Masalah Kode MMI Tidak Valid

Setiap merek HP mungkin memiliki tampilan pengaturan jaringan yang berbeda-beda, jadi sebaiknya sesuaikan sendiri seperti langkah di atas.

5. Sisipkan Simbol pada Kode

Cara yang satu ini tidak banyak yang tahu, kamu bisa menambahkan simbol (,) atau (+) di antara kode yang digunakan jika terjadi error.
Misalnya kamu tambahakan simbo + caranya :

  1. Ketik kode USSD misal *4636#
  2. Tambahkan tanda + setelah tanda * atau sebelum tanda # seperti *+4636# Kode MMI Tidak Valid Xiaomi
  3. Untuk menambahkan tanda + kamu bisa menekan angka selama beberapa detik.

Kamu bisa mengganti tanda + menjadi , jika memang tanda + masih menampilkan error MMI tidak valid. Untuk menambahkan tanda koma kamu harus menekan tanda * selama beberapa detik.

6. Bersihkan Data dan Cache pada Aplikasi Telepon

Munculnya masalah sambungan atau kode MMI tidak valid juga bisa disebabkan karena aplikasi Telepon atau aplikasi Panggilan pada smartphone yang mengalami masalah juga.
Karena setiap akan melakukan panggilan atau cek pulsa dan kuota, kamu menggunakan aplikasi Telepon untuk mengaksesnya. Jadi aplikasi tersebut perlu di bersihkan.
Caranya :

  1. Masuk ke aplikasi Setelan di HP kamu.
  2. Selanjutnya pilih menu Aplikasi » Kelola Aplikasi. Kode MMI Tidak Valid
  3. Cari dan buka aplikasi Telepon. Kode MMI Tidak Valid Smartfren
  4. Tap pada tombol Hapus Data. Kode MMI Tidak Valid Samsung
Sedang Trending :  Cara Mengatasi Bug Multi-Touch Pada Custom Rom Berbasis Android Oreo

Cara ini dilakukan untuk menghilangkan masalah atau error yang terjadi pada aplikasi Telepon, atau biasa disebut mengembalikan setelan Telepon ke pengaturan default.

7. Restart HP

Jika kendala masih saja muncul, sebaiknya kamu boleh mencoba untuk me-restart</i > HP kamu. Ini merupakan cara umum yang cukup efektif, karena selain masalah kode MMI tidak valid, restart HP juga bisa membuat semua aplikasi dimuat ulang agar berjalan lebih fresh.
Karena terkadang masalahnya justru bukan pada aplikasi Telepon ataupun jaringannya, tapi ternyata pada sistem android itu sendiri.
Sebaiknya lakukan restart secara berkala pada HP android kamu setidaknya satu kali dalam satu minggu atau sekali dalam sebulan.

8. Cari Tempat yang Memiliki Jaringan yang Bagus

Mungkin saja penyebabnya adalah jaringan yang sedang mengalami gangguan atau lokasi kamu saat ini sedang berada di tempat yang kualitas jaringannya kurang bagus.
Maka solusinya, kamu hanya perlu berpindah ke tempat yang memiliki jaringan lebih bagus.
Jika cara ini pun tidak bisa, maka tunggulah beberapa saat hingga jaringan di daerahmu membaik.

9. Minta Bantuan Call Center Provider

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan menghubungi Costumer Service provider yang kamu gunakan. Misalnya saja kamu mengalami masalah kode MMI tidak valid pada kartu Indosat, maka hubungi CS indosat melalui (021) 30003000.
Kamu bisa menghubunginya dengan nomor apa pun, tidak harus menggunakan nomor Indosat juga.
Kemudian ceritakan detail masalah kamu kepada mereka, karena biasanya memang masalah error ini muncul karena kartu yang digunakan sedang bermasalah.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mengatasi masalah kode MMI tidak valid. Sejauh yang saya ketahui, masalah ini banyak terjadi di beberapa merek HP yang sedang populer saat ini.
Dan dengan mengikuti cara di atas, saya harap bisa menyelesaikan masalah error yang kamu alami. Namun jika masih saja mengalami kendala, kamu bisa meninggalkan komentar.