cara daftar grab car
cara daftar grab car

Ini Dia Cara Daftar Grab Car Lengkap Terbaru Dijamin Sukses (2021)

Lingkarberita.com – Moda transportasi di zaman yang serba mengandalkan teknologi seperti sekarang ini semakin bervariasi. Grab Car adalah salah satu layanan transportasi online dari Grab yang banyak digunakan karena sangat praktis. Adanya banyak peminat membuat banyak orang ingin daftar Grab Car. Begini cara daftar Grab car yang akan dibagikan pada postingan ini.

Mendaftar Grab Car memang tidak terlalu sulit, asalkan Anda sudah memenuhi syarat dan ketentuan yang diberlakukan oleh Grab. Untuk itu, ulasan berikut akan sangat membantu Anda jika ingin mendaftar Grab Car dan disetujui.
Syarat Mendaftar Grab Car yang Harus Dipenuhi

Karena menyangkut kesejahteraan banyak orang, sebelum mendaftar Grab Car Anda perlu memenuhi syarat yang ditetapkan oleh Grab Car. Jika Anda tidak memenuhi salah satu syarat yang ditetapkan, dikhawatirkan Grab akan menolak pengajuan pendaftaran Anda.
Adapun syarat yang ditetapkan pihak Grab kepada setiap pendaftar Grab Car adalah sebagai berikut.

Baca Juga : Cara Daftar Grab Bike dengan Mudah, Pasti Lolos !

Memiliki Mobil

Sebagai driver Grab Car, tentu Anda harus memiliki mobil sendiri agar bisa bekerja dengan baik. Kriteria mobil yang diutamakan pihak Grab adalah yang berjenis MPV serta Family Car dengan usia mobil maksimal 5 tahun kepemilikan.
Selain itu, pengendara mobil juga diharuskan sudah mempunyai asuransi mobil tersebut. Dengan kriteria mobil yang terpenuhi, pihak Grab akan lebih yakin dengan Anda untuk diterima.

Baca Juga : Cara Daftar Grab Food agar diterima dan langsung kerja, Begini caranya 

Mempunyai STNK

STNK atau Surat Tanda Nomor Kendaraan adalah dokumen wajib pertama yang harus dimiliki seorang pengendara, baik mobil, motor, atau kendaraan darat lainnya. Surat ini merupakan tanda bahwa kendaraan yang dipakai adalah milik sendiri dan bukan hasil curian.
STNK juga menjadi pegangan wajib yang harus dibawa saat mengendarai mobil di jalan raya. Agar bisa mendaftar Grab Car, Anda harus menyertakan foto STNK asli yang jelas atau tidak blur. Anda tidak diperkenankan untuk mengunggah foto STNK kopian atau scan.

Baca Juga :  Begini Cara Edit Foto 4x6 Online Paling Mudah & Akurat 2021

Surat Keterangan Catatan Kepolisian / SKCK

SKCK merupakan dokumen berikutnya yang menjadi syarat pendaftaran Grab Car. Surat ini wajib dilampirkan karena akan dijadikan sebagai bahan untuk melihat apakah calon pengemudi Grab Car memiliki catatan kriminal atau tidak.
Pihak Grab juga ingin memastikan bahwa mitranya adalah orang terpercaya yang tidak pernah tersandung kasus hukum dan berkelakuan baik. Jika mendaftar secara online, dokumen ini wajib difoto dengan jelas.
Jika mendaftar secara offline, Anda harus membawa dokumen aslinya beserta hasil foto kopiannya.

Memiliki Smartphone Sesuai Kriteria

Karena Grab berbasis layanan online, maka sudah barang tentu driver Grab Car harus memiliki smartphone. Namun, tidak semua smartphone bisa digunakan, karena syarat smartphone yang harus dimiliki harus memiliki kapasitas RAM minimal 1 GB.

Foto

Syarat foto yang harus diunggah adalah foto formal dengan background tidak bermotif atau berwarna polos. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan background yang memiliki banner Grab.
Foto harus memperlihatkan wajah dengan jelas serta posisi badan harus tegak dan tidak miring.

Memiliki E-mail

Berkenaan dengan pendaftaran secara online maka Anda harus memiliki email yang aktif digunakan. Email tersebut nantinya akan menjadi media penghubung Anda dengan pihak Grab untuk mengetahui langkah-langkah selanjutnya ketika mendaftar.

Bersedia Ikut Ujian KIR / KEUR

Syarat terakhir yang harus dipenuhi adalah pendaftar harus bersedia mengikuti ujian KIP / KEUR jika nantinya diterima menjadi mitra Grab Car. Ujian KIR adalah ujian yang dilaksanakan bagi pengendara motor untuk menguji kelayakan kendaraan, terutama kendaraan yang memuat banyak penumpang.

Baca Juga :  Cara Mengubah Ukuran Foto menjadi 4x6 Terlengkap

Cara Daftar Grab Car Online dan Offline Terbaru

Cara Daftar Grab Car Secara Offline

Untuk pendaftaran secara offline, Anda harus mendatangi kantor Grab secara langsung yang terdapat di wilayah sekitar. Perhatikan jam operasionalnya sebelum memutuskan datang agar tidak salah waktu.

Selain itu, bawa juga berkas-berkas yang sebelumnya sudah disebutkan pada pembahasan syarat mendaftar Grab Car. Sesampainya di kantor Grab, isi formulir yang diberikan secara lengkap dengan mengikuti alurnya.

Kekurangan dari sistem offline ini adalah susahnya pendaftar jika di wilayah domisilinya tidak ada kantor Grab. Selain itu, jika sedang banyak pendaftar maka harus mengantre terlebih dahulu.

Cara Daftar Grab Car Secara Online

Jika Anda ingin lebih cepat dan lebih hemat, gunakan cara online untuk mendaftar. Anda tidak perlu jauh-jauh mendatangi kantor dan tidak perlu mengantre untuk mengisi formulir. Cukup gunakan ponsel Anda untuk membuka web resmi Grab.

Ada banyak kelebihan yang dimiliki oleh sistem pendaftaran secara online, yakni pendaftaran bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja tanpa khawatir kantor sudah tutup. Namun, tetap disarankan untuk mendaftar di jam kerja agar hasilnya lebih cepat.

Selain itu, mendaftar secara online juga bisa menjadi antisipasi tatkala Anda lupa membawa persyaratan dokumen. Jika dilakukan secara offline, mungkin Anda harus bolak-balik jika memang ada berkas yang tertinggal.

Namun, mendaftar secara online tentunya membutuhkan kuota dan akses internet yang lancar. Dengan akses internet yang memadai, proses pendaftaran dan pengunggahan berkas lebih mudah dan lancar. Ini terhitung lebih murah jika dibanding harus bolak-balik ke kantor Grab yang kebetulan jauh dari rumah.

Baca Juga :  Inilah Alasan Mengapa RAM IPhone Tak Sebesar HP Android, Info Penting !

Untuk mendaftar Grab Car dengan sistem daring, cara berikut ini bisa Anda gunakan.

  • Buka website resmi Grab Car terlebih dahulu.
  • Lengkapi data-data yang tercantum pada formulir, seperti nama, nomor ponsel, domisili, serta jenis mengemudi (Grab Car).
  • Centang kotak yang bertuliskan “Saya menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku”.
  • Periksa kembali formulir yang sudah Anda isi, pastikan data terisi dengan benar dan lengkap.
  • Klik tombol “Daftar Sekarang” untuk melanjutkan proses pendaftaran.
  • Setelah mendaftar Anda akan mendapatkan SMS notifikasi dari Grab berisi link untuk melengkapi syarat pendaftaran. Klik link tersebut jika
  • SMS sudah masuk.
  • Anda akan dibawa ke laman yang berisi daftar berkas apa saja yang harus Anda unggah dalam bentuk foto. Baca beberapa syarat yang sebelumnya dijelaskan agar Anda tidak salah kirim berkas.
  • Grab akan memproses pengajuan Anda dalam waktu 1 x 24 jam.
  • Jika pengajuan diterima, pihak Grab akan mengirimkan SMS berisi link Online Training ke nomor terdaftar Anda. Dalam SMS itu juga terdapat ID beserta Password untuk login ke akun driver Grab Car.
  • Jika SMS tak kunjung Anda terima, hubungi pihak Grab untuk meminta pengiriman ulang atau bisa langsung ke kantor Grab.
  • Klik link tadi, kemudian selesaikan Online Training dengan cara menjawab seluruh topik dan kuis yang ditampilkan. Ulangi training sampai lulus jika di percobaan sebelumnya Anda belum dinyatakan lulus oleh pihak Grab.
  • Setelah lulus Online Training, Grab akan mengaktifkan akun Anda dalam kurun waktu 24 jam.
  • Anda sudah bisa bekerja dengan menggunakan akun Grab Car yang sebelumnya telah didaftarkan secara resmi.

Cara daftar Grab Car di atas sangat mudah jika memang Anda bersungguh-sungguh dan lolos kualifikasi untuk menjadi driver Grab Car. Jangan lupa untuk menyiapkan berkas-berkas sebelum mendaftar agar prosesnya bisa lebih cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *