cara daftar grabfood
cara daftar grabfood

Cara Daftar GrabFood Lengkap dengan Syaratnya 2021

Lingkarberita.com – Tingkatkan Penjualan Kuliner di Masa Pandemi, Ini Cara Daftar Jadi Mitra GrabFood, Di masa pandemi seperti sekarang ini dengan adanya pembatasan sosial tentu merugikan banyak orang, salah satunya pengusaha kuliner. Namun, para penjual bisa daftar GrabFood untuk mengembalikan usaha mereka agar tidak rugi di masa pandemi seperti sekarang ini.

Dengan menjadi mitra GrabFood, penjualan makanan bisa dilakukan secara take home dan tentunya bisa menghindari kerumunan. Untuk Anda yang hendak mendaftar sebagai mitra GrabFood, berikut beberapa langkah yang harus diikuti agar bisa disetujui pihak Grab.

Syarat Mendaftar GrabFood Terbaru

Sebelum melangkah ke cara mendaftar GrabFood, Anda harus melengkapi persyaratan-persyaratan yang dikeluarkan pihak Grab, seperti:

  • Profil kedai / restoran / warung secara lengkap, seperti nama, email, alamat, dan nomor telepon aktif
  • Foto Kartu Tanda Penduduk (KTP) pemilik tempat usaha kuliner
  • Foto NPWP asli, pihak Grab tidak menerima foto NPWP dari hasil foto kopian
  • Foto pemilik tempat usaha yang sedang memegang KTP, tulisan pada KTP harus jelas
  • Foto daftar menu yang dijual di tempat usaha kuliner Anda
  • Foto makanan yang ada dalam daftar menu
  • Foto penampakan tempat usaha dari luar, sebisa mungkin sudah dipasang spanduk agar nama tempat usaha terlihat jelas
  • Foto tempat usaha di bagian dalam, pastikan dapur, meja kasir, serta meja makan terlihat dengan jelas
  • Foto logo tempat usaha (bila ada)
  • Foto buku rekening bank pemilik usaha / tampilan e-banking juga bisa. Nomor rekening harus terlihat jelas
Baca Juga :  3+ Cara Daftar Gojek Terbaru 2021 Untuk Menambah Penghasilan

Baca Juga : Cara Daftar GoFood Terbaru Paling Lengkap 2021

Langkah-Langkah Daftar GrabFood

Setelah beberapa persyaratan seperti yang disebutkan di atas, Anda bisa langsung melakukan pendaftaran GrabFood dengan cara:

1. Mengisi Formulir untuk Mendaftar

Langkah pertama untuk memulai pendaftaran adalah dengan mengisi formulir pendaftaran GrabFood yang bisa diakses melalui website resmi GrabFood. Isi data-data yang tercantum pada formulir dengan benar dan apa adanya, jangan sampai salah ketik atau typo.

Di dalam formulir tersebut Anda harus menuliskan nama tempat usaha kuliner, email, alamat, dan lain sebagainya. Kirim formulir yang telah diisi untuk mendapatkan email verifikasi dari pihak Grab sebagai tanda telah membaca pengajuan pendaftaran GrabFood Anda.

Setelah mendapatkan email, Anda harus melakukan verifikasi dalam kurun waktu 72 jam setelah pendaftaran diajukan. Jika terlambat Anda akan diminta mengisi ulang formulir seperti langkah sebelumnya.

2. Mengisi Informasi Tempat Usaha

Setelah verifikasi berhasil dilakukan, langkah selanjutnya Anda akan diminta masuk ke laman “Help” yang ada di situs resmi milik Grab. Nantinya Anda harus mengisi formulir pendaftaran mengenai detail toko. Isi informasi secara lengkap dan tidak ada yang terlewatkan.

Beberapa hal yang harus diisi antara lain adalah nama tempat usaha kuliner, jadwal operasionalnya, jenis, isi, serta menu makanan yang tersedia beserta harga dan fotonya.

Jangan menggunakan foto dari internet karena akan ditampilkan di aplikasi GrabFood nantinya agar pembeli tidak merasa tertipu. Foto apa adanya dengan tampilan sebaik mungkin agar bisa menarik pembeli. Setelah semuanya terisi, periksa kembali agar salah ketik bisa dihindari.

3. Tandatangan Kontrak dengan GrabFood

Setelah mengisi formulir detail toko selesai, Anda akan diminta untuk menandatangani kontrak dengan GrabFood. Anda perlu melakukan tanda tangan kontrak pada formulir yang dikirimkan melalui email balasan dari Grab.
Tanda tangan tersebut merupakan sebuah bukti bahwa Anda bersedia dan bersungguh-sungguh ingin menjadi mitra GrabFood.

Baca Juga :  Ini Dia Cara Daftar Grab Car Lengkap Terbaru Dijamin Sukses (2021)

4. Email Verifikasi Outlet

Setelah sebelumnya Anda mengisikan detail informasi mengenai tempat usaha yang didaftarkan ke GrabFood, pihak Grab akan memeriksa formulir tersebut. Anda akan menerima email verifikasi saat formulir tersebut sudah disetujui.
Seperti email verifikasi sebelumnya, Anda juga perlu melakukan verifikasi outlet dalam tenggang waktu 72 jam setelah email diterima. Untuk memverifikasinya, cukup klik link yang tercantum dalam pesan email.
Jika Anda kehilangan email tersebut, silakan hubungi tim telesales GrabFood untuk meminta link konfirmasi dikirimkan kembali.

5. Proses OVO

OVO memungkinkan pembeli dapat melakukan pembayaran pesanan tanpa uang tunai, melainkan menggunakan uang elektronik. Di masa pandemi seperti sekarang ini, peran OVO sangat penting dalam pesanan makanan secara online seperti GrabFood.

Dengan pembayaran menggunakan OVO pembeli tidak perlu melakukan kontak dengan driver Grab yang nantinya mengantar pesanan. Untuk itulah proses OVO ini sangat penting diperhatikan agar proses pengajuan mitra GrabFood berjalan lancar.

Di proses ini nantinya pendaftar akan mengaktifkan akun OVO dengan membuat rekening penjual. Setelah itu, proses akan dilanjutkan dengan tahap validasi akun OVO dengan tempat usaha kuliner.

6. Training

Setelah proses selesai dan Anda mendapatkan akun GrabFood, langkah selanjutnya adalah mendapatkan training dari pihak GrabFood. Training yang dikirim melalui email tersebut disampaikan dalam materi-materi yang bisa Anda baca sendiri.
Adapun isi pelatihan tersebut meliputi cara penggunaan GrabFood dalam aplikasi Grab serta pengaktifan akun.

Hal yang Perlu Diingat pada Pendaftaran GrabFood

1. Perhitungan Pajak Produk Makanan / Minuman

Berkaitan dengan pajak, memang ada produk makanan dan minuman yang dikenai pajak oleh pemerintah. Untuk itu, bagi produk yang dikenakan pajak, tulis harganya setelah ditambahkan dengan besarnya nominal pajak tersebut.

Jika produk makanan dan minuman yang dijual tidak dibebani pajak, Anda hanya perlu menuliskan harga seperti yang dijual biasanya atau harga sebenarnya.

Baca Juga :  6 Aplikasi Android untuk Cek Pulsa dan Sisa Kuota Internet (Semua Operator)

2. Titik Koordinasi Lokasi Usaha Kuliner

Karena berkaitan dengan penggunaan Google Maps saat pemesanan makanan oleh driver Grab, Anda perlu mengetahui lokasi secara akurat. Caranya adalah dengan langsung memeriksa Google Maps mengenai lokasi usaha yang didaftarkan.

Buka aplikasi Google Maps terlebih dahulu, selanjutnya masukkan alamat atau lokasi usaha Anda. Cek titik koordinasi lokasi kemudian geser dan tahan pin berwarna merah untuk memunculkan keterangan “Dropped Pin” atau “Pin Dipasang”.

Untuk melanjutkan, klik “Info Selengkapnya” yang ada di bagian pojok kiri bawah.

3. Perundingan Sistem Bagi Hasil

Setelah GrabFood sukses membantu Anda meningkatkan penjualan produk makanan dan minuman yang dijual, lantas dari mana mereka mendapat keuntungan?
Mungkin pertanyaan di atas menjadi salah satu hal yang terbesit dalam pikiran Anda.

Memang pihak Grab nantinya akan bernegosiasi dengan Anda mengenai sistem bagi hasil hingga tercapai kesepakatan.
Misalnya, Anda memberikan harga untuk makanan yang dijual sebesar Rp30.000,00.

Maka sebesar Rp9.000,00 adalah keuntungan yang menjadi hak dari Grab. Keuntungan tersebut merupakan imbalan bagi pihak Grab yang telah mempermudah Anda untuk menemukan pembeli.

Namun, biasanya pihak Grab akan mendapatkan hasil sekitar 15% – 30% dari keseluruhan pemesanan yang Anda terima. Karena besarnya sistem bagi hasil ini, penjual biasanya berinisiatif untuk menaikkan harga jual makanan atau minuman agar tidak rugi.

Jika tempat usaha Anda memang sedang sepi pembeli, GrabFood bisa menjadi pilihan untuk menaikkan penjualan. Namun, jika memang penjualan sudah tinggi dari awal, GrabFood menjadi pihak yang bisa membantu Anda meluaskan pasar.

Meskipun sistem bagi hasil mungkin memberatkan Anda, namun akan ada banyak manfaat yang didapatkan saat daftar GrabFood. Beberapa langkah di atas bisa digunakan saat hendak mendaftar menjadi mitra GrabFood.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *