6+ Cara Mengatasi SMS Verifikasi Google Play Store

lingkarberita.com – Pernah nggak sih kamu kesulitan dapetin SMS verifikasi dari Google Play Store? Masalah ini bisa bikin bete dan malah ngehalangin akses kamu ke berbagai layanan penting, lho.

Nah, di artikel ini, kita bakal bahas berbagai trik jitu buat atasin masalah ini. Mulai dari cek koneksi dan setelan ponsel, pahamin pentingnya Verifikasi 2 Langkah, sampe pake trik keren dengan Perintah Google. Jangan lupa aktifin juga Google Play Protect dan tau caranya minta kode verifikasi yang baru.

Jadi, nggak perlu lagi deh bingung atau kesel saat hadapin masalah ini.

Yuk langsung aja kita bahas!

6+ Cara Mengatasi SMS Verifikasi Google Play Store Tidak Diterima

6+ Cara Mengatasi SMS Verifikasi Google Play Store Tidak Diterima

Cara Mengatasi SMS Verifikasi Google Play Store Tidak Diterima

1. Cek Koneksi dan Setelan Ponselmu

Ini dia beberapa langkah simpel buat memastikan koneksi dan setelan ponselmu udah oke:

  1. Koneksi Data atau Wi-Fi: Pertama, pastiin dulu deh kalo ponselmu terhubung sama koneksi data atau Wi-Fi yang stabil. Koneksi yang nggak stabil bisa jadi bikin SMS verifikasi nggak nyampe-nyampe. Kalo ada masalah sama koneksi, coba deh nge-restart ponsel, ganti-ganti antara Wi-Fi dan data seluler, atau cek indikator sinyal.
  2. Mode Pesawat: Pastiin juga kalo mode pesawat di ponselmu nggak aktif. Soalnya, kalo mode pesawat aktif, semua koneksi jaringan putus, termasuk kemampuan buat nerima SMS. Kamu bisa cek dan atur mode pesawat di menu ‘Setelan’ di ponselmu, di bagian ‘Jaringan & internet’.
  3. Terima SMS: Terakhir, pastiin deh kalo ponselmu bisa nerima SMS dengan lancar. Kalo ada masalah sama nerima SMS, coba hapus cache, atur ulang pengaturan SMSC, atau masukkin SIM card ke ponsel lain buat cek apakah masalahnya ada di ponsel atau jaringan.

2. Pahami Verifikasi 2 Langkah, Ya!

Nih, Verifikasi 2 Langkah alias autentikasi dua faktor ini punya peran penting banget.

Gini cara kerjanya!

Langkah Login: Prosesnya dimulai dengan login pake username dan password kayak biasanya.

Langkah Verifikasi: Setelah masukin sandi, kamu bakal diminta buat ngelewatin langkah kedua. Biasanya, ini melibatkan ponselmu. Kamu bisa milih buat ngetap perintah login yang dikirim Google ke ponselmu, atau masukin kode yang dikirim lewat SMS.

Pentingnya Verifikasi 2 Langkah:

  • Keamanan Ekstra: Jadi, ada lapisan keamanan ekstra, biar cuma kamu yang bisa masukin akunmu. Berguna banget kalo sandimu tiba-tiba jadi milik orang lain.
  • Login yang Lebih Jarang: Kamu nggak perlu sering-sering login. Verifikasi 2 Langkah cuma dibutuhin kalo kamu pake perangkat baru atau Google lagi perlu pastiin kalo itu bener-bener kamu.
  • Kode Cadangan: Kalo ponselmu nggak bisa dipake, ada kode cadangan sebagai penyelamat. Kamu bisa download atau cetak kode ini, terus simpen di tempat yang aman.
  • Pemulihan Akun: Kalo ponsel hilang atau nggak bisa diakses, email pemulihan bisa bantu kamu buat login. Pastiin info pemulihanmu selalu up-to-date ya.

3. Gunain Perintah Google

Apa Itu Perintah Google? Perintah Google bikin kamu bisa verifikasi identitas cuma dengan ngetuk notifikasi di ponsel.

Lebih simpel dari pada masukin kode verifikasi, dan ngasih keamanan ekstra buat akunmu, terutama dari risiko kayak tukeran SIM sama peretasan lewat nomor telepon.

Gimana Cara Pakenya?

  • Persyaratan Perangkat: Buat pakai Perintah Google, ponselmu harus Android dengan layanan Google Play yang paling baru, atau iPhone dengan aplikasi kayak Smart Lock, Gmail, Google Foto, YouTube, atau aplikasi Google lainnya.
  • Aktivasi Verifikasi 2 Langkah: Setelah aktifin Verifikasi 2 Langkah, biasanya bakal muncul notifikasi push atau Perintah Google pas lagi login.
  • Setuju atau Nolak Login: Dari notifikasi yang muncul, bisa pilih ‘Ya’ buat ngizinin login, atau ‘Tidak’ kalo ngerasa itu bukan kamu yang lagi coba login.

Keamanan Ekstra sama Perintah Google

  • Lindungin dari Peretasan Nomor Telepon: Dengan Perintah Google, verifikasinya lebih aman soalnya kode dikirim cuma ke perangkat yang lagi kamu pake, bukan lewat SMS yang bisa lebih gampang dicolong.
  • Konfirmasi Login Tambahan: Kadang-kadang, Google bakal minta kamu ngetuk notifikasi buat ngekonfirmasi kalo emang kamu lagi login.

4. Aktifin Google Play Protect

Google Play Protect bakal otomatis cek aplikasi yang kamu unduh dari Google Play Store, terus melindungi perangkatmu dari aplikasi yang bisa bikin masalah.

Nah, yuk kita bahas cara aktifinnya!

Cara Aktifin Google Play Protect:

  1. Buka Google Play Store: Pertama-tama, buka aplikasi Google Play Store di HP Androidmu.
  2. Akses Menu: Trus, ketuk ikon profil yang ada di pojok kanan atas layarmu buat buka menu.
  3. Pilih Play Protect: Dari situ, cari dan ketuk opsi “Play Protect”.
  4. Aktifin Fitur: Biasanya, Google Play Protect udah aktif sendiri. Tapi, kalo belum, kamu bisa nyalain fitur ini dengan milih opsi “Pindai aplikasi dengan Play Protect”.

5. Minta Kode Verifikasi Baru

Nggak usah khawatir, ada cara simpel buat ngeatasi ini.

Kamu bisa minta Kode Verifikasi Baru. Ini nih langkah-langkahnya yang bisa kamu ikutin.

Cara Minta Kode Verifikasi Baru:

  1. Buka Akun Google: Pertama, buka akun Google-mu di browser yang lagi kamu pake.
  2. Masukin Info Login: Ketik alamat email atau nomor HP-mu, terus klik ‘Berikutnya’.
  3. Pilih ‘Lupa Kata Sandi’: Kalo diminta masukin kata sandi tapi belum dapet kode verifikasinya, klik ‘Lupa kata sandi’ aja.
  4. Coba Cara Lain: Trus, bakal muncul tautan ‘Coba cara lain’. Klik aja tuh tautannya.
  5. Verifikasi dengan Kode: Selanjutnya, pilih opsi buat verifikasi akunmu lewat kirim kode verifikasi.
  6. Verifikasi Kata Sandi Gmail: Lanjutnya, kamu diminta buat verifikasi kata sandi akun Gmail-mu.
  7. Login Ulang ke Akun Gmail: Setelah masukin kode verifikasinya, coba login lagi ke akun Gmail-mu.

6. Atasi Masalah dengan Aplikasi

Kalo kejadian kayak gitu sama kamu, nggak usah cemas. Ada beberapa langkah yang bisa kamu coba buat ngatasi masalahnya. Ayo, kita bahas satu-satu.

Langkah-langkah Atasi Masalah dengan Aplikasi:

  1. Keluar dan Mulai Ulang Aplikasi: Langkah pertama, keluar dari aplikasi trus buka lagi. Biasanya, ini bisa menyegarkan aplikasi dan atasi masalah kecil.
  2. Cek Koneksi Internet: Pastiin kamu punya koneksi internet yang stabil. Kalo koneksi lemah, coba sambungin ke Wi-Fi atau periksa koneksi data seluler.
  3. Periksa Ruang Penyimpanan: Kalau penyimpanan penuh, aplikasi bisa jadi nggak berfungsi baik. Jadi, pastiin kamu punya cukup ruang di HP-mu.
  4. Periksa Update Sistem Android: Kadang-kadang, masalahnya dari sistem Android yang belum di-update. Cek pengaturan sistem di HP-mu, dan lihat ada update yang bisa diambil atau enggak.
  5. Mulai Ulang HP: Kalo masalahnya masih ada, coba restart HP-mu. Ini bisa bantu menyegarkan sistem secara keseluruhan.
  6. Uninstal Aplikasi: Kalo masalahnya keras kepala, mungkin kamu perlu uninstall aplikasi itu. Buka Google Play Store, cari aplikasi yang bermasalah, terus uninstall.
  7. Instal Ulang Aplikasi: Setelah di-uninstall, coba install ulang aplikasi itu dari Google Play Store.

Semoga bermanfaat!