5+ Cara Mengatasi Baterai Laptop Charging Tapi Tidak Mengisi

5+ Cara Mengatasi Baterai Laptop Charging Tapi Tidak Mengisi – Pernahkah kamu mengalami kesulitan saat baterai laptopmu tidak bisa terisi saat di-charge? Pasti merasa kesal kan? Selain membuatmu terbatas dalam penggunaan laptop, masalah ini juga bisa merusak produktivitasmu.

Kadang-kadang, kita langsung berpikir bahwa satu-satunya solusi adalah mengganti baterai laptop saat menghadapi situasi seperti ini.

Namun, sebenarnya ada beberapa Cara Mengatasi Baterai Laptop Charging Tapi Tidak Mengisi. Dalam artikel ini, akan diberikan solusi-solusi praktis untuk mengatasi masalah tersebut.

Yuk kita mulai!

5+ Cara Mengatasi Baterai Laptop Charging Tapi Tidak Mengisi

5+ Cara Mengatasi Baterai Laptop Charging Tapi Tidak Mengisi

Penyebab Baterai Laptop Charging Tapi Tidak Mengisi

Pasti kamu pernah kesel kan saat baterai laptop sudah di-charge tapi kok nggak mau nambah? Tenang aja, sekarang kita akan bahas beberapa penyebab umumnya:

  • Adaptor Bermasalah

Kenapa ya? baterai laptop kok nggak nambah padahal sudah dicharge? Coba cek adaptornya dulu. Adaptor yang bermasalah bisa jadi penyebabnya lho! Kalau adaptornya rusak atau nggak berfungsi dengan baik, baterai laptop kamu nggak bakal terisi dengan cukup.

  • Port Pengisian Rusak

Ternyata port pengisian juga bisa bikin masalah loh! Kalau port pengisian rusak atau kotor, baterai laptop nggak akan terisi saat di-charge.

Jadi, bayangkan port ini sebagai jembatan yang nggak bisa menghubungkan adaptor dengan baik. Akibatnya, tenaga yang masuk ke laptop nggak cukup buat mengisi baterai.

  • Driver Baterai Bermasalah

Nah, ini dia penyebab lain yang sering terlewatkan. Driver baterai yang sudah tua atau bermasalah bisa bikin laptop nggak paham atau tidak bisa mengatur pengisian baterai dengan benar.

  • Baterai Laptop Rusak

Ini dia, penyebab paling parah! Baterai laptop yang sudah rusak atau usang memang nggak akan bisa diisi lagi, meskipun di-charge sepanjang hari.

Kalau sudah begini, bisa-bisa kamu harus mengeluarkan uang untuk beli baterai baru atau bahkan laptop baru.

Mengatasi Masalah Baterai Laptop yang Tidak Mengisi Saat Di-Charge

Kamu Bisa Coba Langkah Ini! Tenang, Ada beberapa Cara Mengatasi Baterai Laptop Charging Tapi Tidak Mengisi. Yuk, simak langkah-langkahnya:

  1. Periksa Kondisi Adaptor

Sebelum panik dan mengira baterai laptop bermasalah, cek dulu adaptornya. Pastikan kabelnya tidak rusak, colokannya masih kuat terhubung, dan tidak ada kerusakan fisik lainnya.

Kalau perlu, pinjam adaptor dari teman yang memiliki laptop serupa. Coba gunakan adaptor tersebut untuk mengisi bateraimu. Jika baterai bisa terisi, mungkin masalahnya ada pada adaptor. Pertimbangkan untuk mengganti adaptor yang baru.

  1. Periksa Port

Pengisian Selain adaptor, jangan lupa periksa port pengisian juga. Terkadang, port ini bisa kotor dan terisi debu, sehingga baterai sulit terisi.

Coba bersihkan port pengisian dengan lembut menggunakan kuas atau tisu yang sedikit dibasahi dengan alkohol. Setelah dibersihkan, coba charge bateraimu lagi.

Jika setelah dibersihkan baterai masih tak mau terisi, mungkin port pengisian sudah rusak dan perlu diperbaiki. Lebih baik bawa ke ahli servis untuk diperiksa.

  1. Update Driver

Baterai Driver baterai yang usang atau bermasalah dapat menjadi penyebab baterai laptop tidak terisi. Kamu bisa mengatasinya dengan mudah lho. Caranya?

  • Buka “Device Manager” di laptopmu.
  • Cari bagian “Batteries” dan klik panah untuk melihat daftar driver baterai.
  • Klik kanan pada masing-masing driver dan pilih “Update driver”.
  • Setelah selesai, restart laptopmu dan coba charge lagi.
  1. Lepas dan Pasang

Cara sederhana yang bisa dicoba adalah melepas dan memasang kembali baterai laptop. Kadang, masalahnya hanya pada koneksi baterai yang tidak tepat. Matikan laptop, lalu lepaskan baterai dengan hati-hati.

Kemudian, pasang baterai kembali dengan benar dan pastikan posisinya cocok. Nyalakan laptop dan coba lakukan pengisian ulang. Siapa tahu, langkah ini bisa berhasil mengisi baterai laptopmu.

  1. Kalibrasi Baterai Laptop

Pernah mendengar tentang “kalibrasi baterai”? Proses ini penting untuk memastikan baterai laptop terisi dengan baik dan memiliki umur yang lebih panjang. Caranya sangat sederhana:

  • Isi baterai laptop hingga penuh 100%.
  • Biarkan laptop menyala hingga baterainya benar-benar habis dan mati sendiri.
  • Isi ulang baterai hingga penuh 100%.

Langkah-langkah ini disebut kalibrasi baterai, dan dapat menjaga baterai laptopmu tetap sehat dan tahan lama. Jangan lupa untuk secara rutin melakukan kalibrasi, ya!

Tips Menjaga Kesehatan Baterai Laptop Agar Lebih Awet

Kamu Bisa Ikuti Tips Ini! Supaya baterai laptopmu tetap fit dan tahan lama, ada beberapa tips simpel yang penting buat kamu tahu. Yuk, simak tips-tips berikut ini:

  1. Pilih Suhu Ruangan yang Pas

Tahu nggak, baterai laptop juga bisa merasa nyaman dengan suhu yang tepat. Jadi, sebaiknya gunakan laptop di ruangan yang suhunya ideal, sekitar 20-25 derajat Celsius.

Jangan biarkan laptopmu kepanasan atau kedinginan ya! Ingat, baterai juga butuh lingkungan yang cocok.

  1. Jangan Gunakan Laptop Saat Sedang Di-Charge

Saat baterai lagi di-charge, sebaiknya kamu jangan terlalu banyak menggunakannya dulu. Kenapa? Karena bermain game atau menonton film saat baterai di-charge bisa membuat baterai cepat rusak dan tidak bertahan lama.

Untuk menjaga kesehatan baterai laptop, lebih baik bersabar sejenak dan tunggu sampai baterai terisi sepenuhnya!

  1. Lakukan Kalibrasi Baterai Secara Berkala

Mungkin kamu masih ingat kan cara kalibrasi baterai dari penjelasan sebelumnya? Nah, agar baterai laptopmu tetap prima, jangan lupa untuk melakukan kalibrasi secara teratur ya!

Cukup lakukan kalibrasi baterai sekitar setiap 2-3 bulan. Dijamin, baterai laptopmu akan tetap sehat dan tahan lama. Siapa tahu dengan begini, kamu bisa menghemat uang untuk tidak perlu membeli baterai baru kan?

Kesimpulan

Nah, itulah berbagai macam Cara Mudah Mengatasi Masalah Baterai Laptop yang Tak Bisa Terisi Saat Di-Charge. Udah deh, kita sudah selesai membahas artikel ini beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah baterai laptop yang ogah ngisi saat di-charge.

Ingat ya, jangan langsung panik dan berpikir mau beli baterai baru apalagi laptop baru. Sebelumnya, cek dulu hal-hal yang sudah dijelaskan di artikel ini. Mungkin masalahnya cuma adaptor yang bermasalah, port pengisian yang rusak, driver baterai yang kurang oke, atau mungkin baterai perlu kalibrasi.

Tak hanya itu, agar baterai laptop kamu tetap fit, ada tips-tips yang perlu kamu perhatikan. Hindari pakai laptop saat di-charge, gunakan laptop di suhu yang pas tidak dingin sekali apalagi panas, dan jangan lupa kalibrasi baterai secara rutin.

Dengan Cara Mengatasi Baterai Laptop Charging Tapi Tidak Mengisi ini, kamu bisa bikin baterai laptopmu bertahan lebih lama dan hemat uang buat beli yang baru. Oh iya, kalau semua Cara Mengatasi Baterai Laptop Charging Tapi Tidak Mengisi sudah dicoba tapi baterai masih bandel juga, lebih baik langsung bawa ke ahli servis yang bisa kamu percaya ya, biar dicheck lebih lanjut.

Semoga tulisan ini bermanfaat dan bisa bantu kamu mengatasi masalah baterai laptop yang ogah terisi. Yuk, jaga baterai laptopmu dengan baik!