10+ Cara Agar Baterai HP Awet dan Anti Boros

Kak Rey

10+ Cara Agar Baterai HP Awet dan Anti Boros – Mempertahankan daya tahan baterai HP yang lama tentunya menjadi impian buat Kamu yang menggunakannya. Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk menjaga baterai HP agar tetap awet.

Sebagai pengguna HP, kita semua menyadari bahwa kita hampir tidak pernah terpisahkan dari perangkat ini. Baik itu untuk keperluan pekerjaan, berinteraksi di media sosial, streaming, bermain game, atau bahkan berkomunikasi dengan orang lain.

Sebagai pengguna HP, mungkin Kamu pernah mengalami baterai HP boros dan cepat habis, meskipun sebelumnya baterai HP Kamu dapat bertahan cukup lama. Masalah ini dapat terjadi pada berbagai merek HP, mulai dari Xiaomi, Samsung, hingga iPhone.

Namun, sebelum membahas tentang cara agar baterai HP awet, penting untuk memahami penyebab mengapa baterai HP dapat cepat habis padahal tidak digunakan.

Penyebab Baterai HP Cepat Habis

Pasti Kamu kesal ketika baterai HP cepat habis, padahal kapasitas baterai besar dan sedang tidak dipakai, namun cepat tetap saja baterai cepat habis.

  • Sinyal Buruk

Salah satu penyebab baterai cepat habis yang pertama adalah adanya sinyal yang buruk. Keadaan ini mengakibatkan HP Kamu bekerja keras untuk mencari pemancar sinyal terdekat. Jika Kamu berada di area dengan sinyal yang lemah, sebaiknya mematikan penggunaan data seluler (mobile data) untuk menghemat daya baterai.

  • Akses GPS di Aplikasi

Beberapa aplikasi meminta izin penggunaan lokasi pada HP saat Kamu menggunakannya. Contohnya adalah Google Maps dan aplikasi online seperti Gojek. Hal ini menyebabkan baterai HP Kamu bekerja ekstra untuk memancarkan sinyal lokasi Kamu.

  • Fitur Sinkronisasi Menyala

Sebenarnya fitur ini dapat menguras baterai dan kuota dengan cepat. Namun, fitur ini penting karena dapat secara otomatis mencadangkan data Kamu dengan mengunggahnya ke Google Drive.

  • Banyak Notifikasi

Banyak orang tidak menyadari bahwa kumpulan notifikasi yang menumpuk di HP sebenarnya dapat menjadi penyebab baterai HP Kamu cepat habis.

  • Baterai Rusak

Alasan terakhir tentunya soal kondisi baterai itu sendiri yang mungkin telah mengalami kerusakan. Sebagian besar HP modern saat ini menggunakan baterai yang tidak dapat dilepas (baterai tanam).

Cara Agar Baterai HP Awet Tanpa Aplikasi

Setelah Kamu mengetahui penyebab mengapa baterai HP Kamu cepat habis meskipun jarang digunakan, sekarang saatnya mencari tahu cara agar baterai HP awet dan tahan lama.

1. Matikan Fitur Smart Stay

Cara agar baterai HP awet pertama untuk menjaga baterai HP Kamu agar awet adalah dengan mematikan fitur Smart Stay yang ada di sebagian besar HP Samsung atau HP lainnya.

Fitur ini membuat layar HP tetap menyala selama Kamu menatapnya, dan hal ini dapat menguras baterai dengan cepat. Jika layar HP terus menyala terus-menerus, baterainya akan terkikis sedikit demi sedikit.

2. Power Saving Mode

Jika kamu masih menggunakan sistem operasi Android Lollipop, kamu bisa menghemat daya baterai HP Android dengan menggunakan fitur Power Saving Mode, hal ini menjadi cara agar baterai HP awet.

Dalam mode ini, semua fitur di HP yang mengonsumsi baterai akan dibatasi, seperti kecerahan layar, WiFi, koneksi seluler, dan GPS.

3. Nonaktifkan Aplikasi Bawaan

Hampir semua perusahaan HP menginstal aplikasi bawaan yang tidak dibutuhkan, adapun juga dikenal sebagai bloatware. Sebenarnya, ini bisa merugikan konsumen karena mereka mendapatkan aplikasi yang dipaksakan pada HP mereka dan banyak orang tidak tahu bagaimana cara menghapusnya.

Nah, salah satu cara agar baterai HP awet yang bisa kamu lakukan untuk menonaktifkan bloatware adalah dengan masuk ke menu “Pengaturan”, lalu pilih “Aplikasi”, dan kemudian pilih “Nonaktifkan”.

4. Tidak Sembarangan Instal Aplikasi

Saat kamu ingin menginstal aplikasi baru, penting untuk tetap berhati-hati. Memang, ada banyak aplikasi menarik di PlayStore atau AppStore, tapi jangan sampai kamu menginstal banyak aplikasi yang tidak perlu.

Banyak aplikasi yang dapat menguras baterai HP dengan cepat karena terus-menerus menghabiskan lokasi Android. Salah satu cara agar baterai HP awet yang bisa kamu lakukan adalah dengan menghapus aplikasi yang banyak menggunakan RAM dan daya baterai.

5. Membatasi Penggunaan Aplikasi

Kalau HP kamu banyak aplikasi yang jalan bersama, itu bisa buat baterai cepat habis.

Kamu bisa cek aplikasi yang sedang jalan di latar belakang. Caranya, masuk ke menu “Pengaturan”, terus pilih “Baterai”, dan pilih “Penggunaan Baterai”.

6. Menghindari Auto Brightness

Fitur Auto Brightness sebenarnya sangat berguna karena dapat mengatur kecerahan layar secara otomatis sesuai dengan kondisi cahaya sekitar. Namun, perlu diingat bahwa tampilan layar yang terlalu terang dapat menguras baterai HP dengan cepat. Semakin terang layar, semakin banyak daya baterai yang digunakan.

7. Mematikan Fitur Motions dan Gestures

Cara agar baterai HP awet selanjutnya mematikan Fitur Motions dan Gestures memang memudahkan kita dengan melakukan perintah hanya dengan gerakan khusus di layar. Misalnya, saat kita ingin mengambil tangkapan layar atau mengabaikan panggilan telepon.

Namun, ada baiknya kita mematikan fitur ini untuk menghemat baterai HP kita.

8. Jangan Menggunakan Live Wallpaper

Kalau kamu masih menggunakan live wallpaper, sebaiknya mulai menghindarinya sekarang. Walaupun live wallpaper membuat tampilan HP jadi lebih menarik, faktanya hal tersebut berdampak pada daya tahan baterai yang lebih cepat habis. Cara agar baterai HP awet adalah sebisa mungkin jangan menggunakannya.

9. Menggunakan Background Gelap

Banyak orang menyukai penggunaan latar belakang gelap pada HP karena latar belakang tersebut tidak membuat mata cepat lelah atau terpapar cahaya yang terlalu terang. Ternyata, penggunaan latar belakang berwarna hitam ini sangat bermanfaat untuk HP yang menggunakan panel AMOLED.

Penjelasannya adalah, layar AMOLED kurang tahan terhadap warna yang cerah, terutama warna putih. Penggunaan warna putih yang dominan pada layar AMOLED dapat mempengaruhi daya tahan baterai HP. Sebaliknya, menggunakan latar belakang berwarna hitam pada HP dengan panel AMOLED dapat membantu menghemat daya baterai.

10. Jangan Charge HP Saat Digunakan

Ketika baterai HPmu cepat terkuras saat sedang diisi maka kejadian ini disebut sebagai “Parastic load”. Ini biasanya terjadi saat kita mengisi baterai sambil menggunakan aplikasi yang boros seperti bermain game.

Parastic load bisa merusak baterai karena bisa mengganggu siklus pengisian atau arus listrik saat kita mengisi ulang baterai. Terutama jika parastic load terjadi saat baterai sudah penuh, itu bisa menyebabkan tegangan yang tinggi dan membuat baterai jadi panas.

Untuk menghindarinya, satu-satunya cara yang masuk akal adalah dengan mematikan HP agar tidak ada aktivitas selain pengisian daya. Jika ada kebutuhan mendesak, gunakan HP dengan seperlunya agar beban kerja ponsel lebih ringan.

11. Jangan Instal Aplikasi Penghemat Baterai

Cara agar baterai HP awet terakhir untuk menghemat baterai HP adalah dengan tidak menggunakan aplikasi penghemat baterai. Sebab, aplikasi ini justru akan membebani kinerja HP.

Kenapa kok bisa? Karena aplikasi semacam itu hanya akan menambah aktivitas di latar belakang dan mengonsumsi lebih banyak memori, padahal tujuannya sebenarnya adalah untuk menghemat baterai dengan mengurangi aplikasi yang berjalan.

Menambahkan aplikasi semacam itu sebenarnya secara tidak langsung akan membebani kinerja HP dan berdampak pada konsumsi baterai.

Artikel Terkait

Bagikan: