Naik Transjakarta Pakai Kartu Apa

Kak Rey

Naik Transjakarta Pakai Kartu Apa - , 13/10 - Di lini masa media sosial, para pecinta kereta api dan penumpang Commuter Line dikejutkan dengan kabar Multi Trip atau KMT Card yang dikeluarkan KAI Commuter bisa digunakan untuk perjalanan di MRT Jakarta dan TransJakarta.

KAI Komuter bersama JakLingko saat ini sedang melakukan uji coba menggunakan KMT untuk menempuh berbagai moda transportasi di Jakarta seperti MRT Jakarta, LRT Jakarta dan TransJakarta. Eksperimen ini bertujuan untuk mengintegrasikan penggunaan KMT untuk moda transportasi lain selain Suburban Line.

Naik Transjakarta Pakai Kartu Apa

Naik Transjakarta Pakai Kartu Apa

Tim REDaksi juga mencoba menggunakan KMT untuk moda transportasi selain Suburban Line. Mulai dari MRT Jakarta bukan seperti kartu roaming atau kartu bank untuk pengguna KMT yang mau

Sistem Baru Transjakarta, Cek Aturan Wajib 1 Kartu 1 Penumpang

. Namun, pembacaan kartu masih cukup lambat. Selain itu, KMT masih belum bisa digunakan di mesin

Selain itu, untuk LRT Jakarta, seperti halnya MRT Jakarta, area baca KMT ditempatkan terpisah dari pintu gerbang. KMT dapat dibaca menggunakan mesin keran Jak Lingko yang ada di atas mesin. KMT juga dapat digunakan pada mesin built-in gate yang menghubungkan Stasiun LRT Velodrom ke Stasiun TransJakarta Remaja Rawamangun.

Seperti dilansir dari siaran pers KAI Commuter, Vice President Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan pihaknya menyambut baik uji coba KMT di berbagai moda transportasi di Jakarta. Ia berharap dengan menggunakan KMT sebagai moda pembayaran di Jakarta akan memudahkan pengguna dalam menggunakan moda Commuter Line yang diperpanjang.

Ia juga menjelaskan aturan saldo minimal dan sanksi tetap mengikuti aturan yang berlaku pada masing-masing moda transportasi. (MERAH/BTS)

Kini Naik Busway Bisa Pakai Kmt Commuter Line

Terima kasih telah mempercayai kami sebagai laporan berita kereta api Anda. Bermisi sebagai media independen dan berbasis bukti, RE Digest sejauh ini dijalankan dengan biaya pribadi masing-masing Tim EDITORIAL.

Itu sebabnya kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5.000 sebulan, Anda sudah membantu kami terus berjalan dan berkembang. Bagikan dukungan dan donasi Anda melalui tautan Trakteer di bawah ini. Kini ada dua pilihan pembayaran Transjakarta yang sama-sama mudah digunakan, yaitu kartu e-money dan tiket QR. Pelanggan dapat memilih salah satu!

Sebuah revolusi besar telah diterapkan pada layanan angkutan umum TransJakarta melalui penggunaan teknologi. Berbagai layanan dikemas dalam bentuk digital untuk memudahkan warga DKI menggunakan moda transportasi ini. Lompatan yang relatif besar adalah pembayaran faktur sekarang tanpa uang tunai.

Naik Transjakarta Pakai Kartu Apa

Saat ini terdapat dua pilihan pembayaran di Transjakarta yaitu kartu e-money dan tiket QR. Keduanya sama-sama mudah digunakan dan sama-sama cashless. Tidak ada sentuhan umum untuk mengirimkan pembayaran seperti sebelumnya. Sehingga ini juga lebih aman dari kemungkinan penyebaran wabah Covid-19 yang sedang berlangsung.

Sebagian Mesin Pembaca Kartu Di Bus Transjakarta Tak Berfungsi

Kartu uang elektronik digunakan untuk membayar biaya tol. Diantaranya adalah Jak Lingko, e-Money Mandiri, Tapcash BNI, Flazz BCA, Brizzi BRI dan Jakcard Bank DKI.

Kartu Jak Lingko dapat dibeli di halte Transjakarta atau stasiun MRT yang terintegrasi dengan Jak Lingko. Sedangkan isi ulang dapat dilakukan melalui ATM Bank DKI, BNI dan lainnya. Untuk kartu e-money lainnya yang dibeli di masing-masing bank penerbit. Demikian pula isi ulang dapat dilakukan menggunakan ATM.

Untuk membayar di Transjakarta menggunakan kartu e-money, cukup sambungkan ke card reader yang tersedia di bus. Maka saldo akan terpotong secara otomatis.

Tiket QR untuk pembayaran TransJakarta menggunakan e-money LinkAja yang terdapat di aplikasi Tije. Syarat utamanya adalah pelanggan sudah menginstal aplikasi Tije dan LinkAja di smartphone dan melakukan registrasi.

Pelajar Pemegang Kjp Gratis Naik Transjakarta Mulai Hari Ini

Penggunaan tiket QR memiliki beberapa keuntungan. Ini termasuk kemampuan untuk membeli tiket secara online di mana saja dan kapan saja, teknologi tanpa kontak, fitur transportasi canggih, dan kemampuan untuk melacak lokasi bus dan waktu tunggu secara real time.

Adapun cara menggunakannya yaitu? Buka aplikasi Tije, lalu pilih tiket dan tujuan Anda. Pilih pembayaran menggunakan LinkAja dan pilih menu pembayaran. Pengguna akan menuju halaman menu utama, pilih menu My Ticket untuk melihat kode QR yang telah dibeli, kemudian memindai kode QR tiket pada scanner di halte bus.

November ini ada cashback 50% dari Linkaja untuk pembelian tiket QR melalui aplikasi Tije. Pengguna TransJakarta bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan keuntungan berhemat.

Naik Transjakarta Pakai Kartu Apa

Satu-satunya redaksi yang berkedudukan di Jawa Tengah. Bergabung sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini ia sering menulis berbagai informasi tentang perkembangan lalu lintas dan transportasi di Indonesia 28 Juli 2022 17:22 28 Juli 2022 17:22 Diperbarui: 28 Juli 2022 17:32 26234 10 4

Naik Transjakarta Ke Setu Babakan

Setelah mengikuti program kegiatan di Hotel Four Season Jakarta, saya langsung menuju RS Hermina Depok. Hari ini adalah jadwal review saya. Kebetulan dokternya praktek jam 4 sore. Itu masih buruk.

Jadi untuk ke rumah sakit rencananya mau naik bus transjakarta, terus naik kereta api ke stasiun cawang, turun di stasiun depok baru, naik angkot. Kalau naik ojek online jaraknya jauh karena pusing.

Kebetulan ada halte Transjakarta "Menara Jamsostek" di dekat Hotel Four Season. Tapi sesampainya di titian, saya teringat saldo uang elektronik saya memang terbatas. Hanya tersisa 1000. Sedangkan tarif bus TJ Rp 3.500.

Saya sangat berharap ada mesin yang diisi dengan e-money atau mesin swalayan di halte bus. Biasanya kalau saya perhatikan, setiap halte ada satu atau dua loket.

Resmi Berlaku! Aturan Baru Transjakarta, Wajib Tap In Dan Tap Out

Masalahnya saya tidak punya uang tunai. Ada uang receh di saku tas saya. Selembar 5000 dan 4 lembar pecahan 2000. Tapi semua sudah usang.

Saya mengatur uang 5000 sehingga terlihat berat dan agak kaku. Mesin tidak menerima uang kertas yang dilipat.

Rupanya, mesin tersebut hanya menerima pembayaran dalam denominasi 10.000, 20.000, 50.000, dan 100.000. Artinya, nilai nominal 5000 tidak bisa. Di stasiun, minimal 5.000 untuk top up sisa tiket kereta api.

Naik Transjakarta Pakai Kartu Apa

Saya siap menyiapkan 1 keping 5000, 2 keping 2000 dan logam 1000. Setelah melihat isi dompetnya, petugas tidak memiliki 10.000 koin.

Koridor 1 Transjakarta

"Bukankah kamu punya 20.000 akun?" diminta. Saya menjawab tidak karena saya belum sempat menarik uang dari ATM.

"Jadi aku tidak bisa naik?" Tanya saya, saya sangat berharap petugas memberi saya akses dan membayarnya tunai.

Saya mencoba juga. Taraa... ternyata. Saldo kartu kereta saya di layar gerbang menunjukkan potongan Rp 3.500. Alhamdulillah. Saya juga bisa naik bus Transjakarta.

"Kapan ini dimulai?" Tanya saya Jujur, saya baru tahu. Bermakna, efisien dan praktis. Kartu juga dapat digunakan untuk membayar tarif angkutan umum.

Naik Transjakarta Pakai Kartu Apa? Cek Lagi Di Sini!

Tidak heran saya baru tahu. Kalau udah sebulan aku deg-degan banget. Baru tau aku anker alias anak kereta api. Mengapa Anda tidak mendengarkan sosialisasi? Apakah itu muncul di papan pengumuman stasiun?

Sesampainya di halte tujuan, saya menekan lagi untuk menggunakan KMT. Dan ya! Jika saat keluar dari halte, saldo tidak berkurang saat diketuk. Yah, tidak apa-apa.

Setelah dibaca dan dibaca, ternyata sejak Oktober 2021 KMT sudah dijajal sebagai tiket transportasi lain yaitu Trans Jakarta, MRT Jakarta dan LRT Jakarta. (tapi kok petugasnya bilang baru bulan ini?)

Naik Transjakarta Pakai Kartu Apa

Halo... dimana saya? Yah, malu pada dirimu sendiri. Apakah ada yang sudah tahu atau baru tahu seperti saya?

Yuk Gunakan Kartu Atm Kamu Sebagai Jakcard — Jakone Mobile Bank Dki

Hatiku juga senang. Jelas, ini adalah kabar baik bagi saya, dan mungkin orang lain. Anda tidak memerlukan banyak kartu untuk menggunakan transportasi umum.

Satu kartu sudah cukup. Jadi, hemat uang, bukan? Selain itu, memiliki banyak kartu e-money dari bank yang berbeda juga rumit. Cukup isi dompet Anda. Dompet jadi berat, meski kosong.

KMT Card atau Multi Trip Card adalah uang elektronik yang diterbitkan untuk kemudahan penumpang kereta api saat membayar tiket kereta api atau KRL.

Bagi saya (dan penumpang lainnya) menggunakan KMT banyak manfaatnya. Apalagi bagi saya sebagai pekerja lapangan yang terkadang berpindah haluan di jalan.

Kebijakan Baru Naik Transjakarta, Penumpang Wajib Tap In Tap Out Dengan Minimal Saldo Rp 5.000 Halaman 1

Dengan KMT, saya tidak perlu panik atau berganti kartu dengan tujuan yang berbeda. Lanjutkan saja atau ganti platform. Praktis bukan?

KMT juga tidak memiliki tanggal kedaluwarsa, sehingga dapat digunakan kembali sewaktu-waktu oleh pengguna. Tidak terbakar walaupun tersisa 3000 atau 1000. Masih bisa digunakan. Selain membeli langsung di loket bus, penumpang bus Transjakarta juga dapat membeli tiket bus di Alfamart dan Indomaret. Berbelanja di mini market menjadi salah satu alternatif untuk menghindari kemacetan di loket bus saat jam sekolah atau kerja padat. Dengan begitu Anda tetap bisa tepat waktu. Selain berbelanja, Alfamart dapat memberikan layanan isi ulang atau top up sesuai kebutuhan perjalanan dengan menggunakan bus Transjakarta.

Harga kartu transjakarta atau busway 40rb dengan saldo 20rb. Dengan saldo pembelian kartu pertama Anda, Anda dapat bepergian ke Jakarta dengan cara yang cerdas. Karena tarif Transjakarta relatif murah, perjalanan akan menelan biaya 3500 baik panjang maupun pendek. Penggunaannya mudah, cukup tempelkan kartu ke scanner, otomatis saldo akan terpotong sesuai harga. Anda tidak serumit mengendarai bus biasa yang harus ditarik oleh kondektur atau pembantu.

Naik Transjakarta Pakai Kartu Apa

Penumpang yang ingin membeli kartu bus di Alfamart dapat mendatangi lokasi Alfamart terdekat. Semua Alfamart melayani pasar karena sudah menjadi agen Transjakarta. Di konter, tanyakan apakah ada bus atau kartu transjakarta. Jika ada, Anda bisa langsung membelinya. Bukan untuk menyenangkan, Anda semua menambah nilai dengan denominasi tertentu. Apalagi jika ingin digunakan sehari-hari untuk transportasi ke sekolah, kampus atau kerja. Maksimum isi ulang kartu Transjakarta adalah 200 ribu untuk beberapa jenis kartu Transjakarta.

Naik Transjakarta Pakai Kartu Apa? Ini Penjelasannya!

Cara isi ulang kartu Transjakarta, beri tahu kasir bahwa Anda ingin isi ulang. Kasir akan mengurusnya nanti. Top up di Alfamart akan dikenakan biaya administrasi sebesar 1000 per top up/isi ulang. Bagi yang tidak memiliki biaya administrasi dapat melakukan perpanjangan melalui ATM bank penerbit kartu. Bank penerbit kartu tergantung pada jenis kartu Transjakarta. Biasanya ada logo penerbit di kartu Transjakarta. Jika jauh dari loket, bank penerbit dan Alfamart bisa ke link ATM

Naik transjakarta, naik krl pakai kartu flazz, cara naik transjakarta, cara naik bus transjakarta, cara naik lift pakai kartu, cara naik lift pakai kartu hotel, jokowi naik transjakarta, tarif transjakarta naik, naik kereta pakai kartu flazz

Artikel Terkait

Bagikan: