Cara Transfer Mata Uang Asing Ke Rupiah

Kak Anita

Cara Transfer Mata Uang Asing Ke Rupiah - Semua negara di dunia harus memiliki mata uang sendiri yang digunakan sebagai alat pembayaran yang sah dalam menjalankan kegiatan ekonomi. Ada banyak mata uang di dunia, misalnya Rupiah sebagai mata uang Indonesia, Ringgit sebagai mata uang Malaysia, dll.

Nilai mata uang suatu negara dipengaruhi oleh penawaran dan permintaan yang terjadi di negara tersebut. Lihat detail di bawah ini untuk menemukan mata uang dari berbagai negara beserta kode dan simbolnya.

Cara Transfer Mata Uang Asing Ke Rupiah

Cara Transfer Mata Uang Asing Ke Rupiah

Uang atau mata uang adalah alat pembayaran yang sah yang digunakan untuk melakukan transaksi atau kegiatan ekonomi di suatu negara tertentu.

Mau Tukar Uang Di Money Changer Bandung? Cek Lokasinya Di Sini

"Mata uang satu negara juga bernilai lebih atau kurang dari nilai mata uang negara lain."

Tinggi rendahnya nilai mata uang suatu negara seringkali mempengaruhi permintaan dan penawaran negara tersebut. Oleh karena itu, ketika penawaran lebih tinggi dari permintaan, nilai tukar mata uang negara tersebut akan turun.

Sebaliknya, jika permintaan lebih tinggi dari penawaran, nilai tukar juga akan lebih tinggi. Referensi nilai atau harga mata uang suatu negara sering disebut sebagai nilai tukar.

Saat ini mata uang tertinggi dipegang oleh pemerintah Kuwait, yaitu Dinar Kuwait (KWD). Pada kurs 1 Dinar Kuwait (KWD) sama dengan 3,30 USD atau Dolar AS, dalam Rupiah Indonesia (IDR), 1 KWD sama dengan Rp 47.795,80.

Tips Sukses Investasi Mata Uang Asing

Saat itu, disokong oleh mata uang Bahrain, dinar. 1 Dinar Bahrain (BHD) sama dengan 2,65 USD atau Rp 36.809,68 dalam Rupiah Indonesia (IDR).

Ringgit Malaysia adalah mata uang Malaysia dengan kode MYR dan simbol RM. Mata uang yang dikeluarkan dan didistribusikan dikendalikan oleh Bank Sentral Malaysia, jika dikonversi ke rupiah, 1 ringgit Malaysia (RM) sama dengan Rp 3.486,00 (IDR).

Negara Singapura juga memiliki mata uang sendiri yang disebut dolar Singapura. Mata uang yang diatur oleh Monetary Authority of Singapore memiliki kode SGD dan simbol $.

Cara Transfer Mata Uang Asing Ke Rupiah

Mata uang Korea Selatan disebut Won Korea Selatan. Mata uang ini memiliki kode KRW dan simbol ₩. Mata uang nasional Korea Selatan dikendalikan oleh Bank of Korea. Dalam Rupiah, 1000 won sama dengan 12.761,60 IDR atau kurang lebih 12,76 IDR.

Tukar Uang Di Money Changer, Apa Bedanya Dengan Forex?

Jepang memiliki mata uang yang disebut Yen Jepang. Mata uang yang dikelola oleh Bank of Japan ini memiliki kode JPY dan simbol ¥. Nilai 1 Yen Jepang jika dikonversi ke Rupiah sama dengan Rp 130,00.

Mata uang dunia berikutnya, dari India, disebut Rupee India. Rupee India diberi kode dengan simbol INR dan peredarannya dikendalikan oleh Reserve Bank of India. Nilai 1 Rupee India sama dengan IDR 196.28 (IDR).

Baht Thailand adalah mata uang Thailand dengan kode THB dan simbol ฿. Mata uang yang dikuasai Bank Thailand itu nilainya setara dengan IDR 456,98 (IDR) per 1 baht.

Mata uang Republik Rakyat Tiongkok, lebih dikenal dengan China, adalah yuan atau renminbi. Mata uang yang dicetak dan diedarkan yang dikendalikan oleh People's Bank of China memiliki kode RMB dan lambang ¥. Jika dikonversi ke rupiah, 1 yuan sama dengan Rp 2.238,75.

Nilai Tukar Dollar As Rupiah Di Bca Hari Ini Kamis 15 Desember

Mata uang nasional di Filipina disebut peso Filipina. Mata uang yang dikelola oleh Bank Sentral Filipina ini memiliki kode PHP dan simbol ₱. 1 Peso Filipina sama dengan IDR 299.53 (IDR).

Sebagai benua dunia, Australia juga memiliki mata uangnya sendiri, yang disebut dolar Australia. Mata uang ini, dibuat dan dikelola oleh Bank of Australia, diberi kode AUD dengan simbol $.

Tidak hanya digunakan di Australia, mata uang ini juga digunakan di Tuvalu, Kiribati, Nauru, Pulau Christmas, Pulau Heard dan Kepulauan McDonald, Kepulauan Norfolk, dan Kepulauan Cocos (Keeling). Untuk 1 dolar Australia setara dengan IDR 11.044,63 (IDR).

Cara Transfer Mata Uang Asing Ke Rupiah

Dolar Hong Kong adalah mata uang Hong Kong, dengan kode HKD dan simbol $. Mata uang Hong Kong dibuat dan dikendalikan oleh Otoritas Moneter Hong Kong. 1 Dolar Hong Kong (HKD) sama dengan 1.841,22 IDR.

Lima Cara Kirim Uang Ke Luar Negeri 2020. Aman, Murah, Cepat

Mata uang berikutnya adalah dari Inggris yang dikenal sebagai British Pound. Mata uang yang dibuat dan dikendalikan oleh Bank of England memiliki kode GBP dan simbol £. 1 British Pound (GBP) sama dengan IDR 20.255,61 (IDR).

Tidak hanya digunakan di Inggris Raya, mata uang pound Inggris digunakan di beberapa wilayah lain, seperti Guernsey, Inggris Raya, Jersey, Georgia Selatan dan Kepulauan Sandwich, Isle of Man, dan Tristan da Cona.

Lira Turki adalah mata uang Turki di bawah kendali Bank Sentral Turki, dicetak dan diterbitkan dengan simbol TRY dan simbol ₺. 1 Lira Turki sama dengan 1.667,49 IDR (IDR).

Setelah mengetahui berbagai mata uang dunia, Anda tidak perlu bingung ketika ingin mengirim uang ke teman atau kerabat di luar negeri. Anda dapat menggunakan layanan Globe dan dengan cepat memeriksa https:///remittance.

Cara Transfer Uang Dari Luar Negeri Ke Indonesia

Mengirim uang ke luar negeri dengan layanan Globe juga sangat mudah dengan jaringan luas yang menjangkau 68 negara. Di bawah ini adalah langkah-langkah untuk mentransfer uang melalui Globe.

Dari penjelasan di atas, kamu pasti sudah banyak tahu tentang mata uang dunia bukan? Bagi yang ingin transfer ke bank lokal maupun asing, kode transfer bank lengkap bisa dilihat disini.

Jangan di campur! Ini Bedanya Uang Elektronik dan Dompet Digital, Begini Cara Unlock LinkAja Syariah dari LinkAja, Ada cara transfer yang mudah bagi yang berencana kuliah di luar negeri. Saya sudah lama mencari untuk menulis artikel terkait cara mengirim uang ke luar negeri. Di era digital dan borderless saat ini, letak geografis tidak lagi menjadi kendala dalam melakukan transaksi keuangan antar negara. Namun, sepertinya kebanyakan dari mereka belum menjelaskan bagaimana cara mentransfer uang ke luar negeri dari Indonesia. Padahal jika Anda mengetahui secara detail tentang layanan pengiriman uang internasional, sangat penting untuk memastikan keamanan transfer sekaligus menghindari biaya tersembunyi yang tiba-tiba muncul selama proses pengiriman uang.

Cara Transfer Mata Uang Asing Ke Rupiah

Oleh karena itu di bawah ini saya akan mencoba menjelaskan simulasi sederhana untuk membandingkan layanan pengiriman uang internasional di Indonesia dan membandingkan total biaya dan estimasi waktu penerimaan uang. Ini mungkin membantu!

Cara Menerima Pembayaran Dari Rekening Luar Negeri, Bisa Masuk Langsung Ke Saldo Atm

Banyak bank menawarkan layanan pengiriman uang ke luar negeri. Yang saya tahu bank itu BCA. BCA memiliki program pengiriman uang yang memungkinkan nasabahnya untuk mengirim dan menerima mata uang asing (Valas) langsung dari rekening Rupiahnya. Program pengiriman uang ini terbatas pada 14 mata uang; AUD (Australia), CAD (Kanada), CHF (Swiss), DKK (Denmark), EUR (Eropa), GBP (Inggris), HKD (Hong Kong), JPY (Jepang), CNH, SAR, SEK, SGD (Singapura ) ), NZD (Selandia Baru), dan USD (AS).

Biaya yang dikenakan biasanya sudah termasuk biaya teleks (biasanya Rp 50.000) dan biaya pengiriman yang bervariasi mulai dari 20 USD tergantung mata uang yang bersangkutan. Informasi lebih lanjut tentang biaya transfer uang ke luar negeri dapat ditemukan di sini

Selain 14 mata uang di atas, BCA masih dapat menerima pengiriman uang berbasis USD dalam mata uang lainnya. Ini berarti BCA akan mengonversi IDR Anda ke USD, dan BCA akan menarik uang dari rekening bank penerima dalam mata uang lokal negara masing-masing. Bingung atau tidak?

Jadi misalnya Anda ingin mentransfer uang ke bahasa Arab (SAR), mata uang IDR Anda akan dikonversi ke USD, lalu dari USD ke SAR. apa artinya? Artinya Anda akan dikenakan proses konversi mata uang sebanyak 2 kali. Ya, sudah termasuk biaya teleks Rp 50.000 dan USD 20. Mengapa, bagaimana jika Anda mengubahnya dua kali? Jadi begini, setiap kita mau transfer uang ke luar negeri pasti ada selisih jumlahnya. Nah, besaran selisih mata uang itu disebut nilai tukar. Secara umum, ada dua jenis kurs yang perlu Anda ketahui sebelum mengirim uang ke luar negeri, yaitu kurs beli dan kurs jual.

Jasa Titip Transfer Rmb / Yuan (idr To Rmb)

Harga beli mengacu pada bank sebagai pembeli mata uang asing. Jadi kurs beli digunakan pada saat kita mengkonversi atau mentransfer mata uang asing kita ke rupiah. Sebaliknya, harga jual mengacu pada bank sebagai penjual. Harga jual digunakan untuk menentukan berapa rupiah yang kita peroleh ketika kita menukarkan sejumlah rupiah.

Perlu diketahui bahwa setiap bank memiliki kurs beli dan jual yang berbeda. Selain itu, ada juga kurs rata-rata BI dan kurs rata-rata pasar valuta asing (yang sering muncul saat kita mencari kurs di Google). Nah, biasanya kurs jual beli bank di Indonesia sangat berbeda dengan rata-rata kurs di negara lain.

Bank BCA sendiri memiliki tiga jenis kurs yaitu e-Rate, counter dan bank notes. Yang paling kompetitif adalah e-price, namun penggunaannya terbatas untuk nasabah mitra BCA. Lebih lanjut tentang e-quote dapat ditemukan di sini.

Cara Transfer Mata Uang Asing Ke Rupiah

Misalnya, saat tulisan ini dibuat (8 Oktober 2019), harga jual BCA per 1 USD adalah sebagai berikut:

Apa Itu Money Changer: Solusi Mudah Mengubah Mata Uang Asing

Saat itu kurs internasional sendiri adalah 1 USD = 14.157, artinya setiap pengiriman uang adalah Rp. 1.000.000 menghasilkan 70,63 USD. Oleh karena itu, akibatnya tingkat penjualan rendah, jumlah devisa yang diperoleh besar.

Mungkin ada di hati mereka, tetapi perbedaannya sangat kecil. Hmmm.. kalau transaksi 10jt lumayan selisihnya.

Tambahan: Bank penerima di luar negeri dapat membebankan biaya perolehan valuta asing dengan kurs tetap (variasi ini harus dikonfirmasi oleh bank penerima).

Western Union mungkin dikenal di kalangan juara valuta asing. Karena bekerja sama dengan PT Pos

Keuntungan Investasi Mata Uang Asing Di Tahun 2022

Mata uang asing ke rupiah, cara menukar uang asing ke rupiah, kurs mata uang asing terhadap rupiah, cara penukaran mata uang asing ke rupiah, kurs mata uang asing ke rupiah hari ini, cara menukar mata uang asing ke rupiah, cara menukar uang asing ke rupiah di bank, kalkulator uang asing ke rupiah, penukaran uang asing ke rupiah, penukaran mata uang asing ke rupiah, cara menghitung mata uang asing ke rupiah, kurs rupiah ke mata uang asing

Artikel Terkait

Bagikan: