Contoh Perhitungan Jaminan Pensiun Bpjs Ketenagakerjaan

Kak Anita

Contoh Perhitungan Jaminan Pensiun Bpjs Ketenagakerjaan - Aturan BPJS Ketenagakerjaan Terbaru untuk Klaim Lansia – Baru sebulan setelah berserikat, Permenaker no.

Pasalnya, aturan yang seharusnya berlaku mulai Mei 2022 itu justru menuai kontroversi. Sepanjang Februari 2022, peraturan tersebut memicu protes dan penentangan dari serikat pekerja, yang memicu petisi

Contoh Perhitungan Jaminan Pensiun Bpjs Ketenagakerjaan

Contoh Perhitungan Jaminan Pensiun Bpjs Ketenagakerjaan

Pokok-pokok yang direvisi oleh pemerintah adalah aturan pembayaran jaminan hari tua BPJS Ketenagakerjaan, khususnya bagi peserta (karyawan) yang mengundurkan diri (

Perhitungan Bpjs Ketenagakerjaan Terbaru Program Jht, Jkk, Jkm, Dan Jp

Permenaker No 2/2022 memang mencabut aturan lama dalam Permenaker No 19/2015. Namun, setelah menuai protes dan memerintahkan Presiden untuk membuat klaim JHT sederhana dan mudah, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah mencabut ketentuan biaya JHT dan memberlakukan kembali aturan lama.

“Perlu saya sampaikan kembali bahwa Permenaker lama (No. 19/2015) masih berlaku saat ini dan masih menjadi dasar bagi rekan/pegawai untuk melakukan klaim JHT. Tidak terkecuali bagi mereka yang sudah dipecat atau mengundurkan diri, masih bisa mengklaim sebelum usia pensiun," kata Ida, menurut Kompas.com.

Dalam Permenaker No 2/2022, manfaat JHT diberikan kepada peserta yang mengundurkan diri dan terkena PHK saat peserta mencapai usia 56 tahun. Berikut adalah kutipan dari Pasal 5:

Manfaat JHT dibayarkan kepada peserta yang mengundurkan diri sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4(2)(a) dan peserta yang terkena pemutusan hubungan kerja sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4(2)(b) pada saat peserta mencapai usia 56 (56) tahun .

Bpjs Kesehatan Bagi Perusahaan: Manfaat, Cara Daftar Dan Prosedur

Aturan ini dinilai mempersulit peserta Jamsostek BPJS Ketenagakerjaan untuk membayar saldo JHT yang menjadi hak mereka.

Mengacu pada Permenaker No. 19/2015, pembayaran manfaat JHT tidak harus menunggu hingga usia pensiun atau usia 56 tahun. Peserta (karyawan) yang mengundurkan diri atau terkena PHK dapat mengklaim sisa JHT segera setelah 1 bulan sejak tanggal

Pemberian manfaat JHT bagi peserta yang mengundurkan diri sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3 ayat (3) huruf dan dapat dibayarkan secara tunai sekaligus sekaligus setelah melewati masa tunggu 1 (satu) bulan terhitung sejak tanggal surat pengunduran diri. oleh perusahaan dipublikasikan. Dalam hal peserta terkena pemutusan hubungan kerja sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3 ayat (3)(b), manfaat JHT dapat dibayarkan secara tunai segera setelah masa tunggu 1 (satu) bulan terhitung sejak tanggal pemutusan hubungan kerja. .

Contoh Perhitungan Jaminan Pensiun Bpjs Ketenagakerjaan

Manfaat JHT adalah pembayaran tunai kepada peserta yang mencapai usia pensiun, cacat total atau meninggal dunia. Sedangkan yang dimaksud dengan usia pensiun adalah peserta yang berhenti bekerja, yang meliputi:

Jaminan Pensiun Dan Jaminan Hari Tua Bpjs Ketenagakerjaan: Apa Sih Bedanya?

Selain persyaratan all-inclusive, JHT juga dapat dibayar sebagian, sebesar 10% untuk persiapan pensiun dan 30% untuk kepemilikan rumah. Namun, peserta hanya dapat memilih salah satu dari kedua model klaim tersebut dan hanya dapat dilakukan satu kali. Jika Anda mengklaim 10%, peserta tidak dapat menarik 30%, dan sebaliknya.

JHT adalah rekening tabungan giro saldo. Kemudian diakumulasikan dari premi (fee) yang dibayarkan oleh karyawan setiap bulannya beserta hasil pertumbuhannya. Besaran iuran BPJS Ketenagakerjaan untuk skema JHT adalah 5,7% dari gaji satu bulan (gaji pokok termasuk tunjangan tetap).

Persentase pembayaran BPJS Ketenagakerjaan di atas dibayar oleh dua pihak, yaitu pemberi kerja (perusahaan) 3,7% dan pekerja 2%. Perusahaan memberikan tunjangan JHT sekaligus memotong gaji karyawan di slip gaji.

Berikut adalah contoh cara menghitung iuran BPJS Ketenagakerjaan untuk skema JHT. Dengan gaji Rp 5.000.000 per bulan, potongan JHT karyawan adalah:

Apa Itu Jkp Dan Apa Perbedaannya Dengan Jht Bpjs Ketenagakerjaan?

Selain JHT, BPJS Ketenagakerjaan juga mencakup jaminan kecelakaan kerja (JKK), jaminan kematian (JKM), jaminan pensiun (JP), dan jaminan kehilangan pekerjaan (JKP). Masing-masing memiliki persentase kontribusi yang berbeda.

Untuk memudahkan menghitung potongan BPJS karyawan, Anda bisa menggunakan software HRIS terbaik. Aplikasi ini memiliki fitur BPJS online atau kalkulator BPJS untuk menghitung iuran BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan secara otomatis.

Dapat menghitung manfaat BPJS yang akan diberikan oleh perusahaan serta iuran BPJS yang harus dibayarkan oleh karyawan. Hasil perhitungan secara otomatis ditampilkan secara detail pada slip gaji elektronik karyawan.

Contoh Perhitungan Jaminan Pensiun Bpjs Ketenagakerjaan

Proses ini lebih praktis, cepat dan akurat. Jadi administrator penggajian tidak perlu bersusah payah menghitung iuran BPJS secara manual di slip gaji Excel.

Relaksasi Bpjs Ketenagakerjaan Hingga 99%

Ingin mempelajari manfaat dari fungsi HRIS otomatis lainnya? Seperti Payroll dan THR, Absen Online, Struktur dan Skala Gaji, Pola Kerja. Bagi perusahaan dan karyawan, iuran BPJS Ketenagakerjaan sudah tidak asing lagi. Karena iuran BPJS Ketenagakerjaan termasuk dalam unsur pemotongan gaji. Lalu bagaimana cara menghitung iuran BPJS Ketenagakerjaan untuk karyawan perusahaan? Lihat penjelasannya di artikel ini.

Perusahaan wajib mendaftarkan tenaga kerjanya sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan sehingga iuran BPJS Ketenagakerjaan menjadi salah satu item penggajian yang dihitung setiap bulan.

Pada dasarnya perhitungan iuran BPJS Ketenagakerjaan untuk karyawan perusahaan meliputi persentase iuran yang dibayarkan oleh perusahaan dan/atau persentase iuran yang dibayarkan oleh karyawan. BPJS Ketenagakerjaan memiliki beberapa skema jaminan sosial dengan metode perhitungan yang berbeda.

Sebelum memahami bagaimana perhitungan iuran ketenagakerjaan karyawan BPJS di perusahaan, pelajari dulu penjelasan tentang BPJS Ketenagakerjaan dan landasan hukumnya.

Menghitung Iuran Bpjs Ketenagakerjaan Dengan Mudah, Begini Caranya

Perlindungan yang diberikan BPJS Ketenagakerjaan kepada tenaga kerja tersebut di atas dimaksudkan untuk mengatasi risiko sosial ekonomi yang mungkin timbul dalam hubungan ketenagakerjaan. Risiko sosial ekonomi yang dapat ditanggung oleh BPJS Ketenagakerjaan antara lain kecelakaan kerja, sakit, meninggal dunia, pensiun dan lain-lain.

Dengan berlangganan BPJS Ketenagakerjaan, pekerja dapat memenuhi kebutuhan dasar sekaligus menghadapi risiko sosial ekonomi tersebut. Sehingga skema perlindungan yang diberikan oleh BPJS Ketenagakerjaan memberikan rasa aman dan mendukung kesejahteraan tenaga kerja.

Menurut Peraturan Pemerintah Nomor 84 Tahun 2013, perusahaan wajib mendaftarkan diri dan tenaga kerjanya sebagai peserta BPJS sesuai dengan skema jaminan sosial yang diikutinya. Ketentuan bagi perusahaan yang wajib mengikuti skema dan membayar iuran BPJS Ketenagakerjaan adalah sebagai berikut.

Contoh Perhitungan Jaminan Pensiun Bpjs Ketenagakerjaan

“Pengusaha yang mempekerjakan tenaga kerja sebanyak 10 (sepuluh) orang atau lebih, atau membayar upah sekurang-kurangnya Rp 1.000.000,00 (juta rupiah) per bulan, wajib mengikutsertakan tenaga kerjanya dalam program jaminan sosial tenaga kerja.”

Manfaat Dana Pensiun Bpjs Ketenagakerjaan

Karena keikutsertaan bersifat wajib, maka perusahaan yang tidak mengikutsertakan karyawan dalam program BPJS Ketenagakerjaan akan dikenakan sanksi administratif. Sanksi administratif tersebut diatur dalam UU 24 Tahun 2011, yang berupa:

Selain sanksi administratif, perusahaan yang tidak mendaftarkan karyawannya pada program BPJS Ketenagakerjaan juga dapat dikenakan sanksi pidana, yaitu. pidana penjara paling lama 8 tahun atau denda paling banyak 1 milyar. Jenis aksi korporasi yang berisiko dikenakan sanksi antara lain:

Untuk menghindari sanksi di atas, perusahaan harus menerapkan skema BPJS Ketenagakerjaan dengan mematuhi peraturan yang berlaku, termasuk perhitungan iuran.

Jaminan Lansia (JHT) adalah perlindungan yang diberikan oleh BPJS Ketenagakerjaan kepada peserta skema yang manfaatnya dibayarkan secara tunai. Manfaat tunai ini dibayarkan langsung pada saat peserta mencapai usia pensiun, meninggal dunia atau mengalami cacat total tetap.

Pensiun? Jangan Khawatir, Ada Program Dana Pensiun

Pembiayaan JHT bagi peserta dipastikan dikelola secara aman dan transparan oleh BPJS Ketenagakerjaan. Selain itu, dana JHT juga memberikan imbal hasil yang kompetitif. Oleh karena itu, iuran BPJS Ketenagakerjaan yang dibayarkan oleh karyawan dan perusahaan akan meningkat dari waktu ke waktu. Bisa dibilang, ikut skema JHT BPJS Ketenagakerjaan bisa menjadi investasi untuk masa pensiun Anda.

Pekerja di sektor informal tidak diwajibkan mengikuti skema JHT. Pegawai BPU dapat mengikuti skema JHT secara sukarela, namun wajib mengikuti dua skema lainnya yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM). Jumlah kontribusi yang dibayarkan adalah 2% dari pendapatan yang dinyatakan.

Iuran BPJS Ketenagakerjaan untuk skema JHT ditanggung oleh perusahaan dan karyawan. Bagi karyawan, iuran BPJS Ketenagakerjaan akan dipotong setiap bulannya.

Contoh Perhitungan Jaminan Pensiun Bpjs Ketenagakerjaan

Unsur penghasilan yang menjadi dasar penghitungan JHT adalah gaji pokok dan tunjangan tetap yang dilaporkan perusahaan kepada BPJS Ketenagakerjaan. Besarnya iuran JHT bagi peserta penerima gaji sebesar 5,7% dari penghasilan, dengan unsur-unsur sebagai berikut:

Ketentuan Dan Cara Hitung Bpjs Terbaru 2022 — Mrb Finance

Claudia adalah peserta Gaji yang menerima gaji pokok Rp 9.000.000 dan tunjangan tetap Rp 1.000.000 setiap bulan. Jadi total penghasilan tetap Claudia perbulan adalah Rp 10.000.000.

Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) adalah perlindungan yang diberikan oleh BPJS Ketenagakerjaan bagi pekerja yang terpapar risiko kecelakaan saat melakukan pekerjaan. Apabila pekerja mengalami kecelakaan kerja atau sakit akibat lingkungan kerja, pekerja berhak mendapatkan manfaat JKK berupa uang tunai dan/atau pelayanan kesehatan. Kecelakaan kerja ini meliputi kecelakaan yang terjadi dalam perjalanan dari rumah ke tempat kerja atau sebaliknya.

Menurut peraturan pemerintah no. 44 Tahun 2015, perhitungan iuran BPJS Ketenagakerjaan untuk skema JKK didasarkan pada kelompok tingkat risiko pekerjaan, sebagai berikut:

Untuk mengetahui tingkat risiko perusahaan dapat dilihat pada Lampiran 1 Peraturan Pemerintah No. 44 Tahun 2015 tentang Pembagian Kelompok Tingkat Risiko di Lingkungan Kerja. Perlu diketahui juga bahwa JKK termasuk dalam iuran BPJS Ketenagakerjaan yang menjadi tanggung jawab perusahaan. Selain itu, untuk memastikan pekerja terlindungi dengan baik, perusahaan tidak dapat menonaktifkan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan pekerjanya hingga perawatan dan pengobatan pekerja selesai atau dinyatakan sembuh, cacat, atau meninggal dunia.

Cara Mencairkan Jht Bpjs Ketenagakerjaan Secara Online Melalui Sistem E Klaim

Sedangkan untuk pekerja tidak dibayar (BPU), pungutan JKK ditetapkan sebesar 1% dari penghasilan, dengan minimal Rp10.000 dan maksimal Rp207.000.

Claudia adalah buruh pabrik semen dengan gaji bulanan Rp 5.000.000. Bagaimana perusahaan menghitung iuran BPJS Ketenagakerjaan Claudia?

Jaminan Kematian (JKM) adalah skema BPJS Ketenagakerjaan yang memberikan manfaat tunai kepada ahli waris ketika peserta meninggal dunia, tetapi bukan akibat kecelakaan kerja. Manfaat tunai skema JKM yang dapat diperoleh adalah:

Contoh Perhitungan Jaminan Pensiun Bpjs Ketenagakerjaan

Sama seperti skema JKK, iuran JKM ditanggung sepenuhnya oleh perusahaan, dengan besaran iuran sebesar 0,30% dari gaji bulanan karyawan. Sedangkan iuran JKM untuk pekerja mandiri sebesar Rp6.800 per bulan.

Cara Menggabungkan 2 Kartu Bpjs Ketenagakerjaan

Claudia bekerja di perusahaan A dengan gaji bulanan Rp 7.000.000. Kemudian, cara menghitung iuran BPJS Ketenagakerjaan untuk skema JKM yang harus dibayar oleh perusahaan adalah sebagai berikut.

Jaminan Kematian (JKM) adalah skema BPJS Ketenagakerjaan yang bertujuan untuk

Cara pencairan jaminan pensiun bpjs ketenagakerjaan, cara mengecek saldo bpjs ketenagakerjaan jaminan pensiun, simulasi perhitungan jaminan pensiun bpjs ketenagakerjaan, program jaminan pensiun bpjs ketenagakerjaan, perhitungan jaminan pensiun bpjs ketenagakerjaan, cara melihat saldo jaminan pensiun bpjs ketenagakerjaan, cara cek saldo jaminan pensiun bpjs ketenagakerjaan, cara perhitungan jaminan pensiun bpjs ketenagakerjaan, cara klaim jaminan pensiun bpjs ketenagakerjaan, cara cek jaminan pensiun bpjs ketenagakerjaan, kartu bpjs ketenagakerjaan jaminan pensiun, cek jaminan pensiun bpjs ketenagakerjaan online

Artikel Terkait

Bagikan: