Upaya Pemerintah Dalam Mengatasi Kebakaran Hutan

Kak Rey

Upaya Pemerintah Dalam Mengatasi Kebakaran Hutan - Kebakaran hutan dan lahan adalah kebakaran hutan atau lahan yang disebabkan oleh alam atau manusia yang menyebabkan kerusakan ekologi, ekonomi, sosial budaya, dan politik. Kebakaran hutan dan lahan merupakan kejadian yang berulang setiap tahunnya, biasanya terjadi pada musim kemarau, baik di kawasan hutan milik pemerintah maupun di lahan milik masyarakat, namun kebakaran hutan dan lahan merupakan tanggung jawab kita semua.

Musim kemarau tahun ini lebih basah dari tahun sebelumnya, dengan puncak musim kemarau pada Agustus 2020, namun musim kemarau masih berlangsung hingga pertengahan Oktober 2020. Meski musim kemarau basah dan kondisi wabah Covid-19 tahun ini, masalah kebakaran hutan dan lahan tidak boleh kita abaikan, namun semoga kita terus mempererat kerjasama, pengendalian hutan dan lahan, serta meningkatkan kewaspadaan kolektif. Kebakaran yang mengutamakan keselamatan karyawan sesuai dengan protokol kesehatan.

Upaya Pemerintah Dalam Mengatasi Kebakaran Hutan

Upaya Pemerintah Dalam Mengatasi Kebakaran Hutan

Presiden Joko Widodo melalui Instruksi Nomor 3 Tahun 2020 tentang Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan tanggal 28 Februari 2020 kepada seluruh aktor terkait:

Pengawasan Dan Penegakan Hukum Adalah Solusi Kebakaran Hutan

Untuk memprediksi terjadinya kebakaran hutan dan lahan pada musim kemarau tahun ini, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan DIY menggelar rapat koordinasi dengan pemangku kepentingan terkait antara lain Pemerintah Kabupaten Yogyakarta, TNI, POLRI, BPBD serta unsur provinsi dan daerah. UPT Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Daerah Istimewa Yogyakarta. Rapat koordinasi dilaksanakan secara daring pada Kamis, 10 September 2020 menggunakan aplikasi Zoom Meeting.

1. Penyiapan langkah prakiraan kebakaran hutan dan lahan serta kekeringan pada musim kemarau 2020

(2) penyiapan sarana dan prasarana pemadaman kebakaran hutan dan lahan sesuai tanggung jawab masing-masing pemangku kepentingan;

Untuk mendukung upaya Pemerintah dalam pengendalian kebakaran hutan dan lahan, kami mendorong dan mengajak masyarakat untuk melakukan pencegahan kebakaran hutan dan lahan dengan cara sebagai berikut:

Cegah Kebakaran Hutan & Lahan, Pt. Ruj & Satgas Karhutla Lakukan Patroli Gabungan

4. Penyampaian informasi kejadian kebakaran hutan dan lahan secara cepat kepada instansi terkait terdekat (Kehutanan, TNI/POLRI dan BPBD) - Jakarta - Kebakaran hutan dan lahan masih terus terjadi, bahkan di sekitar masyarakat yang mengalaminya, dengan dampak yang merugikan ke daerah.

Lima provinsi di Indonesia yang mengalami kebakaran hutan adalah Riau, Jambi, Sulawesi Selatan, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah.

Dia menegaskan pihaknya telah menetapkan 175 tersangka dalam kasus kebakaran hutan tersebut. Mereka ditangani di enam polanda: Riau, Kalimantan Tengah (Kalteng), Kalimantan Barat (Kalbar), Kalimantan Selatan (Kalsel), Sumatera Selatan (Sumsel) dan Jambi.

Upaya Pemerintah Dalam Mengatasi Kebakaran Hutan

Kini pemerintah juga membantu daerah yang terkena dampak kebakaran hutan dan lahan. Di bawah ini adalah ringkasan upaya pemerintah:

Wmo: Kebakaran Hutan Ekstrem Mencemari Kualitas Udara Global

Kebakaran hutan terus mengamuk di beberapa bagian pulau Sumatra, dan rekaman viral baru-baru ini dari kobaran api telah melihat asap mengepul di Malaysia dan Singapura.

**Gempa di Chianjur meluluhlantakkan tanah Pasundan, mari meringankan penderitaan saudara kita di Chianjur dengan berdonasi: Rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan yang diberikan berupa sembako, kesehatan, payung, dll. Yang kami pedulikan hanyalah harapan mereka.

Bripda Indah Roida Simaremare beraksi melawan kebakaran yang menghanguskan lahan dan hutan di sepanjang perbatasan Indonesia-Malaysia. (Foto:/dok.entikong polisi/acengmukaram)

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto mengatakan, pemerintah telah menyiapkan sejumlah cara untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di beberapa wilayah Indonesia.

Bnpb: Jumlah Titik Panas Berkurang Signifikan

Viranto meminta bantuan Mangala Agni atau petugas pemadam kebakaran. Oleh karena itu, sarana pelaksanaan pemadaman kebakaran hutan juga harus ditingkatkan.

"Sudah diketahui, sudah tercatat dan akan segera dilaksanakan," kata Wiranto di Gedung Kemenkopolhukam Jakarta Pusat. Artinya alat pemadam kebakaran.

Cara lain adalah dengan memanfaatkan hujan buatan. Pasalnya, menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), musim hujan hanya jatuh pada pertengahan Oktober.

Upaya Pemerintah Dalam Mengatasi Kebakaran Hutan

Namun, jika kadar air mencapai 75%, curah hujan buatan dapat dilakukan. Hujan awan saat garam ditaburi.

Kebakaran Hutan, Jokowi Minta Sabar

Untuk itu, kata Wiranto, pemerintah telah membentuk Tim Pemadam Kebakaran Reaksi Cepat (PPRC). Jenazah dilengkapi dengan semburan berisi garam, yang disemprotkan saat kadar air mencapai angka tertentu.

"Artinya kita bersiap untuk menyemprotkan garam dari pesawat di lokasi-lokasi penting, dan ada laporan bahwa awan bisa berubah menjadi hujan lebat dan pesawat akan lepas landas dan segera menyemprotkan garam," katanya.

Selain itu, Wiranto juga menyiapkan beberapa helikopter untuk membawa bom pembakar hingga kebakaran di kawasan hutan dan terpencil.

Petugas pemadam kebakaran memadamkan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Pekanbaru, Riau, Jumat (13/9/2019). BMKG Pekanbaru telah mengimbau masyarakat untuk mewaspadai penurunan kualitas udara dan berkurangnya jarak pandang akibat meningkatnya polusi. (ADEK BERRY/AFP)

Pdf) Upaya Pemerintah Dalam Penanggulangan Kebakaran Hutan Gambut Di Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2017

Pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyegel 42 perusahaan di lima provinsi yang diduga menjadi penyebab kebakaran hutan dan lahan. Ini setelah pengamatan dan pengawasan dilakukan di lima provinsi antara Juli dan Agustus tahun lalu.

Direktur Penegakan Hukum (Drjen) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Sire Rido Sanani mengatakan, lima provinsi yang menjadi sasaran pengawasan adalah Riau, Jambi, Sulawesi Selatan, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah. Akibat pantauan ini, ada lebih dari selusin perusahaan yang disegel.

Dia berkata: “Kami telah menyegel sejauh ini, kami melakukannya untuk implementasi undang-undang ini. Sejauh ini, kami telah menyegel 42 situs perusahaan dan satu situs milik masyarakat (tanah tepercaya). Jadi kami menyegel total 43 lokasi." dikatakan. Gedung BNPB, Jalan Pramuka, Jakarta Timur.

Upaya Pemerintah Dalam Mengatasi Kebakaran Hutan

“Ada PT ABP yaitu perkebunan kelapa sawit di Kalimantan Barat, PT AER yaitu perkebunan kelapa sawit di Kalimantan Barat, PT SKM yaitu perkebunan kelapa sawit di Kalimantan Barat dan PT KS di Kalimantan Tengah,” kata Ratio. .

Kesiapsiagaan Masyarakat Hadapi Karhutla Rendah, Siapa Pendana Konsesi Terbakar?

"Di antara perusahaan yang disegel, ada beberapa perusahaan dengan modal asing. Satu dari Singapura dan tiga dari Malaysia. Kami sedang menyelidiki ini. Saat ini kami memiliki tiga direktur yang bekerja di Riau, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah," lanjut laporan itu. .

Menanggapi ancaman tersebut, proporsi tersebut bersikeras akan mengambil semua langkah hukum yang memungkinkan. Salah satunya adalah pencabutan izin dan penegakan hukum secara perdata.

“Ada gugatan perdata dan lima proses pengadilan, 17 gugatan perdata dengan total $315 miliar, dan kami berkoordinasi dengan polisi dan menerapkannya.

. Tidak hanya itu, kami menuntut aparat penegak hukum bertindak sesuai UU Lingkungan Hidup, UU Kehutanan, dan UU Perkebunan,” ujarnya.

Titik Panas Terdeteksi, Sumbar Siaga Kebakaran Hutan Dan Lahan

“Hukuman pidananya 12 tahun dan kami serius dalam penerapan UU Karkhutla ini. Kami menggunakan alat yang tersedia seperti pencabutan izin, proses perdata dan pidana. "Tunjangan kriminal seperti denda."

Don Monardo, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dikutip oleh situs Setkab mengatakan: "BNPB sendiri mengerahkan 42 helikopter untuk memadamkan api.

Namun Don memperingatkan bahwa menghancurkan kue tidak akan mudah. Ia mencontohkan sebuah daerah di Sumatera Selatan yang kebakaran hutan dan lahannya sudah berlangsung selama sebulan dan belum padam hingga saat ini.

Upaya Pemerintah Dalam Mengatasi Kebakaran Hutan

Juga, bendungan bukanlah cara yang efektif untuk memadamkan kebakaran hutan. “Hanya hujan yang bisa memadamkan api di beberapa wilayah Kabupaten Karhutla,” ujarnya.

Pdf) Peran Pemerintah Dalam Mengatasi Kebaakaran Hutan Di Riau

Karena itu, lanjut Kepala BNPB, pihaknya bekerja sama dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) untuk selalu siaga jika terjadi awan hujan buatan.

* Fakta atau tipuan? Untuk mengecek keaslian informasi yang dibagikan, gunakan nomor fact check WhatsApp 0811 9787 670 dengan mengetikkan kata kunci yang dibutuhkan.

Upaya pemerintah untuk mengatasi pengangguran, upaya mencegah kebakaran hutan, upaya pencegahan kebakaran hutan, upaya penanggulangan kebakaran hutan, upaya pemerintah mengatasi kemiskinan, upaya pemerintah mengatasi kebakaran hutan, upaya pemerintah dalam menegakkan ham, upaya mengatasi kebakaran hutan, bagaimana cara mengatasi kebakaran hutan, upaya pemerintah mengatasi pengangguran, jelaskan upaya pemerintah dalam menegakkan ham, jelaskan upaya pemerintah dalam penegakan ham

Artikel Terkait

Bagikan: