Cara Membuat Email Baru Gmail dan Yahoo Mudah Lengkap dengan Gambar

Kak Her

Cara Membuat Email

Email sudah menjadi salah satu kebutuhan penting setiap orang, namun tidak sedikit orang yang masih belum tau cara membuat email dengan baik dan benar. entah itu membuat email menggunakan gmail ataupun yahoo mail.

Padahal hanya dengan menggunakan HP Android, kalian sudah bisa membuat email denngan proses yang cepat. Jika tidak memiliki HP Android atau iPhone, kalian juga bisa membuat email melalui Komputer.

Jadi tidak ada alasan lagi untuk tidak memiliki email sendiri.

Email sangat penting bagi Fresh Graduate, karena rata-rata perusahaan sudah menerapkan pendaftaran kerja melalui internet dan mensyaratkan untuk mengirim berkas melalui email saja.

Tidak hanya di gunakan untuk hal berkirim pesan saja. Di era sosial media seperti sekarang ini, email juga di butuhkan sebagai persyaratan untuk login ke sosial media seperti instagram, facebook, youtube, dan yang lainnya.

Saya sendiri sebagai blogger, menggunakan email untuk keperluan bisnis. Jadi mulai dari sekarang buat email pribadimu sendiri dan gunakan sesuai keperluan.

Diantara penyedia layanan email gratis. Gmail menjadi salah satu yang sangat populer digunakan, walaupun penyedia layanan email gratis ada banyak. Seperti Yahoo, Hotmail, Yandex, Outlok, dan banyak lagi.

Namun di sini saya akan menjelaskan Google Mail (Gmail) dan Yahoo Mail saja.

Kelebihan Membuat Akun Gmail

Gmail memiliki beragam fitur yang bisa dinikmati secara gratis, berikut salah satu kelebihan menggunakan Gmail sebagai layanan berkirim pesan elektronik kalian.

  1. Dengan memiliki akun Gmail, secara otomatis kalaian akan langsung terhubung dengan semua fitur-fitur yang dimiliki Google, seperti Maps, YouTube, Play, News, Gmail, Drive, Calendar, Google+, Translate, Photos, dan lain-lain.
  2. Memiliki fitur untuk menyaring spam, jadi sangat aman dari hal-hal buruk yang mengintai informasi pribadi penggunanya.
  3. Email masuk dapat diberi label dan dikelompokkan ke dalam folder-folder sesuai keinginan, agar tersusun rapi dan mudah di temukan saat di butuhkan.
  4. Gmail dapat di akses Offline menggunakan web browser di komputer hanya dengan memasang ekstensi gmail offline chrome pada web browser.
  5. Dapat melampirkan file dengan ukuran yang cukup besar, hingga 25MB. Ini akan sangat membantu jika ingin mengirim file-file penting ke teman atau kerabat.
  6. Email yang masuk akan langsung terlihat tanpa perlu melakukan refresh pada gmail.

Dengan fitur seperti itu, tentunya akan sangat berguna bagi pengguna email, tapi jika masih ragu, kalian bisa melihat kelebihan email Yahoo berikut ini.

Kelebihan Membuat Akun Yahoo Mail

Kalau Gmail memiliki beragam fitur bermanfaat, tentu yahoo juga punya kelebihan yang tak kalah bermanfaat di bandingkan dengan Gmail.

  1. Selain sebagai media berkirim pesan, yahoo mail juga menyediakan berita-berita terbaru yang bisa di lihat tanpa harus keluar dari Yahoo Mail.
  2. Sama halnya dengan Gmail, Yahoo juga Memiliki fitur untuk menyaring spam, namun lebih spesifiknya juga mempunyai tambahan fasilitas disposable email.
  3. Email masuk juga dapat diberi label dan dikelompokkan ke dalam folder-folder sesuai keinginan layaknya fitur yang dimiliki Gmail.
  4. Yahoo dapat dapat mengunduh beberapa file lampiran (attachment) sekaligus, dan file tersebut langsung menjadi file terkompresi.
  5. Juga mampu melampirkan file dengan ukuran yang cukup besar, hingga 25MB. Ini akan sangat membantu jika ingin mengirim file-file penting ke teman atau kerabat.
  6. Email yang di tulis akan tersimpan di folder Draft jika dalam proses menulis komputer atau HP tiba-tiba mati. Dan dapat kalian lanjutkan setelah komputer kembali dihidupkan.

Nah, dari penjelasan kelebihan dari kedua layanan di atas, mana yang kalian pilih?. Jika pilihan sudah di tentukan, selanjutnya mari bahas cara membuat akun email.

Cara Membuat Email di Gmail

Dimulai dari cara membuat akun Gmail, Berikut ini tahap-tahap pembuatan akun Gmail yang saya jelaskan dengan detail.

1. Cara Membuat Akun Gmail di HP Android

Proses pembuatan email di Gmail ini saya buat melalui HP Android, dan cara ini juga berlaku untuk semua jenis HP, baik Android maupun iPhone.

  1. Kunjungi situs Google Mail melalui link berikut ini https://mail.google.com/mail/signup.
  2. Akan terbuka halaman registrasi email baru. Isikan data diri lengkap sesuai yang di minta pada formulir registrasi. Cara Buat Email di Gmail
    • Nama Depan : Isi dengan nama depan kalain.
    • Nama Belakang : Isi dengan nama belakang kalian.
    • Nama Pengguna : ini adalah alamat email yang akan kalian gunakan nanti. Buat seunik mungkin.
    • Sandi : Masukkan password/kata sandi yang mudah di ingat. Minimal 8 karakter dan wajib menggunakan kombinasi huruf, angka, dan simbol.
    • Konfirmasi : Masukkan kembali password/kata sandi yang sudah di tulis tadi untuk mengkonfirmasi ulang.
    Selanjutnya klik tombol Berikutnya untuk melanjutkan.
  3. Email sudah berhasil didaftarkan, di tandai tulisan "Selamat datang di Google". Namun tidak sampai disitu, selanjutnya lengkapi formulir yang di sediakan berikutnya. Cara Buat Akun Gmail
    • Nomor Telepon : Masukkan nomor telpon kalian yang masih aktif (Opsi ini bisa di isi, bisa juga tidak).
    • Alamat Email Pemulihan : Isi dengan alamat email teman/kerabat. Fungsinya jika nantinya lupa sandi email, bisa di reset melalui email teman/kerabat kalian (Opsi ini bisa di isi, bisa juga tidak).
    • Tanggal, Bulan, Tahun : Masukkan tanggal lahir kalian yang sebenar-benarnya.
    • Jenis Kelamin : Kalian pria atau wanita?.
    Jika sudah lengkap, klik tombol Berikutnya untuk melanjutkan.
  4. Akan tampil halaman Privasi dan Persyaratan Layanan. Silahkan di baca dengan seksama, dan klik tombol Saya Setuju untuk menyelesaikan proses registrasi. Cara Buat Gmail di Android
  5. Akan muncul halaman selanjutnya bertuliskan Selamat Datang, pertanda akun gmail kalian telah berhasil dibuat. Klik tombol Lanjutkan ke Gmail untuk masuk ke akun email kalian.

CATATAN : Jika pada langkah ke 5 Gmail meminta proses verifikasi, biasanya gmail akan mengirimkan kode via SMS ke nomor kalian. Cukup masukkan kode yang masuk via SMS tadi ke kolom yang tersedia lalu klik Lanjutkan dan proses verifikasi telah berhasil.

2. Cara Membuat Akun Gmail di Komputer

Proses pembuatan email baru di Gmail memiliki proses yang sama dengan pembuatan di HP, hanya berbeda perangkat saja. Jadi nyalakan komputer kalian untuk memulai proses ini.

  1. Buk a aplikasi Browser yang ada di komputer kalian, bisa Google Chrome atau Mozilla Firefox lalu Kunjungi situs Google Mail melalui link berikut ini Halaman Registrasi Gmail.
  2. Kalian akan di hadapkan pada halaman registrasi/pendaftaran akun gmail.
  3. Isi data diri kalian pada setiap kotak formulir yang disediakan. Mulai dari Nama Depan, Nama Belakang, Nama Pengguna, Sandi, dan Konfirmasi Ulang Sandi. Jika semua sudah terisi klik tombol Berikutnya untuk melanjutkan. Cara Buat Gmail di Android
  4. Pada halaman berikutnya isi lagi data yang di minta. Mulai dari Nomor Telpon, Alamat Email Pemulihan (Masukkan saja email teman dekat kalian), Tanggal Lahir, dan Jenis Kelamin. Jika semua data sudah lengkap, klik tombol Berikutnya untuk melanjutkan. Membuat Gmail Langsung Jadi
  5. Selanjutnya kalian akan dihadapkan pada halaman Verifikasi Nomor Telpon. Masukkan nomor telpon kalian dan klik Berikutnya. akan ada SMS masuk ke HP kalian yaitu sebuah Kode Verifikasi. Masukkan kode verifikasi tersebut ke halaman verifikasi, lalu klik Verifikasi. Cara Mudah Buat Akun Gmai
  6. Halaman selanjutnya menampilkan Pengoptimalan Nomor Telpon. Klik saja Ya, Saya Ikut. Kalian akan di hadapkan dengan halaman Privasi dan Persyaratan Layanan. Baca persyaratan layanan sampai selesai lalu klik Saya Setuju untuk menyetujui persyaratan yang seudah di tentukan. Buat Email di Gmail Indonesia
  7. Kalian akan menemukan tampilan awal Gmail seperti gambar berikut. Silahkan kostumasi tampilan antar muka gmail sesuai keinginan kalian. Cara Membuat Gmail Baru di Komputer
  8. Selamat, akun Google Mail kalian berhasil di buat. Kalian sudah bisa mengirim pesan menggunakan gmail. Cara Terbaru Membuat Akun Gmail

Cara Membuat Email di Yahoo

Selanjutnya untuk membuat akun Yahoo Mail, Berikut ini tahap-tahap pembuatannya yang saya jelaskan dengan detail.

1. Cara Membuat Akun Yahoo Mail di HP

  1. Kunjungi situs Yahoo Mail melalui link berikut ini https://login.yahoo.com/account/create.
  2. Halaman registrasi akan terbuka, selanjutnya lengkapi kotak formulir yang di sediakan. Cara Buat Akun Yahoo Mail
    • Nama Depan : Isi dengan nama depan kalain.
    • Nama Belakang : Isi dengan nama belakang kalian.
    • Alamat Email : ini adalah alamat email yang akan kalian gunakan nanti. Buat seunik mungkin.
    • Kata Sandi : Masukkan password/kata sandi yang mudah di ingat. Minimal 8 karakter dan wajib menggunakan kombinasi huruf, angka, dan simbol.
    • Nomor Ponsel : Masukkan nomor ponsel kalian yang masih aktif.
    • Tanggal, Bulan, Tahun : Masukkan tanggal lahir kalian yang sebenar-benarnya.
    • Jenis Kelamin : Pilih jenis kelamin kalian (Opsi ini bisa di isi, bisa juga tidak).
    Jika sudah lengkap, klik tombol Lanjutkan untuk langkah selanjutnya.
  3. Pada halaman ini, kalian di minta melakukan verifikasi nomor telpon melalui SMS. Klik saja tombol Kirimi saya Kunci Akun via SMS. Cara Buat Email di Yahoo
  4. Cek SMS masuk di HP kalian, copy kode verifikasi yang masuk di HP kalian dan masukkan ke kotak verifikasi di halaman verifikasi akun. Klik Verifikasi untuk melakukan verifikasi kepemilikan email. Cara Buat Email Yahoo Indonesia
  5. Proses pembuatan Email Yahoo telah selesai. Selanjutnya centang penawaran promosi atau layanan yahoo untuk mendapatkan berita terbaru seputar yahoo. Klik Lanjutkan untuk masuk ke Email Yahoo kalian. Cara Buat Email Yahoo di Android

Proses pendaftaran akun baru Yahoo sudah berhasil, selanjutnya silahkan gunakan email yahoo kalian untuk berkirim pesan.

2. Cara Membuat Akun Yahoo Mail di Komputer

Sama saja dengan proses pembuatan Yahoo Mail melalui HP, hanya saja ini di lakukan di perangkat Komputer atau Laptop. Ikuti langkah berikut ini.

  1. Buka alamat pendaftaran Yahoo Mail melalui link berikut ini Halaman Registrasi Yahoo Mail.
  2. Isi Data Diri kalian secara lengkap dan benar. Jika semua sudah dilengkapi, Klik tombol Lanjutkan
  3. Halaman selanjutnya mengahruskan kalian untuk melakukan Verifikasi Nomor Telepon. Lakukan verivikasi dengan memasukkan Kode yang dikirimkan Yahoo melalui SMS. Selanjutnya klik Verifikasi
  4. Selamat, proses pembuatan akun Email Yahoo Indonesia telah berhasil.

Pembuatan Email Yahoo sedikit lebih simpel di bandingkan Gmail, tapi tetap saja itu tergantung selera masing-masing.

Kesimpulan

Itulah beberapa pilihan yang bisa kalian coba untuk membuat akun Email dengan cepat. Sebenarnya Gmail atau Yahoo, menurut saya sama saja, tergantung pilihan masing-masing saja lah.

Untuk Gmail memiliki kelebihan yang mungkin menjadi hal yang sangat dibutuhkan, namun Yahoo juga tidak kalah menarik tentang fitur yang di sediakan. Saya sendiri merekomendasikan Gmail, karena melihat penggunanya sudah sangat banyak.

Jika kalian memiliki pertanyaan tentang tutorial langkah pembuatan Email melalui Gmail dan Yahoo pada artikel ini, jangan ragu untu k meninggalkan komentar.

Artikel Terkait

Bagikan:

Tinggalkan komentar