Cara Mengatasi Tidak Bisa Bayar via Pulsa di Google Play Store

Kak Her

Mengatasi Masalah Pembayaran Pulsa di Playstore

Google Play Store merupakan layanan konten digital penyedia berbagai aplikasi, games, dan ebook yang bisa di dapatkan secara gratis dan juga berbayar.

Google Play juga menyediakan berbagai metode pembelian yang bisa di bayarkan melalui kartu kredit atau debet, Gopay, Saldo Google Play, Redem Code, bahkan menggunakan Pulsa.

Namun terkadang ada beberapa kendala terkait pembayaran menggunakan Pulsa atau tagihan Operator, seperti yang saya alami beberapa waktu lalu.

Tepatnya 5 hari yang lalu saya mau beli Gold Pass Agustus Season yang setiap bulannya tersedia di game Clash Of Clans yang harganya Rp 75.000. Saya masih main game ini untuk sekedar mengisi waktu luang.

Pembelian Gold Pass Agustus Season Clash Of Clans
Pembelian Gold Pass Agustus Season Clash Of Clans.

Karena saya memiliki cukup pulsa telkomsel untuk membeli paket tersebut, saya coba melakukan pembayaran via pulsa telkomsel namun ternyata muncul tulisan seperti ini.

Perangkat Anda tidak disiapkan untuk tagihan operator. Hubungi operator seluler Anda.

Pada kasus ini, saya hanya bisa melakukan pembayaran via pulsa Indosat, sedangkan untuk telkomsel tidak bisa. Padahal pulsa telkomsel saya cukup untuk melakukan pembelian dalam aplikasi.

Perangkat Anda tidak disiapkan untuk tagihan operator. Hubungi operator selular Anda
Tidak bisa membeli mengunakan pulsa Telkomsel.

Kenapa tidak bayar pakai pulsa Indosat saja? itu karena pulsanya gak ada 😒

Saat ini saya menggunakan perangkat Xiaomi MI 5S dengan custom Rom SyberiaOs dengan dual sim yang aktif. Saya berasumsi bahwa penyebab saya tidak bisa melakukan pembayaran adalah karena penggunaan Custom Rom. Tapi ternyata saya salah.

Setelah saya lakukan percobaan beberapa kali, saya temukan masalahnya. Jika anda juga memiliki masalah yang sama, saya harap anda membaca persyaratan dan ketentuan operator terlebih dahulu, dan ikuti langkah memperbaiki masalahnya di bawah ini

Gunakan SIM 1 Untuk Melakukan Pembayaran

Di beberapa kasus yang paling sering saya temukan yaitu penggunaan dual sim saat pembelian aplikasi di playstore. Dengan cara ini beberapa operator mungkin mengizinkan, namun untuk telkomsel sendiri tidak mengizinkan hal ini.

Seperti kasus yang saya alami, pada gambar ke 2 di atas, yang bisa melakukan pembayaran hanya kartu SIM 1 (Indosat), sedangkan SIM 2 (Telkomsel) tidak mengizinkan dengan alasan seperti yang tertera di gambar.

Lalu apa yang harus dilakukan kemudian?

Langkah 1 : Langsung membuka SIM Tray dan menempatkan kartu yang akan anda gunakan untuk membayar (Telkomsel) ke SIM 1.

Playstore Tidak Bisa Bayar Pakai Pulsa

Langkah 2 : Pastikan anda memiliki data internet di SIM 1 (Telkomsel), karena anda harus online menggunakan SIM 1. Salah satu syarat untuk bisa menggunakan Telkomsel untuk pembayaran di playstore adalah harus menggunakan jaringan telkomsel saat proses pembelian. Sedangkan saat mendownload anda bisa menggunakan jaringan wifi.

Langkah 3 : Setelah SIM Tray terpasang, Selanjutnya Masuk ke menu Settings » Jaringan & internet » Kartu SIM.

Metode Pembayaran Pulsa TIdak Bisa di Playstore

Langkah 4 : Pada menu Kartu SIM ini, Non-aktifkan fungsi jaringan di SIM2. Fungsinya agar Playstore tidak mendeteksi metode pembayar pulsa selain kartu utama SIM1 (Telkomsel).

Tambahkan Metode Pembayaran Playstore

Langkah 5 : Setelah SIM2 di non-aktifkan, maka otomatis penggunaan data akan di ambil alih SIM1 (Telkomsel). Sekali lagi, pastikan SIM 1 memiliki kuota internet. Selanjutnya silahkan kembali ke aplikasi dan coba lakukan pembayaran. Di sini terlihat kartu telkomsel sudah bisa digunakan untuk melakukan pembayaran aplikasi.

Telkomsel Bisa Bayar Playstore

Langkah 6 : Masukkan password email anda untuk menyetujui pembelian aplikasi.

Bayar Playstore Pakai Pulsa

Langkah 7 : Dan, Pembayaran berhasil. Anda akan menerima SMS dan Email dari Google Play sebagai bukti pembayaran yang berhasil.

Bayar Playstore via Pulsa Berhasil

Saya sendiri menerapkan cara ini dan berhasil membeli paket Gold Pass Agustus Season dari Super Cell.

Jika setelah menjalankan cara di atas namun masih saja tidak bisa melakukan pembayaran, coba Reboot HP anda.

Sebenarnya tidak hanya telkomsel dan indosat saja yang memiliki kendala seperti ini, namun operator selular lain seperti Tri, XL, AXIS juga kadang memiliki kendala yang sama.

Artikel Terkait

Bagikan:

Tinggalkan komentar