Bansos UMKM: Besaran Dana, Syarat, Hingga Proses Pencairan BLT 2021

Lingkarberita.com – Pandemi Covid-19 yang sudah melanda lebih dari 1 tahun memberikan dampak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Banyak perusahaan besar hingga UMKM mulai memutar otak untuk bisa bertahan. Dukungan pemerintah yang dilakukan saat ini adalah bansos UMKM di tahun 2021.

 Pengertian UMKM dan Bansos UMKM

UMKM merupakan singkatan usaha mikro, kecil dan menengah. Istilah ini digunakan untuk jenis usaha yang skalanya masih kecil. Kriteria UMKM sudah tercantum dalam UU nomor 20 tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah.

Baca Juga :  Dari Esemka ke Tesla, Bagaimana Kelanjutan Proyek Pabrik Mobil Listrik RI?

Usaha mikro bisa dimiliki oleh perorangan maupun badan usaha yang telah memenuhi syarat sebagaimana UU yang berlaku. Sedangkan untuk usaha kecil merupakan usaha ekonomi produktif yang dikelola dan berdiri sendiri oleh badan usaha atau perorangan dan bukan bagian dari anak perusahaan.

Usaha menengah merupakan usaha ekonomi produktif dan berdiri sendiri yang bukan merupakan cabang atau anak perusahaan. Usaha menengah bisa dibuat oleh perorangan dan badan usaha tertentu. Biasanya skala omset untuk UMKM kurang dari 50 juta per bulannya.

Baca Juga :  Cara Cek Penerima Bansos Tunai Rp 300 Ribu via cekbansos.kemensos.go.id, Cukup Siapkan KTP

Bansos UMKM merupakan bantuan yang diberikan pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM untuk disalurkan kepada usaha skala mikro, kecil dan menengah. Bantuan ini diberikan agar para pengusaha tidak gulung tikar akibat krisis ekonomi karena wabah Corona.

Bansos UMKM sudah mulai diberikan pada 2020 lalu. Tujuannya adalah pemulihan ekonomi masyarakat lebih cepat dan para pengusaha kecil mampu bertahan dan tetap mengembangkan bisnisnya di masa sulit seperti sekarang ini.

Besaran bansos mungkin tidak terlalu besar, namun akan sangat berdampak untuk laju ekonomi karena kondisi ekonomi yang sehat ditandai dengan daya beli masyarakat yang semakin besar. Jika masalah teratasi pada  lapisan paling kecil, maka keadaan ekonomi nasional pun juga akan membaik.

Baca Juga :  Harga Emas Hari ini di Pegadaian, Rabu 2 Juni 2021

 Besaran Dana Bantuan Sosial untuk UMKM

Dana yang digelontorkan pemerintah untuk menanggulangi keadaan ekonomi akibat wabah pandemi Covid-19 tentu tidaklah sedikit. Ratusan miliar hingga puluhan triliunan diberikan kepada masyarakat dalam bentuk bantuan langsung tunai maupun sembako.

Semua lapisan masyarakat mendapatkan bantuan presiden sejak 2020 dan diteruskan hingga 2021 mendatang. Salah satu yang menjadi fokus pemerintah adalah sokongan dana untuk UMKM. Mengapa? Sebab jika UMKM tetap bertahan, diharapkan ekonomi Indonesia bisa perlahan-lahan membaik.

Besaran dana yang diterima untuk bansos UMKM adalah Rp 2.400.000,-. Pihak yang bertanggung jawab untuk menyalurkan bantuan adalah Kementerian Koperasi dan UKM atau Kemenkop UKM dengan istilah Bantuan Presiden Produktif Usaha Mikro atau BLT BPUM UMKM.

Baca Juga :  Link BPUM Tahap 3 Login www.depkop.go.id Daftar Banpres UMKM 2021

Bantuan UMKM ditargetkan kepada 12 juta pelaku usaha mikro yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia. Jumlah dana yang dicairkan oleh pemerintah mencapai 22 triliun.Masyarakat yang ingin menjadi salah satu penerima bantuan sosial UMKM, maka harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu.

Syarat dan Ketentuan Penerima Bantuan Sosial BPUM UMKM

Keterbatasan jumlah penerima bansos BPUM UMKM dimaksudkan agar dana yang dicairkan tertuju pada sasaran yang tepat. Maka, tidak semua usaha mikro mendapatkan bantuan ini. Ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus Anda penuhi, antara lain:

  1. Merupakan warga negara Indonesia asli
  2. Memiliki kartu identitas atau Kartu Tanda Penduduk dengan NIK asli
  3. Mempunyai usaha mikro
  4. Bukan bagian dari PNS, Anggota Polri/ TNI/ maupun pegawai BUMD dan BUMN
  5. Tidak memiliki pembiayaan dari KUR dan perbankan atau terbebas dari penerimaan kredit
  6. Jika ada perbedaan alamat usaha dengan domisili, maka wajib melampirkan SKU (Surat Keterangan Usaha)
  7. Menyertakan nomor telepon aktif
Baca Juga :  Cara Daftar Bantuan Sosial Tunai Rp 300 Ribu Tahun 2021

Jika semua dokumen yang dibutuhkan sudah terpenuhi dan Anda masuk dalam kualifikasi penerima BLT UMKM, maka bisa diusulkan oleh Banpres Produktif untuk usaha mikro melalui:

  • Lembaga atau kementerian
  • Dinas koperasi dan UKM
  • Koperasi yang sudah sah menjadi badan hukum
  • Perusahaan atau perbankan yang sudah terverifikasi di OJK
Baca Juga :  BLT UMKM Tahap 3 Segera Cair, Ini Syarat Terbaru Untuk Dapat Banpress Produktif Usaha Mikro (BPUM) Tahun 2021

 Cara Pengecekan Penerima Bantuan Sosial UMKM

Meskipun Anda sudah mengajukan bansos UMKM, namun masih ada kemungkinan pengajuan Anda akan ditolak. Maka, pastikan terlebih dahulu nama Anda masuk dalam penerima BLT UMKM atau tidak. Caranya adalah:

  1. Login ke alaman eform.bri.co.id atau BPUM
  2. masukkan nomor NIK yang tertera pada KTP
  3. Masukkan kode verifikasi yang dikirimkan melalui menu pesan Anda
  4. Muncul kotak Inquiry dan ‘klik Proses Inquiry’
  5. Muncul pemberitahuan NIK Anda terdaftar sebagai penerima BLT UMKM maupun tidak
  • Jika nama Anda muncul, maka bisa melakukan pencairan ke kantor BRI terdekat
  • Jika nama Anda tidak muncul, maka ada beberapa syarat dan ketentuan yang tidak sesuai kriteria
  1. Jika sudah selesai jangan lupa untuk logout dari laman agar data pribadi Anda tetap aman
Baca Juga :  Bantuan PPKM Darurat akan Segara Diberikan, Ini Daftar Bantuannya

Sebenarnya setiap penerima BLT UMKM akan menerima notifikasi resmi dari BRI. Nomor yang digunakan adalah BRI-INFO dengan format:

‘YTH. (Nama Penerima bantuan) pemilik rekening 000xxxx, Anda terdaftar sebagai penerima Banpres Produktif (BPUM), hub BRI terdekat untuk verifikasi dan pencairan’

Namun, adanya SMS seperti di atas kadang kala dianggap sebagai penipuan. Jangan mudah percaya dan langsung lakukan pengecekan di laman resmi eform bri.

Baca Juga :  6 Syarat PNM Mekar Tahap 2, Penerima Cek BNI BPUM, Cairkan Rp 1,2 juta

Pengecekan daftar nama penerima bantuan pun sangatlah mudah karena bisa diakses melalui smartphone maupun laptop. Jika Anda merasa kesulitan untuk masuk ke laman eform bri, tunggulah beberapa saat. Pastikan jaringan internet stabil dan kuota Anda memenuhi.

Mekanisme Pencairan Dana Bansos UMKM

Bagi Anda yang ingin mencairkan dana bantuan UMKM dari pemerintah tidak perlu bingung dan khawatir. Sebab, Pemerintah pusat atau dalam hal ini Kemenkop UKM hanya bekerjasama dengan bank BRI saja. Sehingga sudah dipastikan Anda hanya cukup datang ke kantor cabang BRI terdekat.

Berikut langkah-langkah pencarian BLT BPUM UMKM:

  1. Memastikan Anda mendapatkan pesan SMS dari pihak bank terkait atau BRI dan isinya menjelaskan jika Anda adalah bagian dari penerima BPUM tahun 2021
  2. Lakukan pengecekan ulang untuk memastikan kebenaran pesan tersebut atau langsung datang ke kantor cabang BRI terdekat
  3. Anda akan diberikan jadwal pencairan dana dan persyaratan apa saja yang diperlukan. Pencairan tidak bisa dilakukan secara langsung karena sifatnya bertahap dan sesuai kapasitas masing-masing kantor cabang BRI. Selain itu, untuk menghindari kerumunan agar protokol kesehatan tetap terjaga
  4. Jika sudah memasuki jadwal pencairan, Anda langsung datang saja ke kantor cabang BRI yang sudah dipilih dengan membawa dokumen persyaratan berupa buku tabungan, kartu atm dan KTP
  5. Sampaikan keperluan Anda kepada satpam atau langsung mengambil nomor antrian customer service
  6. Tunggu beberapa saat hingga pihak CS memanggil Anda
  7. Pihak CS akan memberikan surat pernyataan tanggung jawab mutlak (SPTJM) atau kuasa penerima uang bantuan BPUM 2021
  8. Anda wajib menandatangani SPTJM tersebut
  9. Tunggu hingga pihak teller memanggil Anda
  10. Dana bantuan UMKM diserahkan dan siap digunakan untuk mengembangkan usaha Anda
Baca Juga :  Kemenag Salurkan 3,8 Juta Bantuan Paket Data PJJ Tahap 1 sampai 15 GB/Bulan

Para pelaku UMKM semakin memprihatinkan akibat wabah virus Corona sepanjang tahun 2020 hingga saat ini. Adanya bansos UMKM yang diberikan pemerintah diharapkan mampu membuat usaha Anda tetap bertahan dan berkembang. Apakah Anda salah satu penerima dana bantuan UMKM?

Baca Juga :  Cek Penerima BLT UMKM, Klik Eform.bri.co.id/bpum Atau Banpresbpum.id, Berikut Panduannya

 

 

 

 

Leave a Comment