Cara Daftar UKM Online & Offline, Serta Proses Pencairan Banpres UKM 2021

Lingkarberita.com – Menjalankan sebuah bisnis atau usaha diperlukan tekad, ilmu, konsistensi dan kreativitas. Jika Anda sedang merintis usaha, tentu masih digolongkan dalam pengertian UKM, yakni Usaha Kecil dan Menengah. Biasanya usaha ini beromset <300 juta. Bagaimana cara daftar UKM online?

 

Sebenarnya, UKM bisa dijalankan melalui penjualan langsung maupun online. Agar UKM Anda bisa berjalan lancar, pastikan Anda sudah mengantongi izin usaha. Baru-baru ini pemerintah juga memberikan BLT untuk UKM akibat mewabahnya virus Covid-19.

 

UKM  Adalah…

Usaha Kecil dan Menengah merupakan istilah untuk kumpulan usaha yang berskala kecil hingga menengah. Usaha kecil merupakan usaha yang dijalankan oleh perorangan maupun badan usaha dengan karyawan tidak lebih dari 20 orang. Omset yang didapatkan kurang dari 300 juta.

Baca Juga :  Info Terbaru Harga Uranium Saat Ini 2021, Gila ternyata Mahal Banget !

 

Usaha menengah merupakan jenis usaha yang dikelola orang badan usaha maupun perorangan dengan jumlah karyawan kurang dari 50 orang. Omset usaha yang diperoleh maksimal 500 juta.Usaha kecil dan menengah berfokus pada beberapa bidang, antara lain:

  1. UKM Fashion

Bidang fashion adalah salah satu ide bisnis UKM yang berpeluang besar. Dunia fashion selalu berubah-ubah dengan trend yang menarik untuk terus diikuti. Anda bisa menjual produk fashion apa saja, baik modal pribadi atau dimulai sebagai reseller.

  1. UKM Kuliner
Baca Juga :  Harga Emas Hari ini di Pegadaian, Kamis 3 Juni 2021

Usaha yang bergerak di bidang kuliner mempunyai skala pasar yang besar. Anda bisa memulai jenis UKM ini dari modal yang kecil. Peluang kesuksesannya lebih besar karena banyak variasi makanan dan cara penyajian yang kreatif.

  1. UKM Kerajinan Tangan

Bidang UKM yang terakhir adalah kerajinan tangan. Produk-produk homemade biasanya memiliki nilai lebih dan dipandang sebagai produk potensial karena dapat dijual dan diekspor hingga ke luar negeri. Contoh UKM kerajinan tangan adalah kerajinan berbahan kulit hingga produk daur ulang.

 

Cara Daftar SIUP UKM Online dan Offline

Baca Juga :  Bansos UMKM: Besaran Dana, Syarat, Hingga Proses Pencairan BLT 2021

Kelancaran menjalankan bisnis yang masih berskala UKM tidak terlepas dari pengembangan yang dilakukan oleh pemilik. Para era digitalisasi saat ini, banyak usaha kecil yang cepat berkembang menjadi besar karena penggunaan sosial media untuk pemasarannya.

 

Sebelum mendaftarkan UKM Anda secara online, pastikan legalitasnya sudah Anda dapatkan. SIUP atau Surat Izin Usaha Perdagangan. Surat izin ini bisa Anda urus secara online dan offline yakni dengan cara:

  1. Melalui OSS
  • Pendaftaran melalui laman OSS
  • Login akun Anda dan isi semua data yang diperlukan
  • NIB diterbitkan

 

  1. Melalui Kantor Perdagangan
  • Mengambil form pendaftaran
  • Mengisi form pendaftaran dengan data-data yang benar dan valid
  • Membayar biaya SIUP
  • Mengambil SIUP sesuai jadwal yang sudah ditentukan
Baca Juga :  Cara Mudah Agar Dana BLT UMKM Rp2,4 Juta Cepat Cair di PNM Mekaar

 

Bansos UKM Tahun 2021 dan Cara Daftar UKM Online

Banyak masyarakat yang mulai menjalankan bisnis kecil-kecilan atau tergolong UKM karena pandemi Covid-19. Hal ini dikarenakan banyak pegawai yang dirumahkan dan akhirnya beralih untuk membuka usaha sendiri. Jika Anda memiliki UKM, Anda bisa mendapatkan Banpres sebesar 2,4 juta rupiah.

 

Bagaimana cara mendapatkan bantuan langsung tunai? Hal pertama yang harus Anda pahami adalah bantuan sosial UKM ditujukan bagi Anda yang memenuhi syarat dari Kementerian terkait, di antaranya:

  1. Anda merupakan WNI asli
  2. Mempunyai Kartu Tanda Penduduk/ kartu identitas dengan NIK
  3. Bukan sebagai anggota Polri/ TNI, pegawai BUMD dan BUMN serta PNS
  4. Memiliki usaha kecil dan menengah
  5. Terbebas dari penerimaan kredit dan tidak memiliki pembiayaan KUR atau perbankan
  6. Harus menyertakan SKU (Surat Keterangan Usaha) jika alamat tempat usaha berbeda dengan tempat tinggal
  7. Mencantumkan nomor telepon aktif
Baca Juga :  Salurkan Bantuan Kuota, Kemenag Tidak Ingin PJJ Ganggu Uang Dapur

 

Setelah beberapa dokumen yang diperlukan telah terpenuhi dan Anda termasuk dalam daftar UKM online penerima bantuan, maka verifikasi akan diteruskan oleh Banpres Produktif ke pemerintah pusat melalui:

  • Pengelola UKM pusat dan Dinas Koperasi
  • Kementerian dan lembaga terkait
  • Koperasi yang telah berbadan hukum tetap
  • Perbankan dan perusahaan yang sudah diakui OJK
Baca Juga :  Cara Cek Penerima Bansos Tunai Rp 300 Ribu via cekbansos.kemensos.go.id, Cukup Siapkan KTP

 

Proses pengajuan dana bantuan UKM memerlukan beberapa waktu, sehingga Anda harus melakukan pengecekan secara mandiri. Tidak semua pengajuan akan diterima, maka cara mengeceknya adalah:

  1. Login ke website resmi BPUM atau eform.bri.co.id
  2. Muncul kolom untuk memasukkan NIK (16 digit) pada KTP Anda
  3. Anda akan mendapatkan kode verifikasi dan masukkan kode tersebut dengan benar. Jika ada kombinasi angka dan huruf kapital, Anda harus menulisnya sama persis.
  4. Setelah muncul kotak Inquiry, langsung ‘klik Proses Inquiry’
  5. Pemberitahuan penerima bantuan akan muncul berdasarkan NIK Anda. Ketentuannya:
  • Nama Anda akan muncul, maka berhak mendapatkan bantuan dan bisa langsung konfirmasi ke kantor BRI terdekat
  • Nama Anda tidak muncul, maka terdapat syarat dan ketentuan yang belum sesuai kriteria
  1. Setelah pengecekan selesai, usahakan langsung logout akun Anda agar data-data pribadi tetap aman
Baca Juga :  Info Terbaru Harga Uranium Saat Ini 2021, Gila ternyata Mahal Banget !

 

Sebenarnya cara paling mudah untuk mengetahui berhasilnya pendaftaran penerima bantuan adalah menerima notifikasi resmi dari BRI. Pesan yang akan diterima dari BRI-INFO memiliki format:

‘YTH. (Nama Penerima bantuan) pemilik rekening 000xxxx, Anda terdaftar sebagai penerima Banpres Produktif (BPUM), hub BRI terdekat untuk verifikasi dan pencairan’

 

Baca Juga :  Bansos UMKM: Besaran Dana, Syarat, Hingga Proses Pencairan BLT 2021

Cara Pencairan Banpres UKM Tahun 2021

Bagi Anda pelaku UMK yang sudah terdaftar sebagai penerima bantuan, hendaknya segera melakukan pencarian dana sesuai jadwal yang ditentukan. Adapun cara pencairannya sebagai berikut:

  1. Anda perlu memastikan terlebih dahulu jika telah menerima SMS dari pihak BRI. isi pesan dari BRI-LINK biasanya menyatakan jika Anda adalah penerima bantuan UKM tahun 2021.
  2. Agar lebih yakin, Anda harus melakukan pengecekan ganda di laman resmi e-form BRI atau datang langsung ke kantor cabang BRI terdekat
  3. Jika pesan Anda benar-benar valid, maka pihak bank akan memberikan jadwal pencairan dana dan syarat apa saja yang perlu dibawa. Perlu diingat, pencairan tidak dapat dilakukan secara langsung sebab prosesnya dilakukan bertahap dan mencegah terjadinya kerumunan
  4. Ketika sudah tiba jadwal pencariannya, Anda bisa bergegas ke kantor cabang BRI terdekat dan pastikan sudah membawa dokumen persyaratannya (buku tabungan, KTP dan atm). Namun jika belum memiliki buku tabungan dan atm, Anda bisa membuatnya sekaligus.
  5. Setelah masuk, langsung saja ambil nomor antrian untuk customer service
  6. Pihak CS akan membantu Anda dan mengecek dokumen yang sudah dibawa. Selanjutnya Anda akan diberikan surat pernyataan tanggung jawab mutlak (SPTJM) atau kuasa penerima uang bantuan BPUM 2021
  7. Anda harus bertanda tangan di lembaran SPTJM tersebut
  8. Pihak CS akan mempersilahkan Anda untuk menunggu sebentar hingga dipanggil oleh bagian teller
  9. Dana bansos UMK cair dan bisa digunakan untuk mengembangkan usaha milik Anda
Baca Juga :  Harga Emas Hari ini di Pegadaian, Kamis 3 Juni 2021

 

Daftar UKM Online untuk mendapatkan bantuan pemerintah tidak diberikan kepada semua badan usaha atau perorangan, tetapi bagi pelaku UKM yang memenuhi syarat.  Bantuan ini bisa diurus dengan mudah dari lini RT/ RW/ kelurahan setempat.

Baca Juga :  Cek Penerima Bantuan PPKM Darurat 2021 Online Pakai KTP

 

 

 

 

 

Leave a Comment