Bansos IBU Hamil dan Anak Usia Dini Senilai Rp 3 Juta, Begini Cara Mendapatkannya

Lingkarberita.com – Kementerian Sosial (Kemensos) sudah mulai menyalurkan berbagai bantuan sosial sejak awal Januari 2021. Salah satunya program Keluarga Harapan (PKH).

Bantuan ini menyasar sejumlah kelompok, termasuk ibu hamil dan anak usia dini.

Direktur Jaminan Sosial Keluarga Kementerian Sosial Rachmat Kusnadi mengatakan, data penerima PKH berasal dari desa / dinas.

Baca Juga :  Simak Bantuan PPKM Online 2021, Berikut ini Daftarnya

Aparat desa menentukan keluarga mana yang berhak menerima bantuan. “Ya, semuanya dari desa,” kata Rahmat kepada Kompas.com, Kamis (14/1/2021).

Masyarakat yang Tidak Terdaftar dan Merasa Berhak Mendapat Bansos dari PKH Bisa Mendaftar di Kantor Desa atau Kelurahan.

Caranya dengan membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK).

Baca Juga :  Bansos UMKM: Besaran Dana, Syarat, Hingga Proses Pencairan BLT 2021

Setelah itu, perangkat desa akan melakukan musyawarah untuk menentukan kelayakan warga untuk menerima bantuan. Musyawarah akan menghasilkan laporan resmi yang ditandatangani oleh kepala desa / Laura dan perangkat desa lainnya, menjadi metadata akhir (daftar yang sudah ada).

Kemudian dinas sosial akan memverifikasi dan memvalidasi data identitas dengan mengunjungi rumah calon penerima manfaat. Apabila warga dianggap benar-benar membutuhkan bantuan, ia akan didaftarkan sebagai penerima PKH.

Baca Juga :  Pasang Twibbon Hari Lahir Pancasila 2021 Gratis Disini

“Jadi, bukan penyerahan KTP langsung, yang mendapat bantuan, tidak seperti ini,” kata Rashmat.

“Desa itu standar, sangat miskin, dll. Desa pasti tahu keluarga mana yang miskin atau tidak.” .

Untuk Ibu Hamil Prosedur ini berlaku untuk semua calon penerima PKH, tidak hanya ibu hamil dan anak usia dini. Sedangkan melalui PKH, setiap ibu hamil dan anak usia dini mendapat bantuan Rp 3 juta per tahun.

Baca Juga :  Cek Penerima BLT UMKM, Klik Eform.bri.co.id/bpum Atau Banpresbpum.id, Berikut Panduannya

Bantuan disalurkan dalam empat tahap yaitu Januari, April, Juli dan Oktober 2021. Dalam satu tahap, bantuan Rs. 750.000. Bantuan disalurkan melalui Himpunan Perbankan Negara (Himpara) yang meliputi BNI, BRI, Mandiri dan BTN.

Baca Juga :  Harga Emas Hari ini di Pegadaian, Kamis 3 Juni 2021

Rashmat menjelaskan, ibu yang berhak mendapatkan bantuan PKH adalah ibu hamil dengan jumlah kehamilan dan / atau menyusui terbatas.

Kebijakan PKH 2021 menyatakan bahwa seorang ibu hamil dapat menerima bantuan asalkan ada maksimal dua kali kehamilan, atau maksimal dua anak pada usia dini.

Baca Juga :  Info Terbaru Harga Uranium Saat Ini 2021, Gila ternyata Mahal Banget !

Sedangkan PKH diberikan kepada PAUD bagi mereka yang berusia 0-6 tahun yang belum bersekolah. Usia anak dihitung sejak ulang tahun terakhir. Baca juga: Lihat, Ini Syarat dan Cara Mendapatkan Bansos PKH BLT Hingga Rp. 3 juta.

Selain ibu hamil dan anak usia dini, ada tiga kelompok lain yang berhak mendapatkan PKH, yaitu penyandang disabilitas berat, lanjut usia (lanjut usia), dan anak sekolah.

Baca Juga :  5 Syarat Lolos Kartu Prakerja Gelombang 13, Segera Lengkapi Ya!

“PKH dibagikan kepada 10 juta keluarga penerima manfaat dari KPM pada Januari dengan anggaran sebesar 7,17 triliun rupiah,” kata Menteri Sosial Trey Rismaharini di akun Instagram kemensosri Kementerian Sosial.

Baca Juga :  Cara Daftar UKM Online & Offline, Serta Proses Pencairan Banpres UKM 2021

Rinciannya, penyandang disabilitas dan lansia 70 tahun ke atas menerima Rp 2,4 juta dalam satu tahun. Sedangkan bantuan kepada anak sekolah dibedakan menurut jenjang. Siswa SD / MI / sederajat mendapatkan Rp 900.000 per tahun.

Siswa menerima SMP / MTs / setara Rp 1,5 juta dalam satu tahun. Setelah itu, Siswa SMA / MA / Sederajat dalam satu tahun mendapatkan Rs. 2 juta.

Baca Juga :  Harga Emas 24 Karat Antam Hari Ini, 27 Mei 2021

Setelah link tersebut bisa dibuka, peserta bisa langsung menuju pencari By NIK untuk penerima PKH, KIS/PBI(BPJS), KIP(Kartu Indonesia Pintar) dan BSP (Bantuan Sosial Pangan). Bila status NIK peserta terdeteksi  terdaftar sebagai penerima PKH, maka akan muncul keterangan terdaftar ”Data Tersedia’ sebagai penerima PKH yang disertai dengan nama penerima dan sejumlah bantuan lainnya.

Baca Juga :  Cara Daftar Beasiswa Kemdikbud.go.id 2021 dengan Mudah

Untuk daerah lainnya, bisa langsung ke daftar link berikut ini :

Link untuk Cek Bantuan Sosial Tunai Wilayah Jawa Barat : https://bansos.pikobar.jabarprov.go.id atau Klik Disini

Link untuk Cek Bantuan Sosial Tunai Wilayah Jawa Timur https://radarbansos.jatimprov.go.id/  atau Klik Disini

Leave a Comment