open source
open source

Perangkat Lunak Open Source Paling Populer 2021

Perangkat lunak sumber terbuka – Jika Anda telah menghabiskan banyak waktu di internet, Anda mungkin pernah mendengar tentang perangkat lunak sumber terbuka tetapi Anda mungkin tidak sepenuhnya memahami apa itu dan mengapa itu ada.

Artikel ini akan menjelaskan fenomena terbaru ini dan menjelaskan beberapa manfaatnya bagi program-program yang memanfaatkan komunitas.

Singkatnya, perangkat lunak open source adalah perangkat lunak yang dibuat oleh semua orang – untuk semua orang. Harapan dibalik perkembangannya adalah dengan open access akan berkembang menjadi sesuatu yang mewakili keinginan sebenarnya dari pengguna komputer. Melalui jaringan partisipasi pengguna yang luas, masing-masing perangkat lunak ditingkatkan dan di-debug tanpa biaya atau kebijakan administratif.

Secara tradisional, program dikembangkan secara tertutup. Sebuah tim programmer profesional sedang membangunnya tetapi masyarakat secara keseluruhan bukanlah bagian dari konsepnya. Itu mahal untuk diproduksi, dan seperti yang mungkin bisa Anda bayangkan, biaya itu diteruskan ke pengguna akhir: konsumen.

Di sisi lain, perangkat lunak open source gratis. Gratis untuk diunduh, gratis untuk menginstal, gratis untuk digunakan, gratis untuk dimodifikasi, dan gratis untuk dibagikan.

Baca Juga :  Apa itu Spyware ? Contoh & Cara mencegahnya

Ini dimulai lebih dari dua puluh tahun yang lalu dan merupakan fenomena yang semakin populer. Pada konsep pertamanya, open source melahirkan World Wide Web seperti yang kita kenal sekarang. Internet secara keseluruhan adalah hasil dari izin gratis untuk mengakses web, menggunakan web, berkontribusi ke web, dan berbagi web dengan orang lain.

Tapi tentu saja tidak berhenti sampai di situ. Belum lama ini, Netscape mengubah versi komersial browser web Navigator menjadi open source. Saat ini, open source merambah ke ranah komersial juga.

Pada awalnya, ide open source mungkin tampak seperti ide gila bagi mereka yang mencari nafkah dengan mengembangkan perangkat lunak. Namun fakta menunjukkan prediksi yang berbeda.

Perangkat lunak sumber terbuka menempatkan perusahaan pada posisi yang bagus untuk mengubah merek dan memposisikan ulang diri mereka sendiri di pasar yang mungkin tidak mereka miliki sebelumnya.

Baca Juga :  Cara mengamankan Sistem Komputer agar Aman

Dalam dunia bisnis, open source adalah image-centric dan ketika konsumen melihat bahwa perusahaan berkontribusi (daripada menjual) kepada masyarakat pembeli, mereka mendapatkan ketenaran besar di mata penggunanya (ditambah peluang besar untuk menjual barang lain)

Mengundang audiens dalam pengembangan produk membangun komunitas dan kepercayaan. Ini juga mendefinisikan platform untuk meningkatkan keandalan.

Penggemar perangkat lunak open source bersikeras pada perangkat lunak yang andal dan sangat mengkritik versi komersial karena rawan kesalahan. Bahkan penggemar yang antusias mengklaim bahwa perdagangan adalah penyebab perangkat lunak yang jelek

Manfaat lain yang disoroti open source adalah kecepatan produk mereka dikembangkan, dipromosikan, didukung, dan didistribusikan. Ini karena orang-orang yang secara teratur menyumbangkan produk open source melakukannya untuk alasan yang tidak merangsang (selain mungkin untuk memenuhi ego mereka). Mereka sangat berbakat, tersedia, dan peduli.

Menghasilkan uang untuk proyek apa pun bisa berarti kematian instan. Itu dapat mematikan dorongan, keinginan, dan keinginan tulus untuk menciptakan produk yang baik. Dalam lingkungan komersial, peserta bekerja untuk mendapatkan upah daripada produk. Ini menempatkan proyek open source jauh di depan pesaing tunai mereka.

Baca Juga :  Beberapa Perusahaan Antivirus Komputer di Dunia Saat ini

Sebagai pengguna perangkat lunak, ini berarti Anda juga dapat berkontribusi pada proyek sumber terbuka, dan membantu mengembangkannya menjadi produk yang mencerminkan preferensi langsung Anda.

Anda tidak “terjebak” dengan menggunakan perangkat lunak sumber terbuka seperti Anda mungkin terjebak dengan pengolah kata atau database yang mahal. Anda memiliki akses yang sama ke perangkat lunak sumber terbuka yang dimiliki pemrogram, dan pada dasarnya, Anda adalah pelanggan Anda!

Mungkin saat ini Anda bertanya-tanya dari mana mendapatkan kesempatan luar biasa ini. Ada banyak peluang open source yang tersebar di internet dan dapat dengan mudah ditemukan melalui mesin pencari apa pun. Google adalah “proyek sumber terbuka” dan Anda pasti akan menemukan lebih banyak sumber daya daripada yang dapat Anda buang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *