Memahami Sistem Operasi dengan Lengkap

Kak Her

sistem operasi komputer
sistem operasi komputer

Memahami sistem operasi – Setiap komputer baru yang Anda bawa pulang dari toko memiliki sistem operasi yang terpasang di dalamnya. Tapi apa yang kebanyakan pengguna komputer baru tidak sadari adalah bahwa tanpa sistem operasi, komputer ini akan menjadi sekumpulan kemungkinan yang sederhana.

Komputer bertenaga yang tidak memiliki sistem operasi tidak akan menampilkan apa pun selain sekumpulan pesan teks membingungkan yang menjelaskan proses boot komputer. Di akhir proses ini, komputer mencari sistem operasi dan jika tidak ditemukan, ia akan meminta pengguna untuk memberitahunya di mana itu.

Komputer sebelumnya tidak memiliki sistem operasi, dan jika Anda memiliki pengalaman dengan komputer di awal 1980-an, Anda akan ingat bahwa kebanyakan dari mereka bahkan tidak memiliki hard drive! Komputer lama ini mem-boot sistem operasi MS-DOS dari driver yang disimpan pada floppy disk, dan untuk menggunakan program, pengguna menghapus boot floppy disk dan memasukkan floppy disk baru yang berisi program tersebut.

Floppy disk tidak hanya menyimpan perangkat lunak (pengolah kata, spreadsheet, dll.), Tetapi juga menyimpan driver yang diperlukan program untuk berkomunikasi dengan komputer. Seperti yang dapat Anda bayangkan, rumitnya proses perpindahan dari floppy ke floppy disk mendorong lahirnya sistem operasi.

Sistem operasi adalah program yang mengontrol bagaimana perangkat keras komputer (dan perangkat lunak yang diinstal) berfungsi. Ini mengelola aktivitas setiap komponen dan kemudian menampilkan aktivitas itu sebagai antarmuka yang mudah digunakan (GUI). Ini melacak di mana hal-hal di hard drive komputer Anda juga.

Tetapi mungkin yang paling penting bagi pengguna akhir adalah bahwa sistem operasi bertanggung jawab untuk menerjemahkan perintah yang dikeluarkan dengan keyboard dan mouse menjadi kode biner (objek 010110101) yang dapat berkomunikasi dengan satu set speaker, printer, pemindai, dan lainnya.

Dengan sistem operasi yang diinstal pada hard drive komputer, pengguna tidak perlu lagi mem-boot komputer dengan floppy disk, juga tidak perlu menjalankan program dari floppy disk. Semua driver untuk program disimpan di komputer dan digunakan saat program dimulai.

Komputer Macintosh Apple adalah di antara dua sistem pertama yang membangun hubungan pengguna-perangkat melalui antarmuka yang mudah digunakan. Saat ini, kami memiliki beberapa sistem operasi. Beberapa yang paling populer adalah Windows Vista, Mac OS X, ZETA, IBM, Unix, dan Linux.

Namun demikian, sistem operasi diperluas untuk menyertakan perangkat non-komputer seperti konsol game, pemutar musik portabel, dan PDA. Terlepas dari perangkatnya, sistem operasi yang diinstal di dalamnya memiliki tujuan yang sama di semua area: untuk mengaktifkan komunikasi antara pengguna dan perangkat.

Saat mempertimbangkan untuk mengupgrade komputer Anda ke sistem operasi baru, berhati-hatilah untuk memastikan Anda memiliki komponen perangkat keras yang diperlukan.

Kami mencoba memutakhirkan salah satu perangkat Windows 98 kami ke Windows XP, tetapi kami diperingatkan bahwa perangkat pertama mungkin bukan perangkat yang kompatibel dengan XP.

Rupanya, Windows XP memerlukan komponen yang tidak dikembangkan pada saat Windows 98 digunakan dan jika kita tetap ingin menginstal Windows XP pada mesin ini, sistem operasi baru akan mencari perangkat keras yang tidak dilengkapi dengan komputer. Itu akan menjadi resep instan untuk gagal.

Selain itu, berhati-hatilah saat menginstal sistem operasi yang tidak kompatibel dengan perangkat keras yang ada. Komputer Macintosh sangat berbeda dari komputer Windows dan Windows sama sekali tidak akan berjalan di Macintosh!

Artikel Terkait

Bagikan:

Tinggalkan komentar