Apa itu Spyware ? Contoh & Cara mencegahnya

Kak Her

spyware
spyware

Spyware adalah salah satu ancaman yang tumbuh paling cepat di Internet. Menurut National Cyber ​​Security Alliance, spyware menginfeksi lebih dari 90% dari semua komputer saat ini. Program berbahaya dan tidak mengganggu ini dirancang untuk melewati firewall dan program antivirus secara diam-diam tanpa sepengetahuan pengguna. Setelah dimasukkan ke dalam komputer Anda, hal ini dapat merusak kinerja sistem saat mengumpulkan informasi pribadi Anda. Untungnya, tidak seperti virus dan worm, spyware biasanya tidak menggandakan dirinya sendiri.

Dari mana asalnya
Biasanya, spyware berasal dari tiga cara. Metode pertama dan paling populer adalah ketika pengguna menginstalnya. Dalam skenario ini, spyware disertakan, dibundel, atau digabungkan dengan program gratis atau program komputer tanpa sepengetahuan pengguna. Pengguna mengunduh perangkat lunak ke komputernya. Setelah diunduh, spyware mulai mengumpulkan data untuk penggunaan pribadi pembuat spyware atau untuk dijual kepada pihak ketiga. Waspadalah terhadap banyak program berbagi file P2P. Mereka terkenal dengan unduhan yang mengandung spyware.

Pengguna perangkat lunak yang dapat diunduh harus lebih memperhatikan perjanjian lisensi yang menyertai. Seringkali penerbit perangkat lunak memperingatkan pengguna untuk menginstal spyware bersama dengan perangkat lunak yang diminta. Sayangnya, kami tidak selalu meluangkan waktu untuk membaca baik cetakannya. Beberapa perjanjian mungkin menyediakan kotak khusus “berhenti berlangganan” yang dapat diklik oleh pengguna untuk menghentikan penyertaan spyware dalam unduhan. Pastikan untuk meninjau dokumen sebelum mendaftar untuk mengunduh.

Cara lain agar spyware dapat mengakses komputer Anda adalah menipu Anda untuk merusak fitur keamanan yang dirancang untuk mencegah pemasangan yang tidak diinginkan. Browser web Internet Explorer dirancang untuk tidak mengizinkan situs web melakukan unduhan yang tidak diinginkan. Itulah mengapa pengguna harus memulai pengunduhan dengan mengklik tautan. Tautan ini bisa jadi rumit. Misalnya, munculan yang mirip dengan kotak dialog Windows standar mungkin muncul di layar Anda. Pesan tersebut mungkin menanyakan apakah Anda ingin meningkatkan akses Internet Anda. Ini menyediakan tombol jawaban ya atau tidak, tetapi tidak peduli yang mana yang Anda tekan, itu akan mulai mengunduh yang berisi spyware. Versi Internet Explorer yang lebih baru sekarang membuat jalur spyware ini lebih sulit.

Terakhir, beberapa aplikasi spyware menginfeksi sistem dengan menyerang kerentanan di browser web atau perangkat lunak lain. Saat pengguna menavigasi halaman web yang dikendalikan oleh pembuat program spyware, halaman tersebut berisi kode yang dirancang untuk menyerang browser dan memaksa instalasi spyware.

Apa yang bisa dilakukan spyware?

Spyware dapat melakukan banyak tugas berbahaya. Beberapa tindakan mereka hanya mengganggu pengguna; Orang lain bisa menjadi agresif secara alami.

Spyware dapat:
1- Pantau penekanan tombol untuk tujuan pelaporan.
2- Memeriksa file di hard drive Anda.
3- Jelajahi aplikasi di desktop.
4- Instal program spyware lain di komputer Anda.
5- Baca cookie Anda.
6- Pencurian nomor kartu kredit, sandi, dan informasi pribadi lainnya.
7. Ubah pengaturan default di browser web halaman rumah.
8 – Beralih ke spyware generasi kedua, yang membuat penghapusannya lebih sulit.
9- Jadikan komputer Anda berjalan lebih lambat.
10. Menyediakan iklan pop-up yang mengganggu.
11- Menambahkan tautan iklan ke halaman web yang tidak dikenakan biaya oleh penulis. Sebagai gantinya, pembayaran diarahkan ke pemrogram spyware yang mengubah pengaturan afiliasi asli.
12- Beri pengguna opsi apa pun untuk menghapus dan menempatkan diri mereka di tempat yang tidak terduga atau tersembunyi di dalam komputer Anda yang membuatnya sulit untuk dihapus.

Contoh spyware
Berikut beberapa contoh spyware yang umum. Harap dicatat bahwa meskipun peneliti sering memberi nama pada spyware, mereka mungkin tidak cocok dengan nama yang digunakan oleh penulis spyware.

CoolWebSearch, program penginstal “hole-in” di Internet Explorer. Program ini mengarahkan lalu lintas ke iklan di situs web termasuk coolwebsearch.com. Gangguan terhadap spyware ini menampilkan iklan pop-up, menulis ulang hasil mesin pencari, dan mengubah file host komputer untuk mengarahkan Domain Name System (DNS) untuk mencari di situs yang telah ditentukan sebelumnya.
Pengoptimal Internet (a / k / a DyFuCa), suka mengarahkan ulang halaman kesalahan Internet Explorer ke iklan. Ketika pengguna mengikuti tautan yang rusak atau memasukkan URL yang salah, sebuah halaman iklan akan muncul.
180 Solutions memberi pengiklan informasi lengkap tentang situs web yang Anda kunjungi. Ini juga mengubah permintaan HTTP untuk iklan afiliasi yang ditautkan dari situs web. Jadi, 180 Solutions Company memperoleh keuntungan dari klik pada iklan yang mereka ubah.

HuntBar (a / k / a WinTools) atau Adware.Websearch didistribusikan oleh Traffic Syndicate dan diinstal dengan mengunduh ActiveX di situs afiliasinya atau dengan iklan yang ditawarkan oleh spyware lain. Ini adalah contoh utama bagaimana spyware dapat menginstal lebih banyak spyware. Program ini akan menambah bilah alat ke Internet Explorer, melacak perilaku penjelajahan web, dan menampilkan iklan.

Bagaimana cara mencegah spyware?
Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah spyware menginfeksi sistem komputer Anda. Pertama, berinvestasi dalam perangkat lunak anti-spyware komersial yang andal. Ada banyak program di pasaran saat ini termasuk paket perangkat lunak mandiri seperti Lavasoft’s Ad-Aware atau Windows Antispyware. Pilihan lain menyediakan perangkat lunak anti-spyware sebagai bagian dari paket anti-virus. Jenis opsi ini ditawarkan oleh perusahaan seperti Sophos, Symantec, dan McAfee. Perangkat lunak anti-spyware dapat memerangi spyware dengan memberikan perlindungan waktu nyata, pemindaian, dan penghapusan setiap spyware yang ditemukan. Seperti kebanyakan program, perbarui program antivirus Anda sesering mungkin.

Seperti yang telah dibahas, Internet Explorer (IE) seringkali menjadi kontributor masalah spyware karena spyware ingin mengasosiasikan dirinya dengan fungsinya. Spyware menikmati infiltrasi kerentanan IE. Karena alasan ini, banyak pengguna telah beralih ke browser non-IE. Namun, jika Anda lebih suka terus menggunakan Internet Explorer, pastikan untuk memperbarui patch keamanan secara teratur, dan hanya unduh perangkat lunak dari sumber tepercaya. Ini akan membantu mengurangi kemungkinan infiltrasi spyware.
.
Dan ketika semuanya gagal?
Terakhir, jika komputer Anda terinfeksi spyware dalam jumlah besar, satu-satunya solusi yang mungkin Anda miliki adalah mencadangkan data Anda dan menginstal ulang sistem operasi secara menyeluruh.

Artikel Terkait

Bagikan:

Tinggalkan komentar