Kamera Digital Underwater : Abadikan momen Indah di bawah air

Kak Her

kamera digital underwater
kamera digital underwater

Kenangan dibuat hampir di mana saja. Dan ketika saya mengatakan di mana saja, maksud saya adalah bahwa kenangan diciptakan di bawah air – sehingga menciptakan kamera digital bawah air.

Jangan hanya menggunakan kamera underwater digital untuk menangkap kenangan bawah air; Beberapa fotografer kelautan profesional juga menggunakan kamera digital bawah air dalam pekerjaan mereka. Bahkan ahli biologi dan ilmuwan kelautan menggunakan kamera bawah air digital untuk menangkap kehidupan laut dan dengan demikian dapat mempelajari kehidupan dan karakteristik kehidupan laut. Tetapi saya rasa aman untuk berasumsi bahwa Anda, pembaca, bukanlah seorang ilmuwan kelautan atau fotografer profesional. Seperti saya, Anda hanyalah seorang pecandu foto yang ingin mengabadikan momen bawah air dan tidak tahu caranya tanpa merusak kamera Anda.

Mohon dengarkan ketika saya mengatakan bahwa bahkan kamera tahan air tidak dapat menangani fotografi bawah air. Tahan air berarti tahan air pada level tertentu, menyelam di bawah air untuk mendapatkan bidikan yang sempurna seperti membuangnya ke luar jendela dan mengharapkan truk pickup lewat dan menginjaknya.

Nah, jika Anda serius ingin menggunakan kamera digital bawah air untuk mengabadikan momen-momen aneh dan lucu di bawah air, saya sarankan Anda membeli kamera khusus.

Kamera digital underwater jarang ditemukan, karena kameranya elektronik dan tidak tahan air dan tekanan air. Perangkat elektronik paling awal yang pernah memproduksi kamera underwater digital menghasilkan selubung bawah air untuk kamera digital. Rumah ini akan mengubah kamera digital konvensional Anda menjadi kamera digital bawah air.

Jika Anda memotret dengan kamera digital underwater, maka Anda perlu mencatat beberapa hal untuk membantu Anda mendapatkan foto bawah air terbaik.

Ingatlah bahwa semakin jauh Anda berada di bawah air, semakin banyak cahaya yang tersebar. Ini berarti kamera underwater digital Anda akan menghasilkan gambar yang lebih gelap daripada yang Anda ambil di darat – ini karena difusi cahaya, spektrum merah tampak lebih gelap. Untuk menghindarinya, gunakan white balance untuk mendapatkan warna-warna natural. Selain itu, foto yang diambil di bawah air akan tampak lebih besar daripada foto yang diambil di darat dengan efek zoom yang sama. Pastikan untuk memeriksa jendela bidik digital bawah air untuk memverifikasi sudut pandang yang benar dan ukuran yang Anda inginkan.

Kamera underwater digital dengan flash built-in akan menghasilkan fenomena tampilan laut. Ini adalah fenomena di mana foto Anda tampak buram dengan partikel putih mengambang di atasnya. Untuk menghindari fenomena ini, disarankan untuk menggunakan lampu kilat eksternal kamera digital di bawah air.

Sebelum menggunakan kamera digital di bawah air, pertama-tama rendam kamera di dalam air selama beberapa detik dan kemudian periksa apakah ada kebocoran pada casing. Pastikan tidak ada butiran pasir atau rambut yang menempel di antara segel untuk memastikan bahwa air tidak masuk ke dalam casing dan dengan demikian membasahi kamera dalam prosesnya. Dianjurkan juga untuk menempatkan satu atau dua gel silika di dalam wadah kamera digital di bawah air selama tidak mengganggu pengoperasian kamera. (Silica gel akan melindungi kelembapan agar tidak terbentuk di dalam casing kamera.)

Sebagian besar kamera bawah air digital dilengkapi dengan lensa opsional. Jangan takut untuk menambahkan lensa ini ke kit kamera bawah air digital Anda. Lensa makro akan membantu Anda menangkap hal-hal kecil tanpa terlalu dekat dan memicu subjek Anda.

Selain itu, ingatlah untuk selalu mencuci garam saat menggunakannya di bawah air garam. Jika garam tidak hilang, mereka akan mengkristal seiring waktu; Bertindak sebagai pasir dan menyebabkan kebocoran pada casing kamera. Jika pasir tampaknya masuk ke dalam wadah, lebih baik mencucinya dengan aliran air.

Periksa situs web Sony, Nikon, dan Canon untuk kantong bawah air yang tersedia untuk kamera digital.

Artikel Terkait

Bagikan:

Tinggalkan komentar