Cara Mengunci Jaringan 4G Telkomsel

Kak Rey

Cara Mengunci Jaringan 4G Telkomsel
Cara Mengunci Jaringan 4G Telkomsel

lingkarberita.com

Pernahkah kamu merasa kesal ketika koneksi internet di smartphone sering lelet atau tak stabil mengunci jaringan 4G , terutama saat kamu sangat membutuhkannya? Di zaman digital seperti sekarang, memiliki koneksi internet yang cepat dan stabil bukan sekadar keinginan, melainkan sudah jadi kebutuhan.

Dengan teknologi yang terus berkembang dan semakin banyak aktivitas yang dilakukan secara online, memiliki jaringan 4G yang stabil sangatlah penting.

Dalam artikel ini, kita akan membahas cara mengunci jaringan 4G pada perangkat Android dan iPhone, menggunakan kode USSD sebagai alternatif, dan memberikan tips tambahan untuk memastikan koneksi 4G kamu tetap stabil.

Cara Mengunci Jaringan 4G Telkomsel
Cara Mengunci Jaringan 4G Telkomsel

Mengunci Jaringan 4G Telkomsel pada Perangkat Android

Ikuti panduan ini agar kualitas koneksi internetmu meningkat, dan nikmati pengalaman online yang lebih lancar tanpa hambatan.

Mengunci jaringan 4G pada perangkat Android bisa jadi pilihan cerdas untuk memastikan koneksi internetmu tetap cepat dan stabil, khususnya bagi pengguna Telkomsel. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka Pengaturan: Pertama, buka menu pengaturan di perangkat Androidmu. Di sinilah kamu bisa menyesuaikan berbagai pengaturan sesuai kebutuhan.
  2. Pilih Jaringan Seluler: Setelah masuk ke menu pengaturan, cari opsi yang berkaitan dengan jaringan seluler.
  3. Pilih Mode Jaringan: Di dalam menu “Jaringan Seluler”, cari opsi untuk memilih tipe jaringan.
  4. Pilih 4G atau LTE: Setelah masuk ke opsi Mode Jaringan, kamu akan diberikan beberapa pilihan terkait jenis jaringan yang tersedia. Pilih “Prefer LTE” atau “4G LTE Only” untuk mengunci perangkat pada jaringan 4G.
  5. Konfirmasi Pengaturan: Setelah memilih opsi tersebut, perangkatmu seharusnya sudah terkunci pada jaringan 4G. Pastikan dengan melihat ikon jaringan di bagian atas layar yang menunjukkan 4G atau LTE.
  6. Periksa Ketersediaan Jaringan 4G: Sebelum mengatur pengaturan ini, pastikan area tempat kamu berada memiliki cakupan jaringan 4G. Tidak semua lokasi memiliki akses ke jaringan 4G, jadi pastikan kamu tidak akan kehilangan sinyal sepenuhnya.

Mengunci Jaringan 4G Telkomsel pada iPhone

Untuk pengguna iPhone yang ingin mengunci jaringan 4G, berikut adalah panduan langkah demi langkah:

  1. Buka Pengaturan: Buka aplikasi Pengaturan di perangkat iPhone kamu.
  2. Pilih Seluler: Di dalam menu Pengaturan, cari dan pilih opsi “Seluler”.
  3. Pilih Opsi Data Seluler: Di dalam menu Seluler, pilih opsi “Data Seluler”.
  4. Aktifkan Opsi Data Seluler: Pastikan opsi “Data Seluler” diaktifkan.
  5. Pilih Opsi Pilihan Jaringan: Di bawah opsi Data Seluler, pilih “Pilihan Data Seluler”.
  6. Pilih 4G: Di dalam opsi Pilihan Data Seluler, pilih “LTE” atau “4G”.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, kamu bisa mengunci jaringan 4G pada perangkat Android dan iPhone-mu untuk mendapatkan koneksi internet yang optimal.

Jika kamu menemui masalah atau butuh bantuan lebih lanjut, jangan ragu untuk menghubungi penyedia layanan nirkabelmu.

Menggunakan Kode USSD untuk Mengunci Jaringan 4G Telkomsel

Dalam era yang semakin terhubung, pastikan smartphonemu selalu terhubung dengan jaringan tercepat yang tersedia adalah kunci untuk pengalaman online yang optimal.

Salah satu cara untuk memastikan bahwa perangkatmu selalu menggunakan jaringan 4G, khususnya untuk pengguna Telkomsel, adalah dengan menggunakan kode USSD.

Berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk menggunakan kode USSD sebagai alat untuk mengunci jaringan 4G pada perangkatmu:

  1. Buka Menu Dial Up: Mulailah dengan membuka menu dialer atau panggilan pada smartphone-mu.
  2. Masukkan Kode USSD: Ketikkan kode USSD, yaitu ##4636##, ke dalam dialer. Setelah kode tersebut terketik, tekan tombol panggilan untuk mengirimnya. Kode ini akan membuka menu tersembunyi di perangkatmu.
  3. Pilih Opsi yang Tersedia: Setelah kode USSD dikirim, beberapa opsi akan muncul di layar, seperti informasi WiFi, statistik penggunaan, dan informasi perangkat. Pilih “Device information” dari opsi tersebut untuk melanjutkan.
  4. Pilih “Set Preferred Network”: Di dalam menu “Device information”, pilih opsi “Set preferred network”. Ini akan membuka daftar jaringan yang tersedia.
  5. Pilih “LTE Only”: Dari daftar jaringan tersebut, pilih “LTE Only”. Ini akan mengunci perangkatmu pada jaringan 4G, memastikan kamu selalu terhubung dengan jaringan tercepat yang tersedia.
  6. Konfirmasi Pengaturan: Setelah memilih “LTE Only”, perangkatmu akan terkunci pada jaringan 4G. Sekarang, kamu bisa keluar dari menu ini dan menikmati koneksi internet 4G yang stabil dan cepat.

Namun, penting untuk diingat bahwa mengunci perangkat pada jaringan 4G dapat mempengaruhi kemampuanmu untuk melakukan panggilan telepon atau mengirim SMS jika perangkat atau area tempatmu berada tidak mendukung VoLTE (Voice over LTE).

Pastikan kamu berada di area dengan cakupan jaringan 4G Telkomsel yang baik agar bisa maksimal dalam memanfaatkan kecepatan dan stabilitas jaringan 4G.

Manfaat Mengunci Jaringan 4G Telkomsel

Di era digital ini, kecepatan dan stabilitas koneksi internet bukan hanya keinginan, tapi kebutuhan.

Mengunci jaringan 4G pada perangkatmu, entah itu smartphone atau tablet, membuka pintu ke berbagai manfaat yang dapat meningkatkan pengalaman onlinemu secara signifikan.

Mari kita bahas beberapa manfaat utama dari mengambil langkah ini.

1. Kecepatan Internet yang Lebih Tinggi

Salah satu manfaat paling nyata dari jaringan 4G adalah kecepatan unduh dan unggah yang jauh melampaui apa yang bisa ditawarkan oleh jaringan 3G.

Bayangkan streaming video HD tanpa buffering, bermain game online tanpa lag, dan mengunduh file besar dalam hitungan detik bukan menit.

2. Koneksi yang Lebih Stabil

Dengan mengunci jaringan ke 4G, kamu menghindari risiko perangkatmu beralih ke jaringan dengan sinyal yang lebih lemah atau lebih lambat.

Ini sangat penting di area dengan cakupan 4G yang kuat, memastikan bahwa koneksi internetmu tetap stabil, tanpa fluktuasi kecepatan yang sering terjadi pada jaringan yang lebih lama.

3. Peningkatan Kualitas Panggilan

Teknologi VoLTE (Voice over LTE) memungkinkan panggilan suara melalui jaringan 4G dengan kualitas suara yang jernih dan minim gangguan.

Ini berarti bahwa bukan hanya browsing atau streamingmu yang ditingkatkan, tapi juga panggilan telepon.

4. Efisiensi Pemakaian Data

Jaringan 4G lebih efisien dibandingkan dengan jaringan 2G atau 3G, memungkinkan kamu untuk menghemat data.

5. Keamanan Data yang Lebih Baik

Jaringan 4G menawarkan lapisan keamanan tambahan dibandingkan dengan jaringan generasi sebelumnya. Ini berarti bahwa saat kamu terkoneksi dengan 4G, aktivitas onlinemu lebih aman dari ancaman eksternal.

6. Pengalaman Online yang Lebih Baik

Menggabungkan semua manfaat di atas, tidak mengherankan bahwa mengunci jaringan ke 4G dapat secara signifikan meningkatkan pengalaman onlinemu.

Dari browsing yang lebih cepat hingga streaming yang lebih lancar dan panggilan suara yang lebih jernih, perbedaannya bisa sangat terasa.

Tips dan Trik Tambahan

Merasa frustrasi karena jaringan 4G-mu sering tidak stabil? Tenang saja, kami punya beberapa tips dan trik yang bisa kamu coba untuk menjaga stabilitasnya.

1. Pilih Lokasi dengan Sinyal yang Kuat

Ingat, lokasi sangat memengaruhi kualitas sinyal yang kamu terima. Coba berada di area dengan cakupan 4G yang kuat. Kamu bisa cek cakupan jaringan di area-mu melalui website operator atau menggunakan aplikasi seperti MyTelkomsel yang memberikan informasi detail tentang cakupan jaringan.

2. Pengaturan APN yang Tepat

APN berperan penting dalam menghubungkan perangkat-mu dengan jaringan operator. Dengan mengatur APN dengan benar, kamu bisa menikmati koneksi yang lebih stabil.

3. Gunakan Aplikasi MyTelkomsel

Aplikasi ini bukan hanya tentang membeli paket internet. MyTelkomsel juga memberikan akses ke promo eksklusif dan fitur bermanfaat lainnya yang bisa membantu kamu mendapatkan pengalaman online terbaik.

4. Periksa Kuota Internet-mu

Kuota internet yang habis bisa menjadi alasan mengapa sinyal 4G tidak muncul. Pastikan kamu selalu memeriksa kuota internet-mu untuk menghindari kejutan tidak menyenangkan.

5. Upgrade ke 4G

Jika kamu masih bertahan dengan jaringan 3G, saatnya untuk upgrade.

Artikel Terkait

Bagikan: