Panduan Cara Bekerja di UNICEF

Kak Rey

Panduan Cara Bekerja di UNICEF
Panduan Cara Bekerja di UNICEF

lingkarberita.com

Pernahkah kamu memikirkan bagaimana cara bekerja di UNICEF rasanya bisa turut berperan dalam misi global yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan anak-anak di seluruh dunia? Dalam dunia yang penuh tantangan, bekerja di organisasi kemanusiaan seperti UNICEF tidak hanya memberikan kesempatan untuk membangun karier profesional yang memuaskan, tetapi juga memberikan kepuasan batin yang timbul dari membuat perbedaan nyata.

Artikel ini akan mengajakmu menjelajahi berbagai aspek bekerja di UNICEF, mulai dari peluang karier yang tersedia, kualifikasi dan persyaratan, proses aplikasi, hingga manfaat yang akan kamu dapatkan. Jika kamu tertarik untuk menjadi bagian dari perubahan positif dan ingin mengetahui lebih lanjut tentang cara memulainya, teruslah membaca untuk menemukan semua yang perlu kamu ketahui tentang bekerja di UNICEF.

Panduan Cara Bekerja di UNICEF
Panduan Cara Bekerja di UNICEF

Pengenalan tentang UNICEF

UNICEF, yang merupakan singkatan dari United Nations Children’s Fund, lahir dari kebutuhan mendesak untuk mengatasi dampak Perang Dunia II terhadap anak-anak dan ibu di Eropa, Tiongkok, dan Timur Tengah. Sejak didirikan pada 11 Desember 1946, UNICEF telah berkembang menjadi pilar penting dalam upaya global untuk meningkatkan kualitas hidup anak-anak dan wanita, terutama di negara-negara berkembang.

Sebagai bagian dari Sistem Perserikatan Bangsa-Bangsa, UNICEF telah memainkan peran kritis dalam advokasi dan tindakan untuk kesejahteraan anak sejak tahun 1953. Misi utama UNICEF adalah memastikan bahwa setiap anak, di mana pun mereka berada, mendapatkan kesempatan untuk bertahan hidup, berkembang, dan mencapai potensi maksimal mereka.

Dengan fokus pada dukungan kesehatan, pendidikan, dan perlindungan terhadap kekerasan, penelantaran, serta eksploitasi, UNICEF bertujuan untuk menciptakan dunia di mana hak-hak dan kesejahteraan setiap anak diutamakan.

Organisasi ini aktif di berbagai area penting, termasuk vaksinasi, dukungan kesehatan mental, dan bantuan kepada anak-anak yang berada di daerah bencana atau terpencil.

Pekerjaan yang Tersedia UNICEF

UNICEF menawarkan berbagai jenis pekerjaan yang sangat berkontribusi pada misi organisasinya. Dengan beragam peran yang tersedia, ada banyak peluang bagi individu dari berbagai latar belakang keahlian untuk berkontribusi.

Mari kita bahas beberapa jenis pekerjaan utama yang bisa kamu temui di UNICEF:

1. Profesional Internasional (International Professionals, IP)

Ini adalah peluang bagi mereka yang ingin bekerja secara global, membawa pengaruh pada skala internasional. Profesional Internasional berada di garis depan dalam merumuskan dan mengimplementasikan program serta kebijakan UNICEF. Mereka memegang posisi kepemimpinan, manajerial, atau spesialisasi teknis yang kritis, seringkali bekerja di berbagai lokasi di seluruh dunia.

2. Perwira Nasional (National Officers, NO)

Para profesional ini direkrut dari dalam negeri dan berperan vital dalam memastikan program UNICEF sesuai dengan kebutuhan lokal. Dengan pengetahuan mendalam tentang konteks negara mereka, Perwira Nasional mengimplementasikan strategi dan inisiatif yang relevan secara lokal, menjadikan mereka kunci sukses program di lapangan.

3. Layanan Umum (General Services, GS)

Staf Layanan Umum adalah tulang punggung operasional UNICEF, menyediakan dukungan administratif dan operasional yang sangat penting. Mereka bekerja di berbagai fungsi seperti administrasi, keuangan, sumber daya manusia, dan logistik, memastikan organisasi berjalan lancar dan efisien.

4. Konsultan UNICEF

Konsultan di UNICEF membawa keahlian spesifik yang sangat dibutuhkan, biasanya untuk proyek atau tugas khusus dengan durasi tertentu. Mereka memperkaya tim dengan pandangan baru dan solusi inovatif, membantu UNICEF mengatasi tantangan khusus dan mempercepat pencapaian tujuan.

Kualifikasi dan Persyaratan UNICEF

Untuk bergabung dengan tim UNICEF, ada beberapa kualifikasi umum yang perlu kamu penuhi. Kualifikasi ini mencakup pendidikan, keahlian bahasa, dan pengalaman kerja, yang semuanya sangat penting dalam mendukung misi UNICEF.

Mari kita jelajahi lebih lanjut apa saja persyaratan tersebut:

1. Pendidikan

Tergantung pada posisi yang kamu lamar, kualifikasi pendidikan yang diperlukan bisa bervariasi. Secara umum, kamu harus merupakan mahasiswa, sarjana, atau pascasarjana dari negara mana pun. Penting juga untuk dicatat bahwa jika kamu sudah lulus, kelulusanmu tidak boleh lebih dari dua tahun yang lalu. Ini menunjukkan bahwa UNICEF mencari individu yang tidak hanya memiliki latar belakang pendidikan yang kuat tetapi juga yang terbaru dan relevan dengan dunia saat ini.

2. Keahlian Bahasa

Karena UNICEF adalah organisasi internasional, kemampuan berbahasa sangat krusial. Kefasihan dalam bahasa Inggris atau Prancis sangat penting, mengingat keduanya adalah bahasa kerja utama di UNICEF. Organisasi ini juga menggunakan enam bahasa resmi PBB, yaitu Arab, Cina, Inggris, Prancis, Rusia, dan Spanyol.

Mereka bekerja di berbagai fungsi seperti administrasi, keuangan, sumber daya manusia, dan logistik, memastikan organisasi berjalan lancar dan efisien. Memiliki kemampuan multibahasa, terutama dalam lebih dari satu bahasa kerja UNICEF atau bahasa resmi PBB, akan sangat meningkatkan peluangmu untuk bergabung dengan tim.

3. Pengalaman Kerja

Pengalaman kerja yang relevan juga memegang peranan penting. Untuk posisi yang memerlukan keahlian khusus atau tanggung jawab yang lebih besar, pengalaman kerja yang signifikan dalam bidang terkait bisa menjadi syarat mutlak. Namun, bagi mereka yang baru lulus atau memiliki pengalaman kerja yang terbatas, jangan khawatir.

UNICEF menawarkan program magang yang dirancang untuk memberikan pengalaman praktis dan memperkenalkanmu kepada dunia kerja di organisasi internasional.

4. Kualifikasi Khusus

Terkadang, beberapa posisi di UNICEF membutuhkan kualifikasi khusus, seperti gelar dalam bidang tertentu, sertifikasi profesional, atau keterampilan teknis tertentu. Ini berarti selain kriteria umum, penting bagi kamu untuk memeriksa persyaratan spesifik untuk posisi yang kamu minati.

Proses Aplikasi UNICEF

Mencari kesempatan untuk bekerja di UNICEF? Proses aplikasi bisa jadi menantang, tapi dengan persiapan yang tepat, kamu bisa menonjol dari kandidat lain. Berikut adalah langkah-langkah penting dalam proses aplikasi, disertai dengan tips untuk membuat aplikasi yang menonjol dan persiapan untuk wawancara.

Langkah-langkah Proses Aplikasi UNICEF

  1. Mencari Lowongan Pekerjaan: Langkah pertama adalah mengunjungi situs resmi UNICEF dan mencari posisi yang cocok dengan kualifikasi dan minatmu. Penting untuk membaca deskripsi pekerjaan secara detail agar kamu memahami apa saja persyaratan dan tanggung jawab dari posisi tersebut.
  2. Membuat Profil Online: Sebelum kamu bisa mengirimkan aplikasi, kamu harus membuat profil online melalui portal karir UNICEF. Profil ini akan mencakup informasi pribadi, riwayat pendidikan, pengalaman kerja, dan keterampilan yang kamu miliki.
  3. Mengirimkan Aplikasi: Setelah menemukan posisi yang sesuai dan profil online-mu siap, langkah selanjutnya adalah mengirimkan aplikasi. Jangan lupa untuk melampirkan CV terbaru dan surat lamaran yang menarik.

Tips Membuat Aplikasi yang Menonjol

  • Personalisasi Surat Lamaran Kamu: Buat surat lamaran yang menunjukkan bagaimana pengalaman dan keterampilanmu sesuai dengan kebutuhan posisi yang kamu lamar.
  • Ceritakan alasanmu ingin bergabung dengan UNICEF dan kontribusi apa yang bisa kamu berikan.
  • Perhatikan Detail: Kesalahan kecil dalam aplikasi, seperti typo atau kesalahan gramatikal, bisa memberi kesan kurang profesional. Pastikan aplikasimu sempurna dan bebas dari kesalahan.
  • Soroti Pengalaman Relevan: Utamakan pengalaman kerja yang paling relevan dengan posisi yang kamu incar. Jika kamu memiliki pengalaman dalam bidang hak anak atau di organisasi non-profit, pastikan itu tampil menonjol dalam aplikasimu.

Terima kasih sudah membaca artikel ini. Semoga informasi yang kamu dapatkan dapat memotivasi langkah selanjutnya dalam kariermu.

Artikel Terkait

Bagikan: