3+ Metode Cara Cek LCD Oppo Rusak Atau Tidak

Kak Rey

3+ Metode Cara Cek LCD Oppo Rusak Atau Tidak
3+ Metode Cara Cek LCD Oppo Rusak Atau Tidak

lingkarberita.com – Apakah layar LCD di smartphone Oppo kamu bermasalah? Jika iya, seperti retak, warna yang tidak keluar dengan benar, atau adanya ‘dead pixel’, itu bisa sangat mengganggu penggunaan sehari-hari kamu.

Di zaman yang semakin tergantung pada teknologi, memiliki layar smartphone yang berfungsi dengan baik bukan hanya soal tampilan yang bagus, tapi juga kenyamanan dan efisiensi.

Dalam artikel ini, kita akan bahas berbagai hal penting seputar layar LCD Oppo dengan cara yang sederhana dan enak dibaca. Mulai dari cara memeriksa layarnya, langkah-langkah yang perlu diambil jika terjadi kerusakan, sampai informasi penting tentang biaya penggantian LCD.

Kamu akan mendapatkan panduan yang mudah dimengerti dan praktis, membantu kamu mengatasi masalah layar LCD dengan cepat dan efisien. Jadi, tetaplah bersama kami untuk menemukan solusi terbaik bagi layar LCD smartphone Oppo kamu.

Dari pemeriksaan kondisi layar hingga tips praktis perbaikan, artikel ini akan menjadi panduan lengkapmu dalam menangani masalah layar LCD smartphone Oppo.

3+ Metode Cara Cek LCD Oppo Rusak Atau Tidak
3+ Metode Cara Cek LCD Oppo Rusak Atau Tidak

Pengenalan LCD dan Kenapa Harus Diperiksa?

Kamu tahu nggak, layar di smartphone Oppo yang selalu kamu pegang itu sebenernya teknologi canggih yang disebut LCD? LCD, atau Liquid Crystal Display, adalah otak dari layar smartphone yang kita pakai.

Kelebihan LCD ada pada konsumsi daya yang irit, bentuknya yang tipis, panas yang minim, dan tentu aja, tampilan resolusi yang tajam. Makanya, LCD ini nggak cuma populer di smartphone, tapi juga di TV, kalkulator, dan layar komputer.

Meski sehebat apa pun teknologinya, LCD di smartphone Oppo kamu bisa aja rusak, lho. Dan tau nggak, kerusakan di LCD itu nggak cuma bikin tampilan jadi ribet, tapi juga bisa berdampak besar buat pengalaman kamu pakai smartphone.

Imajinasikan aja, gimana rasanya kalau layar ponselmu retak, muncul garis-garis nggak diinginkan, atau malah ada titik-titik hitam yang bikin kesel? Titik hitam ini, yang sering disebut ‘dead pixel’, bisa jadi pertanda kerusakan pada pigmen warna dan bisa makin parah kalau nggak segera diatasi.

Kerusakan LCD bisa datang dari berbagai masalah, mulai dari ponsel sering jatuh, konektor layar yang lepas, sampe masalah di jalur LCD sendiri. Nah, makanya, penting banget nih buat rajin-cek kondisi LCD.

Dengan ngecek secara rutin, kamu bisa ngedeteksi masalah lebih awal dan hindari kerusakan parah. Soalnya, kalau sampe rusak parah, biaya ganti LCD bisa bikin kantong jebol, lho.

Cara Cek LCD Oppo Rusak Atau Tidak

1. Cara Cek LCD Oppo dengan Kode Rahasia yang Gampang

Pernah nggak, kamu kepikiran gimana caranya ngecek kondisi layar smartphone Oppo-mu dengan simpel?

Nah, ada trik sederhana yang bisa kamu coba, yaitu pake kode rahasia. Kode ini bakal bawa kamu ke Engineer Mode, tempat di mana kamu bisa cek berbagai fungsi keras ponsel-mu. Yuk, ikuti langkah-langkahnya!

Langkah-langkah Pengecekan LCD:

  1. Buka Aplikasi Telepon: Pertama-tama, buka aplikasi telepon di Oppo-mu.
  2. Ketik Kode Rahasia: Selanjutnya, ketik salah satu dari kode rahasia berikut: *#800#, *#808#, atau *#807#. Gak perlu tekan tombol panggil, karena sistem bakal langsung nangkep kode itu.
  3. Masuk ke Engineer Mode: Setelah masukin kode, kamu bakal masuk ke menu Engineer Mode. Di sini, banyak opsi keren, seperti Manual Test dan Auto Test.
  4. Pilih Manual Test: Di opsi Manual Test, kamu bisa cek secara manual berbagai komponen keras.
  5. Pilih Screen Unit Test: Buat cek kondisi layar, geser ke bawah dan pilih opsi Screen Unit Test.
  6. Perhatikan Warna Layar: Setelah pilih Screen Unit Test, layar Oppo-mu bakal nampilin warna-warna berbeda, kayak merah, hijau, biru, hitam, putih, dan lainnya. Ini buat ngecek dead pixel, yang artinya ada titik-titik hitam di layar yang menandakan kerusakan pigmen warna.

Ingat, kode rahasia ini sebenernya bukan sesuatu yang super rahasia, tapi lebih kayak cara dari produsen buat ngatur dan ngetes fungsi ponsel. Kode ini bisa dipake sama teknisi atau pengguna kayak kamu.

2. Cara Cek LCD Oppo Lewat Menu Setting

Punya smartphone Oppo dan mau pastiin kalau layar LCD-nya masih bagus? Ada cara simpel yang bisa kamu lakuin cuma dengan masuk ke menu Setting di ponselmu. Ini metodenya yang mudah dan praktis, jadi nggak perlu khawatir. Ayo ikutin langkah-langkahnya!

Langkah-Langkah Pengecekan LCD:

  1. Buka Menu Pengaturan: Pertama, buka menu Setting atau Pengaturan di smartphone Oppo-mu.
  2. Pilih Menu Suara dan Getaran: Di dalam menu Pengaturan, cari dan pilih opsi Suara dan Getaran.
  3. Naikkan Volume ke Tingkat Maksimal: Selanjutnya, naikin volume suara sampe paling tinggi. Dengarkan dan perhatiin gimana perubahannya.
  4. Periksa Konsistensi Volume: Perhatiin, nih. Lihat apakah volume suara yang keluar nambah seiring naiknya volume yang kamu setel. Kalo ternyata suara yang keluar tetep sama meski kamu udah atur volume-nya, itu bisa jadi pertanda ada masalah di LCD.

Mengapa Metode Ini Bekerja? Metode ini berasal dari hubungan antara fungsi suara dan getaran dengan layar LCD di ponsel. Kalo ada masalah di LCD, biasanya hal ini juga bakal ngaruhin fungsi suara dan getaran.

Jadi, pengecekan lewat menu Setting ini jadi opsi simpel buat ngecek kondisi LCD di smartphone Oppo-mu.

3. Cara Cek LCD Oppo Pakai Aplikasi

Pernah kepikiran nggak, layar LCD di smartphone Oppo-mu masih oke atau nggak? Ada cara simpel buat ngeceknya, lo, yaitu pakai aplikasi.

Ada dua aplikasi yang bisa kamu coba: Screen Test dan Dead Pixel. Keduanya bisa kamu temuin di Google Play Store dan gampang banget dipake. Ayo kita bahas gimana cara pakenya!

Screen Test

Screen Test itu aplikasi yang dibuat sama Amberfog dan Raneborg. Aplikasi ini bermanfaat banget buat ngecek berbagai hal di layar LCD Oppo-mu, kayak warna, kontras, dan apakah ada pixel yang mati alias ‘dead pixel’.

Langkah-langkah Pake Screen Test:

  1. Unduh dan Instal Aplikasi: Buka Google Play Store, cari, dan unduh aplikasi Screen Test.
  2. Buka Aplikasi: Setelah terinstal, buka aplikasi Screen Test.
  3. Ikuti Instruksi Aplikasi: Aplikasi ini bakal ngasih instruksi langkah demi langkah buat cek layar LCD-mu, mulai dari warna sampe ngecek dead pixel.

Dead Pixel

Dead Pixel ini aplikasi yang sengaja dibuat buat ngecek masalah kayak pixel mati di layar LCD.

Cara Pake Aplikasi Dead Pixel:

  1. Unduh dan Instal Aplikasi: Pertama, cari dan unduh aplikasi Dead Pixel dari Google Play Store.
  2. Buka Aplikasi: Setelah terinstal, buka aplikasi Dead Pixel.
  3. Ikuti Instruksi Aplikasi: Aplikasi ini bakal tampilin warna solid di layar buat bantu kamu ngeidentifikasi pixel yang mungkin nggak berfungsi.

Perlu diinget, dua aplikasi ini cuma buat nolongin kamu ngidentifikasi masalah di layar LCD. Mereka nggak bisa benerin masalahnya.

Artikel Terkait

Bagikan: