6+ Langkah Cara Melihat Pemberitahuan Panggilan Tak Terjawab

Kak Rey

6+ Langkah Cara Melihat Pemberitahuan Panggilan Tak Terjawab
6+ Langkah Cara Melihat Pemberitahuan Panggilan Tak Terjawab

lingkarberita.com – Pernahkah kamu merasa kebingungan dengan banyaknya notifikasi yang terus menerus muncul, hanya untuk menemukan sejumlah panggilan yang tak terjawab dan tak dikenal?

Atau, mungkin kamu pernah kesal karena melewatkan panggilan penting hanya karena ponselmu terkunci di saku?

Di dunia yang selalu sibuk dan terkoneksi ini, mengelola panggilan yang masuk dan tak terjawab menjadi bagian penting dari keseharian kita.

Mulai dari cara melihat panggilan yang terlewat dengan cepat, menjaga privasi pemberitahuan di layar kunci, hingga mengatasi gangguan panggilan spam, artikel ini akan memberikan informasi yang perlu kamu ketahui. Teruslah membaca untuk menemukan solusi efektif dan praktis yang akan membantu kamu mengendalikan panggilanmu dan menjaga hari-harimu tetap produktif tanpa gangguan.

6+ Langkah Cara Melihat Pemberitahuan Panggilan Tak Terjawab
6+ Langkah Cara Melihat Pemberitahuan Panggilan Tak Terjawab

Cara Melihat Pemberitahuan Panggilan Tak Terjawab

Kamu mungkin pernah melewatkan panggilan penting, tapi jangan khawatir. Mengecek panggilan tak terjawab di ponsel, baik Android atau iOS, itu gampang. Ini langkah-langkahnya:

Untuk Pengguna Android:

  1. Buka Aplikasi Telepon: Cari ikonnya di layar utama atau dock ponselmu.
  2. Pilih ‘Histori Panggilan’: Temukan ikon atau menu yang membawa kamu ke daftar panggilan yang telah terjadi.
  3. Cek ‘Tak Terjawab’: Di sini, kamu akan menemukan daftar panggilan yang tak terjawab, biasanya ditandai dengan ikon merah yang mencolok.

Untuk Pengguna iOS:

  1. Buka ‘Settings’: Tempat untuk mengatur segala hal di ponselmu.
  2. Sentuh ‘Phone’: Mudah ditemukan dengan ikon telepon hijau.
  3. Pilih ‘Blocked Contacts’: Jika kamu curiga panggilan tak terjawab berasal dari nomor yang kamu blokir, periksa di sini.
  4. Geser Kontak: Untuk membuka blokir, cukup geser kontak ke kiri.
  5. Buka Aplikasi ‘Phone’: Kembali ke layar utama, buka aplikasi telepon.
  6. Sentuh ‘Recents’: Di bagian bawah, ada daftar panggilan termasuk yang tak terjawab.

Ingat, jika nomor sudah diblokir dan kamu ingin melihat panggilan tak terjawab dari nomor itu, kamu harus membuka blokirnya terlebih dahulu. iPhone dibuat untuk melindungi privasimu, jadi setelah nomor diblokir, kamu tidak akan mendapat pemberitahuan panggilan dari nomor tersebut, baik itu panggilan, pesan suara, atau chat.

Pemberitahuan Panggilan Tak Terjawab di Layar Kunci

Saat kamu lagi enggak bersama ponselmu dan ada panggilan yang tak terjawab, ponsel pintar akan tunjukkan notifikasi ini di layar kunci. Ini sangat membantu supaya kamu enggak kelewatan informasi penting.

Tapi, kadang fitur ini bisa jadi masalah privasi, terutama kalau ponselmu ada di tempat yang bisa diakses banyak orang. Nah, berikut beberapa tips biar privasimu tetap terjaga sambil kamu tetap dapat informasi:

Untuk Pengguna Android:

  1. Buka ‘Pengaturan’: Langkah awal buat ngatur notifikasi di ponselmu.
  2. Ketuk ‘Suara dan Pemberitahuan’: Cari opsi ini buat atur gimana ponselmu kasih notifikasi.
  3. Pilih ‘Ketika Perangkat Terkunci’: Ini bakal atur apa yang keliatan di layar kunci.
  4. Pilih ‘Jangan Tampilkan Pemberitahuan’: Dengan ini, kamu bisa hindarin semua notifikasi muncul di layar kunci, termasuk panggilan tak terjawab.

Untuk Pengguna Huawei:

  1. Masuk ke ‘Pengaturan’: Lalu cari ‘Aplikasi’ dan buka ‘Kontak’.
  2. Buka ‘Pengelolaan Notifikasi’: Tempat buat atur izin notifikasi.
  3. Atur Notifikasi Layar Kunci: Kamu bisa pilih buat tunjuk notifikasi secara senyap atau dengan suara.

Untuk Pengguna iPhone:

  1. Buka ‘Pengaturan’ dan cari ‘Touch ID & Kode Sandi’.
  2. Matikan Fitur Panggilan Ulang: Scroll sampai bawah dan matiin opsi buat panggilan ulang dari panggilan tak terjawab di layar kunci.

Dan kalau kamu pengen tambahan keamanan, ada aplikasi kayak “Layar Kunci-Kunci Tombol Sandi” yang kasih lapisan keamanan ekstra, kayak kode PIN, buat hindarin akses yang enggak sah ke ponselmu.

Melihat Riwayat Panggilan dan Rekaman

Kamu sering lupa dengan siapa aja yang kamu bicar lewat telepon sehari-hari, kan? Untungnya, ponsel kita punya fitur buat lihat lagi riwayat panggilan, termasuk yang tak terjawab, yang dijawab, atau panggilan keluar.

Begini caranya dengan mudah:

Di Aplikasi Telepon:

  1. Buka Aplikasi Telepon: Ikon pertama yang biasanya kamu buka buat nelpon seseorang.
  2. Tap ‘Terbaru’: Di sini, kamu bakal lihat ikon berbeda buat jenis panggilan: merah buat tak terjawab, hijau buat yang dijawab, dan biru buat panggilan keluar.
  3. Detail Lebih Lanjut: Ketuk panggilan yang mau kamu lihat lebih jelas, terus pilih ‘Detail panggilan’ buat lihat semua info tentang panggilan itu.

Di Zoom:

  1. Masuk ke Zoom Client: Pastiin aplikasi ini udah terinstal di perangkatmu.
  2. Klik Tab ‘Phone’: Ada di menu aplikasi.
  3. Buka ‘Riwayat’: Riwayat panggilan terbaru langsung muncul.
  4. Gunakan Menu Tarik Turun: Berguna buat filter riwayat panggilan, bisa buat lihat panggilan tak terjawab atau yang udah direkam.

Di PRIV:

  1. Buka Aplikasi Telepon: Ketuk ikon di pojok kanan atas buat buka ‘Riwayat Panggilan’.
  2. Cari Detail Panggilan Tertentu: Tap nama atau nomor buat lihat lebih detil.
  3. Lihat Panggilan Tak Terjawab: Ada pilihan khusus buat ini.

Buat pengguna Zoom, pastiin aplikasi desktop atau mobile yang kamu pake dukung fitur ini, dan kamu udah langganan layanan Zoom Phone yang diperlukan.

Panggilan Spam

Pernah nggak, kamu dapet panggilan dari nomor yang nggak kamu kenal? Atau tiba-tiba teleponmu berdering, tapi pas diangkat, nggak ada suara dari seberang? Nah, itu yang namanya panggilan spam.

Ini bukan cuma mengganggu, tapi kadang juga bisa jadi ancaman buat keamananmu. Panggilan spam biasanya dari penjual yang terlalu ngeyel, pemasar yang datang tanpa diundang, atau malah penipu yang mau eksploitasi data pribadimu. Bisa juga, panggilan ini jadi tak terjawab karena penerimanya sengaja nggak diangkat, atau si spammer sengaja putusin panggilan sebelum diangkat, cuma buat cek apakah nomornya masih aktif. Di Indonesia, sayangnya, kita termasuk negara yang sering banget kena panggilan spam.

Biasanya, panggilan ini dari layanan keuangan, dan panggilan penipuan juga makin banyak dari tahun ke tahun. Salah satu penyebabnya adalah tawaran dari operator seluler yang kasih panggilan atau SMS tanpa batas ke sesama pengguna operator yang sama.

Tawaran ini sering dimanfaatin sama spammer buat nyampein banyak orang dengan biaya yang sedikit.

Nah, untungnya, ada beberapa langkah yang bisa kamu lakuin buat melindungi dirimu dari gangguan ini:

  1. Gunain aplikasi kaya Truecaller atau Google Phone App yang punya fitur anti spam.
  2. Aplikasi ini bisa bantu kamu nandain dan blokir nomor yang dianggap spam.
  3. Truecaller bahkan bisa bantu verifikasi kontak dan blokir komunikasi yang nggak diinginkan.

Walaupun udah ada teknologi buat melindungi, tetep penting buat tetep waspada. Kalo dapet panggilan dari nomor yang nggak kamu kenal, lebih baik nggak usah langsung diangkat. Orang yang punya urusan penting biasanya bakal tinggalin pesan. Dan inget, jangan pernah kasih informasi pribadi atau finansialmu lewat telepon kalo kamu nggak yakin betul sama identitas dan keabsahan si penelpon.

Artikel Terkait

Bagikan: