4+ Langkah Cara Menghitung Biaya Admin Shopee

Kak Rey

4+ Langkah Cara Menghitung Biaya Admin Shopee
4+ Langkah Cara Menghitung Biaya Admin Shopee

lingkarberita.com – Hai, bagaimana kabarmu? Kali ini, kita akan menjelajah dunia Shopee yang penuh dengan berbagai petualangan bisnis. Di sini, setiap transaksi memiliki cerita uniknya sendiri. Pernahkah kamu penasaran kenapa ada berbagai biaya di setiap penjualanmu?

Atau mungkin, kamu pernah bingung mengapa saldo penjualmu sedikit berkurang setelah melakukan transaksi? Nah, kali ini kita akan bersama-sama menjelajahi dunia pengetahuan, mengungkap misteri di balik biaya administrasi dan biaya tambahan lainnya di Shopee.

Yuk simak!

4+ Langkah Cara Menghitung Biaya Admin Shopee
4+ Langkah Cara Menghitung Biaya Admin Shopee

Apa Itu Biaya Administrasi di Shopee?

Hai Kamu! Sudah familiar dong dengan Shopee? Sebagai penjual di Shopee, pasti Kamu sering dengar istilah “Biaya Administrasi.” Tapi, sebenarnya apa sih Biaya Administrasi itu? Yuk, kita bahas lebih lanjut!

Kenalan Sama Biaya Administrasi

Sebelum kita lanjut, penting buat Kamu tahu nih apa itu Biaya Administrasi di Shopee. Biaya Administrasi adalah uang yang harus Kamu bayar setiap kali transaksi berhasil. Jadi, setiap kali ada yang beli produk Kamu, Shopee bakal potong sebagian uang itu sebagai biaya operasional mereka.

Gimana Cara Hitungnya?

Penasaran nggak sih gimana Shopee menghitung biaya ini? Nah, Shopee punya rumus khusus buat ngitung Biaya Administrasi. Begini rumusnya:

Biaya Administrasi = (Harga Asli Produk – Diskon Produk dan/atau Voucher Diskon Ditanggung Penjual) × persentase biaya administrasi.

Jadi, Shopee bakal hitung harga asli produk Kamu, kurangin diskon atau voucher yang Kamu tanggung, terus dikalikan sama persentase biaya administrasi.

Kategori Penjual dan Produk

Ada hal penting lain yang perlu Kamu tahu. Shopee bagi penjual jadi beberapa kategori, seperti Non-Star, Star, dan Shopee Mall.

Kenapa ini penting? Soalnya, setiap kategori punya persentase biaya administrasi yang beda. Jadi, sebaiknya Kamu tahu dulu kategori Kamu supaya bisa hitung biaya administrasi dengan tepat.

Selain itu, jenis produk yang Kamu jual juga berpengaruh, lho! Shopee bagi produk jadi beberapa kategori, seperti A, B, C, D, dan E.

Cara Menghitung Biaya Admin Shopee

Kali ini, kita akan bahas lebih lanjut tentang cara menghitung biaya administrasi di Shopee, yang bisa jadi salah satu kunci keberhasilan toko online Kamu nih.

1. Pahami Dulu, Apa Itu Biaya Administrasi?

Sebelum kita masuk ke perhitungan, sebaiknya kita pahami dulu apa sih yang dimaksud dengan biaya administrasi ini?

Jadi, biaya administrasi adalah potongan yang Shopee kenakan kepada penjual setiap kali ada transaksi yang berhasil. Besarnya potongan ini bervariasi, tergantung pada kategori penjual dan produk yang Kamu jual.

2. Hitung Biaya Administrasi

Berdasarkan Kategori Penjual Kamu, penjual di Shopee dibagi jadi beberapa kategori, dan tiap kategori punya tarif biaya administrasi yang beda. Yuk, kita bahas satu per satu:

  • Penjual Non-Star: Biaya admin 1,6%, tapi ada keuntungan gratis biaya admin untuk 100 transaksi pertama. Seru, kan?
  • Penjual Star: Sama seperti Non-Star, biaya admin 1,6%. Gak ada beda tarif antara keduanya.
  • Penjual Shopee Mall: Kategori ini agak kompleks karena dibagi lagi jadi tiga sub-kategori dengan tarif 1%, 2%, dan 5%. Tarifnya tergantung pada sub-kategori produk yang Kamu jual.

3. Pengaruh Kategori Produk terhadap Biaya Administrasi

Gak cuma kategori penjual, kategori produk yang Kamu jual juga memengaruhi biaya administrasi, loh. Contohnya:

Penjual Non-Star:

    • Kategori A: 4%
    • Kategori B dan C: 3,2%
    • Kategori D dan E: 2,8% Ingat, ya, persentase ini dihitung dari harga produk setelah dikurangi diskon dan/atau voucher diskon yang Kamu tanggung sebagai penjual.

4. Proses Pengurangan Biaya Administrasi oleh Shopee

Setelah transaksi sukses, Shopee bakal otomatis kurangin biaya administrasi pas dana penjualan Kamu dilepaskan ke saldo penjual. Mudah banget, kan? Gak usah repot-repot ngurangin manual.

Tapi, jangan lupa, Kamu! Selalu perhatikan dan hitung dengan teliti biaya administrasi biar keuangan toko online Kamu tetap stabil dan sehat.

Konsistensi dalam mengelola keuangan bisa bawa bisnis Kamu meraih kesuksesan yang lebih besar di masa depan.

Mengupas Kategori Penjual di Shopee

Hai Kamu! Kembali lagi nih untuk bahas lebih dalam tentang dunia berjualan di Shopee. Kali ini, kita bakal bahas tentang kategori penjual di Shopee.

1. Penjual Non-Star: Awal Perjalananmu

Jadi, penjual non-star itu siapa? Biasanya, mereka adalah Kamu yang baru aja memulai petualangan di Shopee. Penjual baru yang belum banyak transaksi masuk ke kategori ini. Shopee ramah banget ke penjual baru, nih. Gimana enggak? Di 100 transaksi pertama, Shopee nggak ngecharge biaya administrasi sama sekali.

Baru setelah Kamu mencapai transaksi ke-101, biaya administrasi 1,6% mulai dipotong dari setiap transaksi yang berhasil.

2. Penjual Star atau Star+: Waktu Kamu Bersinar

Selanjutnya, kita punya penjual kategori Star atau Star+. Biasanya, Kamu yang udah punya pengalaman di Shopee dan sering transaksi masuk ke level ini. Walaupun dianggap ‘berpengalaman’, biaya administrasinya sama, yaitu 1,6% dari nilai transaksi setelah dikurangin potongan harga atau voucher yang Kamu berikan ke pembeli.

3. Penjual Shopee Mall: Pemain Besar di Arena

Nah, terakhir, ada penjual kategori Shopee Mall. Di sini biasanya penjual udah lebih serius mengembangkan bisnis di Shopee. Penjual Shopee Mall bisa dari individu atau perusahaan (PT). Agak kompleks di sini, karena biaya administrasi bagi penjual Shopee Mall dibagi jadi tiga tingkatan, yaitu 1%, 2%, dan 5%, tergantung pada sub-kategori produk yang mereka jual.

Pentingnya Paham Kategori Penjual Kenapa sih penting banget paham kategori penjual ini? Ya, karena dengan tahu kategori penjual Kamu, Kamu bisa lebih paham dan menghitung biaya administrasi dengan akurat tiap transaksi.

Selain itu, memahami kategori penjual juga bisa jadi bahan pertimbangan buat Kamu dalam merencanakan strategi bisnis ke depannya.

Contoh Perhitungan Biaya Admin Shopee dengan Kasus Nyata

Udah siap buat hitung-hitungan hari ini? Kita bakal bareng-bareng menjelajah labirin perhitungan biaya admin Shopee dengan beberapa contoh kasus.

Jangan khawatir, kita bakal lewati ini bareng dengan santai dan menyenangkan. Yuk, mulai petualangan kita!

  1. Penjual Non-Star: Awal Perjalanan yang Asyik

Penjual Non-Star, kita coba berandai-andai sedikit. Bayangkan Kamu jual boneka lucu seharga Rp100.000.

Kamu kasih diskon Rp10.000 plus voucher Rp2.000 yang Kamu tanggung. Baik hati banget ya Kamu. Nah,

Biaya Admin = (100.000 – 10.000 – 2.000) × 1,6% = 1.440. Biaya Admin = (100.000 – 10.000 – 2.000) × 1,6% = Rp1.440.

Jadi, dari transaksi ini, Kamu bakal kena biaya admin Rp1.440 dari Shopee.

  1. Penjual Star: Bersinar di Lapangan Shopee

Terus, gimana dengan Penjual Star? Misalnya Kamu yang udah jadi bintang di Shopee, jual tas keren dengan harga dan diskon yang sama seperti sebelumnya. Hitung biaya adminnya:

Biaya Admin = (100.000 – 10.000 – 2.000) × 1,6% = 1.440. Biaya Admin = (100.000 – 10.000 – 2.000) × 1,6% = Rp1.440.

Sama, kan? Memang, persentasenya nggak beda dengan penjual Non-Star.

  1. Penjual Shopee Mall: Main di Liga yang Lain

Gimana dengan penjual di Shopee Mall? Dengan asumsi yang sama, tapi sub-kategori produk Kamu kena biaya admin 2%, hitungannya jadi:

Biaya Admin = (100.000 – 10.000 – 2.000) × 2% = 1.760. Biaya Admin = (100.000 – 10.000 – 2.000) × 2% = Rp1.760.

Selamat berbisnis!

Artikel Terkait

Bagikan: