2+ Metode Cara Merekam Telepon WA di iPhone

Kak Rey

2+ Metode Cara Merekam Telepon WA di iPhone – Halo! Pernah nggak sih kamu mengalamin momen penting pas lagi telepon WA dan pengen banget merekamnya? Atau mungkin kamu butuh rekaman panggilan WA buat dokumentasi atau alasan lainnya, tapi belum tahu gimana caranya? Nah, tenang aja, sekarang kita bakal kasih tau caranya buat kamu!

Dalam artikel ini, kita bakal ngomongin cara merekam panggilan WA di iPhone. Iya, iPhone emang terkenal dengan fitur canggihnya, dan salah satu fitur keren yang mungkin belum banyak kamu tahu adalah bisa merekam layar, termasuk saat lagi nelpon WA.

Mengapa Merekam Telepon WA Itu Penting Bagi Kamu?

  1. Merekam Percakapan Penting

Percakapan lewat WA sering kali berisi info berharga, bisa jadi itu instruksi dari bos, briefing dari klien, atau cuma obrolan sama temen yang penting.

Dengan merekam panggilan, kamu bisa simpan info itu dan liat lagi kapan aja. Nggak perlu lagi sibuk nyoba ingetin detailnya!

  1. Buktikan Percakapan

Kadang-kadang, percakapan bisa jadi bukti yang berharga di situasi tertentu. Mungkin ada janji atau pernyataan yang penting buat diinget. Kalo gitu, merekam telepon WA bisa jadi solusi buat ngamankan bukti percakapan itu.

  1. Perbaiki Kemampuan Komunikasi

Rekaman panggilan WA bisa jadi cara bagus buat tingkatin kemampuan komunikasi kita. Dengan dengerin lagi percakapan-pertcakapan, kita bisa belajar cara kita komunikasi, apa yang bisa kita perbaiki, dan cara kita bisa lebih baik dalam berinteraksi.

  1. Hindari Salah Paham

Pernah gak sih kamu ngerasa salah paham waktu denger omongan seseorang pas lagi nelpon? Kalo kamu merekam panggilannya, kamu bisa putar balik percakapan itu buat pastiin apa yang sebenernya diucapin. Ini bisa bantu menghindari salah paham dan kebingungan.

  1. Referensi

Mungkin aja dalam percakapan kamu dapet info tentang ide keren atau resep masakan enak. Kalo kamu merekamnya, nanti kamu bisa liat lagi buat referensi di masa depan. Sekarang, kamu mungkin mikir, “Wah, merekam telepon WA emang berguna banget ya!” Iya, memang begitu!

Tapi, inget ya, ada aturan dan etika yang harus diikuti pas merekam panggilan, seperti minta izin dari yang kamu ajak bicara. Jadi, selalu pastiin kamu lakukan ini dengan bijak dan sopan.

Fitur Keren di iPhone

Nah, kali ini kita bakal bahas salah satu fitur yang mungkin belum banyak yang tahu, yaitu Screen Recording. Iya, kamu denger bener, iPhone bisa merekam layar loh!

Apa Itu Screen Recording di iPhone? Mungkin kamu mikir, “Screen Recording tuh apa sih?” Santai aja, gak perlu pusing. Screen Recording itu adalah fitur bawaan di iPhone yang bisa nangkep segala yang terjadi di layar.

Dengan ini, kamu bisa merekam video call, main game, atau bahkan bikin tutorial buat di-share di media sosial.

Nah, buat yang belum tahu caranya, coba ikuti langkah-langkah simpel ini:

  1. Buka “Settings” atau “Pengaturan”.
  2. Gulir ke bawah dan pilih “Control Center”.
  3. Ketuk “Customize Controls”.
  4. Cari “Screen Recording” dan tambahkan dengan nge-tap tanda plus di sampingnya.

Sekarang, Screen Recording sudah muncul di Control Center kamu. Tinggal swipe layar dari atas ke bawah (atau dari pojok kanan atas ke bawah kalo pake iPhone X atau yang lebih baru), lalu tekan ikon Screen Recording buat mulai merekam.

Kelebihan dan Kekurangan

Screen Recording Setelah kita tahu cara menggunakannya, yuk kita lihat kelebihan dan kekuragannya.

Kelebihan:

  1. Mudah Dipake: Screen Recording tuh sederhana banget, cuma beberapa klik, udah bisa mulai merekam layar iPhone.
  2. Bisa Rekam Suara: Dia juga bisa merekam suara yang keluar dari iPhone, jadi cocok buat yang mau rekam panggilan WA.
  3. Gak Perlu Aplikasi Lain: Gak perlu repot download aplikasi tambahan yang bisa makan memori.

Kekurangan:

  1. Boros Baterai: Ya, merekam layar pasti ngebutuhin tenaga lebih dari iPhone, jadi pastiin bateraimu cukup.
  2. Cepet Penuhin Memori: Video yang dihasilkan biasanya gede, jadi hati-hati biar gak penuhin memori iPhone.
  3. Gak Bisa Rekam Panggilan Biasa: Nah, dia gak bisa rekam panggilan telepon biasa, cuma bisa buat WA atau FaceTime.

Jadi, begitulah penjelasan tentang Screen Recording di iPhone. Semoga ini bisa bantu kamu lebih ngerti dan manfaatin fitur hebat di iPhonemu.

Langkah Mudah Merekam Telepon WA di iPhone

  1. Persiapan untuk Screen Recording

  • Cek Memori iPhone: Pastikan memori iPhone kamu cukup buat nyimpen rekaman. Biar nggak rugi merekam percakapan penting tapi memori penuh.
  • Siapkan Baterai: Merekam layar bisa boros baterai. Pastiin iPhone kamu terisi penuh atau lagi di-charge.
  • Aktifkan Screen Recording di Control Center: Kalau belum, ikuti langkah-langkah di bagian “Fitur Screen Recording pada iPhone.”
  1. Aktifkan Screen Recording dari Control Center

  • Buka Control Center dengan ngeser layar dari bawah ke atas (atau dari atas ke bawah di pojok kanan atas buat iPhone X atau yang lebih baru).
  • Ketuk ikon Screen Recording. Akan ada hitungan mundur 3 detik sebelum rekaman dimulai.
  • Setelah itu, buka WhatsApp dan lakukan panggilan seperti biasa. Semua yang terjadi di layar iPhone, termasuk panggilan WA, akan terekam.
  • Buat berhenti merekam, buka Control Center lagi dan ketuk ikon Screen Recording. Video rekaman akan otomatis disimpan di aplikasi Photos.
  1. Merekam Panggilan WA

  • Pertama-tama, pastiin kamu udah aktifkan fitur Screen Recording di Control Center seperti yang udah dijelasin tadi.
  • Selanjutnya, buka WhatsApp dan lakukan panggilan seperti biasa.

Ingat, Screen Recording bakal merekam semua yang ada di layar, jadi pastiin kamu cuma buka yang mau direkam.

  1. Untuk memulai merekam, swipe layar buat buka Control Center dan ketuk tombol Screen Recording. iPhone bakal ngasih hitungan mundur 3 detik sebelum mulai merekam.
  2. Setelah itu, balik ke WhatsApp dan panggilan kamu akan direkam.
  3. Kalo panggilan udah selesai, buka lagi Control Center dan ketuk tombol Screen Recording buat berhenti merekam. Video akan disimpan otomatis di aplikasi Photos.

Tips Biar Rekaman Jelas

Walau terdengar simpel, merekam panggilan WA bisa menantang. Ini beberapa tips dan trik biar rekaman kamu lancar dan jelas:

  • Pakai Jaringan yang Stabil: Panggilan WA yang putus-putus bisa bikin rekaman jadi kurang bagus. Jadi, pastiin kamu punya sinyal yang stabil sebelum panggilan.
  • Hindari Notifikasi: Notifikasi yang muncul di layar bisa ganggu perekaman. Sebelum mulai, aktifin mode Do Not Disturb atau matiin notifikasi buat beberapa aplikasi.
  • Gunakan Headset: Buat audio yang lebih jelas, pake headset pas panggilan. Ini juga bisa bantu kurangi noise atau suara lainnya.
  • Latihan: Sebelum merekam panggilan penting, coba beberapa kali latihan buat pastiin semuanya berjalan lancar.

Dengan tips dan trik di atas, semoga merekam panggilan WA di iPhone jadi lebih gampang dan hasilnya makin jelas. Selamat mencoba, ya!

Artikel Terkait

Bagikan: