9+ Langkah Cara Membuat Drop Down di Excel

Kak Rey

9+ Langkah Cara Membuat Drop Down di ExcelHalo, Kamu yang suka pakai Excel! Pernah nggak, Kamu merasa pusing karena harus terus-terusan mengetik data yang sama? Atau, Kamu pernah bingung karena data yang mestinya rapi malah jadi berantakan? Tenang saja, Kamu nggak perlu khawatir lagi.

Sekarang, Kamu punya cara simpel untuk mengatasi masalah itu, yaitu dengan menggunakan fitur dropdown di Excel!

Yuk langsung aja kita simak!

Pengenalan Fitur Dropdown di Excel

Pernah denger tentang dropdown di Excel? Jangan bingung, ya. Sebetulnya, dropdown ini adalah fitur keren yang ada di Microsoft Excel. Fitur ini memungkinkan Kamu untuk memilih item dari daftar yang sudah Kamu siapkan sebelumnya. Coba bayangkan seperti saat Kamu pesan makanan lewat aplikasi ojek online, di situ ada daftar makanan yang bisa Kamu pilih, konsepnya hampir sama dengan itu.

Nah, manfaat dari fitur dropdown ini sebenarnya banyak, lho. Salah satunya adalah membantu Kamu menghindari kesalahan dalam mengetik dan menjaga konsistensi data Kamu. Jadi, Kamu bisa mengatur pilihan input yang bisa dimasukkan ke dalam sel tertentu. Keren, kan?

Contohnya, misalnya Kamu punya daftar nama teman-teman Kamu dan ingin memasukkannya ke dalam sel. Daripada harus mengetik satu per satu, Kamu bisa pakai fitur dropdown ini. Cukup dengan mengklik selnya dan memilih nama teman Kamu dari daftar yang muncul.

Mengapa Harus Bikin Dropdown di Excel?

  1. Pertama, fitur ini sangat bermanfaat ketika Kamu ingin membatasi pilihan yang bisa dimasukkan ke dalam sel sesuai dengan daftar yang sudah Kamu siapkan. Misalnya, ada sel untuk memasukkan jenis kelamin. Daripada repot harus ngetik ‘laki-laki’ atau ‘perempuan’ setiap kali memasukkan data, lebih praktis jika Kamu bisa memilih dari daftar yang sudah ada kan?
  2. Kedua, fitur ini juga mempercepat proses memasukkan data. Kamu nggak perlu lagi membuang waktu dengan mengetik data yang sama berulang kali. Kamu tinggal klik dan pilih, selesai!
  3. Ketiga, fitur ini juga membantu mengurangi risiko kesalahan. Terkadang, saat mengetik, kita bisa saja salah ketik atau lupa format pengetikan yang benar. Nah, dengan dropdown ini, kita bisa menghindari kesalahan-kesalahan itu.

Langkah-Langkah Buat Dropdown di Excel

  1. Buka Excel dan Persiapkan Data

Pertama-tama, buka aplikasi Excel di komputer Kamu. Bisa Excel 2007, 2010, 2013, atau versi terbaru, semua bisa. Selanjutnya, buka dokumen Excel yang ingin Kamu tambahkan dropdown, atau buat dokumen baru jika perlu. Sekarang, tentukan dulu di sel mana Kamu mau nambahin dropdown. Sudah dipilih selnya? Lanjut ke langkah berikutnya.

  1. Atur ‘Data Validation’

Setelah Kamu pilih selnya, langkah selanjutnya adalah mengatur ‘Data Validation’. Caranya simpel banget, kok. Pilih sel yang udah Kamu tentuin tadi, lalu klik tab ‘Data’ di bagian atas, dan pilih ‘Data Validation’. Dengan ini, Kamu udah mulai menyiapkan dropdown-nya, nih!

  1. Tambahkan Item Dropdown

Setelah klik ‘Data Validation’, bakal muncul jendela baru. Di situ, pilih ‘List’ di bawah opsi ‘Allow’. Lalu, di bagian ‘Source’, masukkan item-item yang mau Kamu tambah ke dropdown. Misalnya, buat dropdown buat jenis kelamin, tinggal masukin ‘Laki-laki, Perempuan’. Jangan lupa pisahin itemnya pake koma, ya!

  1. Sesuaikan Pengaturan Error Alert

Langkah terakhir ini sebetulnya opsional, tapi bisa bermanfaat banget. Kalau Kamu pengen batasin input ke item-item yang ada di dropdown, bisa sesuaikan pengaturan ‘Error Alert’. Cara nya, centang ‘Show error alert after invalid data is entered’, lalu pilih jenis dan pesan kesalahan yang Kamu mau. Misalnya, Kamu bisa atur pesan kesalahannya jadi “Ups, masukkan data yang valid, ya!”.

Buat Dropdown dengan Tabel Referensi

  1. Buat Tabel Referensi

Sebelum Kamu lanjut ke langkah bikin dropdown-nya, pertama-tama, Kamu harus bikin tabel referensi dulu. Gampang banget, kok. Pertama, Kamu buat tabel di Excel. Misalnya, Kamu mau bikin dropdown buat daftar nama kota di Indonesia. Kamu tinggal tulis aja nama-nama kota itu di tabel.

Setelah itu, blok aja tabel itu, klik kanan, terus pilih ‘Define Name’. Di situ, Kamu bisa kasih nama buat tabel referensi Kamu. Contohnya, Kamu bisa kasih nama ‘Daftar_Kota’. Nah, sekarang tabel referensi Kamu udah siap!

  1. Hubungkan Dropdown ke Tabel Referensi

Setelah tabel referensinya udah siap, langkah berikutnya adalah menghubungkan dropdown dengan tabel referensi itu. Caranya mirip kayak yang tadi.

  1. Pilih dulu sel mana yang Kamu mau tambahin dropdown-nya, terus klik ‘Data Validation’ seperti yang sebelumnya.
  2. Bedanya, di sini, di bagian ‘Source’, Kamu nggak perlu ngetik item-item satu per satu. Kamu tinggal ketik aja nama tabel referensinya, contohnya ‘Daftar_Kota’.
  3. Jangan lupa tambahin tanda sama dengan (=) sebelum nama tabelnya, ya!
  4. Nah, sekarang dropdown Kamu udah terhubung sama tabel referensi. Jadi, kalo Kamu tambahin atau ubah item di tabel referensi, dropdown Kamu bakal update sendiri.

Menggunakan Fitur Dropdown di Excel

  1. Pilih Item dari Daftar

Pilih item dari dropdown tuh gampang banget. Kamu tinggal klik sel yang punya dropdown, nanti bakal muncul tanda panah ke bawah. Kamu klik aja tanda panah itu, dan voila! List item yang bisa kamu pilih bakal muncul. Tinggal pilih item yang kamu mau.

  1. Edit Item Dropdown

Terus, gimana kalo kamu pengen ngubah atau nambahin item di dropdown kamu? Caranya simpel, kok! Kamu tinggal pilih sel dropdown, lalu klik ‘Data Validation’ kayak waktu kita buat dropdown. Di situ, kamu bisa ngubah item-itemnya di bagian ‘Source’.

Tapi, kalau kamu pakai tabel referensi, kamu perlu edit itemnya di tabel referensinya, ya. Jadi, tiap kali kamu tambahin atau ubah item di tabel referensi, dropdown kamu bakal otomatis ke-update. Praktis, kan?

  1. Hapus Dropdown

Terus, gimana kalo kamu mau hapus dropdown? Santai aja, caranya juga gak ribet. Kamu tinggal pilih sel dropdown yang mau dihapus, lalu klik ‘Data Validation’. Di jendela yang keluar, pilih ‘Clear All’, lalu klik ‘OK’. Voilà! Dropdown kamu udah berhasil dihapus.

Nah, gitu deh cara pakai fitur dropdown di Excel. Dengan pengetahuan ini, kamu bisa maksimalin fitur dropdown buat ngebantu kerjaan kamu. Selamat mencoba, ya!

Kesimpulan

Mulai dari persiapan data, nambahin item ke dropdown, sampe manfaatin tabel referensi, semuanya udah kita ulas. Jadi, sekarang, kamu udah jago deh bikin dropdown di Excel.

Sekarang, gak perlu lagi bingung kalo mau bikin atau pake dropdown di Excel, kan? Soalnya, dengan langkah-langkah yang udah kita pelajari, semuanya jadi simpel dan seru. Fitur dropdown ini bisa bikin kerjaan kamu di Excel lebih tertata dan efisien, lho.

Ingat, teman-teman, ilmu ini gak cuma buat disimpen, tapi buat dipraktekkan juga. Jadi, yuk, langsung dicoba!

Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu yang pengen tahu cara bikin dropdown di Excel!

Artikel Terkait

Bagikan: