5+ Langkah Cara Beriklan di YouTube

Kak Rey

5+ Langkah Cara Beriklan di YouTube – Hai! Udah tahu belum, beriklan di YouTube itu asyik banget! Bayangkan, Kamu bisa menampilkan iklan Kamu ke jutaan orang yang lagi asyik nonton video favorit mereka. Gimana, nggak seru?Nggak hanya seru, tapi juga menguntungkan, loh! Di platform video terbesar di dunia ini, Kamu bisa memperluas bisnismu dengan cara yang keren dan efektif.

Mau promosikan produk baru, tingkatkan pengetahuan merekmu, atau bahkan tarik pelanggan potensial? YouTube jawabannya! Jadi, yuk, kita mulai petualangan seru beriklan di YouTube! Siap-siap, karena keseruan baru akan dimulai dari sini. Dapatkan tips keren untuk strategi pemasaran digitalmu.

Selamat membaca!

Mengapa Kamu Harus Beriklan di YouTube?

  1. Audiens yang Luas: Kamu tahu nggak, YouTube adalah platform video online terbesar di dunia dengan lebih dari 2 miliar pengguna aktif setiap bulannya? Wow, angka yang mengesankan, bukan? Bayangkan betapa banyak orang yang bisa Kamu jangkau dengan iklanmu di YouTube.
  2. Segmentasi Pasar yang Tepat: YouTube memungkinkan Kamu untuk menargetkan iklanmu berdasarkan data demografis, lokasi geografis, dan minat audiens. Jadi, Kamu bisa memastikan iklanmu hanya ditampilkan kepada orang-orang yang benar-benar berpotensi menjadi pelangganmu. Praktis, kan?
  3. Meningkatkan Kesadaran Merek: Ketika Kamu beriklan di YouTube, Kamu tidak hanya menjual produk atau layanan, tapi juga membangun merekmu. Video adalah cara yang efektif untuk menarik perhatian dan membangun kesadaran tentang merek Kamu di kalangan audiens.
  4. Mudah diingat: Penelitian menunjukkan bahwa informasi yang disampaikan melalui video lebih mudah diingat dibandingkan dengan teks. Jadi, dengan beriklan di YouTube, Kamu bisa meninggalkan kesan yang kuat dan berkesan pada audiensmu.
  5. Mengukur Kinerja dengan Mudah: YouTube menyediakan alat pelaporan yang canggih untuk membantu Kamu memahami seberapa baik iklanmu berkinerja. Kamu bisa melihat siapa yang melihat iklanmu, berapa lama mereka menontonnya, dan tindakan apa yang mereka lakukan setelah melihat iklanmu.

Persiapan Akun YouTube Kamu

Langkah Pertama: Membuat Akun Google Ads

  1. Kunjungi situs Google Ads di ads.google.com.
  2. Klik “Mulai Sekarang” dan ikuti panduannya.
  3. Isi detail yang diperlukan seperti nama bisnis, alamat email, dan situs web.
  4. Atur preferensi penagihan dan pembayaran.
  5. Voila! Akun Google Ads Kamu sudah jadi.

Langkah Kedua: Menghubungkan Akun Google Ads dengan YouTube

  1. Masuk ke akun Google Ads Kamu.
  2. Klik “Alat & Pengaturan” di sudut kanan atas, lalu pilih “Pengaturan Akun Terhubung.”
  3. Cari “YouTube” dan klik tombol “Detail.”
  4. Klik tombol “+” dan pilih channel YouTube yang ingin Kamu hubungkan.
  5. Klik “Selesai,” dan selesai deh!

Mengenal Jenis Iklan di YouTube

  1. Iklan Video In-Stream

Pernah nonton video di YouTube terus tiba-tiba muncul iklan di tengah-tengah? Itu iklan video in-stream. Iklan ini bisa muncul sebelum (pre-roll), selama (mid-roll), atau setelah (post-roll) video yang Kamu tonton.

Iklan ini bisa Kamu lewati setelah 5 detik, tapi ada juga yang nggak bisa Kamu lewati. Iklan yang nggak bisa Kamu lewati biasanya cuma sekitar 15-20 detik.

  1. Iklan Video Discovery

Iklan video discovery ini muncul di halaman utama YouTube, di samping video yang Kamu tonton, atau di halaman hasil pencarian. Jadi, iklan ini lebih seperti “saran” video untuk ditonton. Yang menarik dari iklan ini adalah, pengguna bisa memilih untuk menonton atau nggak. Jadi, kalau ada yang klik dan nonton, berarti mereka benar-benar tertarik, lho.

  1. Bumper Ads

Terakhir, ada Bumper Ads. Ini jenis iklan yang durasinya sangat singkat, cuma 6 detik aja. Tapi, meski singkat, bisa bikin dampak besar, lho!

Bumper Ads biasanya nggak bisa Kamu lewati dan muncul sebelum video dimulai. Nah, karena durasinya cuma 6 detik, kita harus bisa memanfaatkan waktu itu sebaik mungkin untuk menarik perhatian audiens.

Itulah tiga jenis iklan YouTube yang bisa Kamu manfaatkan. Setiap jenis iklan punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing, jadi pilih yang paling sesuai dengan tujuan dan target Kamu ya!

Langkah Menuju Kesuksesan Beriklan di YouTube

  1. Tentukan Tujuan Kampanye

Kamu Setelah Kamu mengenali jenis-jenis iklan, langkah selanjutnya adalah menentukan tujuan kampanye Kamu. Tujuan ini seperti “misi” yang ingin Kamu capai dengan beriklan di YouTube.

Tujuan bisa bervariasi, mulai dari meningkatkan kesadaran merek, mengarahkan pengunjung ke situs web, hingga meningkatkan penjualan. Yang penting, tujuan ini harus jelas dan spesifik agar Kamu bisa mengevaluasi keberhasilan kampanye nantinya.

  1. Identifikasi Target Audiens

Kamu Setelah tujuan Kamu jelas, sekarang waktunya untuk mengidentifikasi target audiens. Siapa saja yang ingin Kamu jangkau dengan iklan Kamu? Berapa usia mereka? Apa minat dan hobi mereka? Di mana mereka tinggal?

Semakin spesifik Kamu dalam menentukan target audiens, semakin efektif iklan Kamu. Mengapa? Karena iklan akan muncul di depan pengguna YouTube yang tepat, yang berpotensi menjadi pelanggan Kamu.

  1. Atur Anggaran Iklan

Kamu Jangan lupa untuk mengatur anggaran iklan Kamu. Tentukan berapa banyak uang yang dapat Kamu alokasikan untuk beriklan di YouTube.

Ingat, yang terpenting bukanlah jumlah anggaran, tetapi bagaimana Kamu memanfaatkannya. Jadi, jangan khawatir jika anggaran Kamu terbatas. Dengan strategi yang tepat, Kamu masih bisa mencapai tujuan kampanye Kamu.

  1. Membuat Iklan

Menulis Naskah Iklan Naskah iklan adalah teks yang akan Kamu gunakan dalam video iklan Kamu. Dalam naskah ini, Kamu harus bisa “menjual” produk atau layanan Kamu sebaik mungkin. Ingat, Kamu hanya memiliki waktu yang terbatas untuk menarik perhatian audiens. Jadi, gunakan kata-kata yang tepat dan menarik!

Produksi Video Iklan

Setelah naskah iklan selesai, saatnya memproduksi video. Di sini, Kamu bisa mendapatkan bantuan profesional, atau jika anggaran terbatas, Kamu juga bisa membuatnya sendiri.

Penting untuk diingat bahwa kualitas video sangat penting. Pastikan gambar dan suara dalam video jelas dan mudah dipahami. Gunakan juga musik atau efek suara yang sesuai untuk meningkatkan daya tarik video.

Mengunggah Video Iklan

Setelah video iklan selesai, saatnya mengunggahnya ke YouTube. Caranya cukup mudah, tinggal klik “Unggah” di pojok kanan atas halaman YouTube, lalu ikuti petunjuknya. Setelah diunggah, jangan lupa untuk menambahkan deskripsi dan tag yang relevan. Hal ini akan membantu video Kamu ditemukan oleh pengguna YouTube.

  1. Melacak dan Mengoptimalkan Kinerja Iklan

Kamu Setelah iklan Kamu berjalan, jangan lantas bersantai. Kamu harus memantau kinerja iklan Kamu. Ada dua hal yang perlu Kamu lakukan: melacak dan mengoptimalkan. Mari bahas satu per satu. Melacak Kinerja Iklan Mengapa perlu melacak? Agar Kamu tahu apakah iklan Kamu berhasil atau tidak. Caranya? Dengan melihat metrik yang disediakan oleh YouTube.

Misalnya, Kamu bisa melihat berapa kali iklan Kamu ditonton, berapa kali orang mengklik iklan Kamu, atau berapa banyak yang membeli produk Kamu setelah menonton iklan. Dengan melihat metrik ini, Kamu bisa mengetahui apakah iklan Kamu efektif atau tidak.

Selamat mencoba, ya!

Artikel Terkait

Bagikan: