5+ Tips Cara Menambahkan Catatan di Lazada

5+ Tips Cara Menambahkan Catatan di LazadaHai, Kamu yang suka belanja online di Lazada! Kamu harus tahu nih, ada fitur keren di Lazada yang bisa bantu kamu agar barang yang kamu beli sesuai dengan yang kamu harapkan. 

Jadi, jangan sampai kelewatan ya! Selamat membaca dan selamat berbelanja!

Kenapa Menulis Catatan di Lazada Itu Penting?

Kamu, percaya atau nggak, nulis catatan di Lazada itu penting banget lho! Mungkin ada yang mikir, “Ah, ngapain sih ribet nulis catatan?” Tapi, coba deh dipikir lagi. Kenapa sih catatan itu penting? Yuk, kita bahas dua alasan utamanya.

  1. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Pertama, menulis catatan di Lazada bisa bikin kamu, sebagai pelanggan, lebih puas, loh. Gimana caranya? Gini nih. Catatan itu kayak jembatan komunikasi antara kamu dan penjual. Bayangin aja kalo lagi pesen makanan di restoran. Pasti kamu pengen kasih tau pelayannya, “Nasi gorengnya jangan pedes banget ya,” atau “Minumnya kurang manis dikit, ya.”

Nah, sama halnya kalo belanja di Lazada, kamu bisa pakai catatan buat ngasih instruksi khusus ke penjual. Contohnya, kamu mau beli baju, tapi khawatir kalo baju itu gampang luntur pas dicuci. Kamu bisa nulis di catatan, “Tolong pilih bahan yang tahan luntur, ya.”

  1. Meminimalisir Kesalahan Pengiriman

Alasan kedua, menulis catatan di Lazada bisa menghindari kesalahan pengiriman, lho. Kok bisa? Nah, bayangin lagi kalo kamu pesen ojek online. Pasti kamu pengen kasih tau driver, “Lokasi rumah saya deket banget sama toko buku Merdeka,” atau “Masuk gang samping warung Budi.”

Nah, sama halnya kalo belanja di Lazada, kamu bisa pakai catatan buat ngasih petunjuk pengiriman ke kurir. Misalnya, kamu tinggal di kompleks perumahan yang rada luas dan rumit. Kamu bisa nulis di catatan, “Rumah saya di deket taman bermain, ada pohon mangga gede di depannya.”

Langkah-Langkah Menambahkan Catatan di Lazada

Hai, Kamu yang suka belanja online! Pernahkah Kamu bingung atau melewatkan kolom ‘Tambahkan Catatan’ saat berbelanja di Lazada? Tenang saja, Kamu tidak sendiri! Banyak orang lain juga mungkin merasa bingung tentang cara yang tepat untuk mengisi kolom tersebut.

Namun, Kamu tidak perlu khawatir. Di artikel ini, kita akan membahas dengan santai cara-cara menambahkan catatan di Lazada.

  1. Login ke Akun Lazada Kamu

Pertama-tama, tentu saja Kamu harus masuk ke akun Lazada Kamu. Caranya sangat mudah. Buka aplikasi Lazada di smartphone atau komputer Kamu, lalu ketuk ‘Masuk’. Kemudian, masukkan username dan password akun Lazada Kamu, dan voila! Kamu sudah berhasil masuk ke akun Lazada Kamu.

  1. Memilih Produk yang Ingin Dibeli

Setelah berhasil masuk ke akun Lazada Kamu, langkah selanjutnya adalah memilih produk yang ingin Kamu beli. Kamu bisa memilih berbagai jenis produk sesuai dengan keinginan Kamu, seperti pakaian, sepatu, gadget, perlengkapan rumah, dan lainnya.

Setelah menemukan produk yang Kamu inginkan, tinggal ketuk ‘Beli Sekarang’ atau ‘Tambah ke Keranjang’.

  1. Menambahkan Catatan untuk Penjual

Setelah memilih produk, saatnya Kamu menambahkan catatan untuk penjual. Di sini, Kamu bisa memberikan instruksi khusus mengenai produk yang Kamu beli. Misalnya, “Tolong gunakan bahan yang tidak mudah luntur” atau “Bolehkah warnanya dicampur?”. Pastikan menggunakan bahasa yang sopan dan jelas, ya!

  1. Menambahkan Catatan untuk Pengiriman

Selanjutnya, Kamu juga bisa menambahkan catatan untuk pengiriman. Ini penting karena bisa memengaruhi proses pengiriman produk Kamu. Kamu bisa menulis hal seperti, “Alamat saya dekat taman bermain, ada pohon mangga besar di depannya.” Dengan begitu, kurir akan lebih mudah menemukan alamat Kamu.

  1. Memeriksa dan Mengkonfirmasi Pesanan Kamu

Sebelum melakukan pembayaran, penting untuk memeriksa dan mengkonfirmasi pesanan Kamu. Pastikan bahwa produk, harga, alamat pengiriman, dan catatan-catatan Kamu sudah benar. Jika semuanya sudah sesuai, Kamu bisa klik ‘Bayar’.

Tips Menulis Catatan yang Efektif di Lazada

Sudah tahu belum bagaimana cara menulis catatan yang efektif saat berbelanja di Lazada? Biar catatan Kamu nggak sia-sia atau malah bikin bingung, yuk, langsung kita simak tips-tips berikut:

  1. Gunakan Bahasa yang Jelas dan Mudah Dimengerti

Sangat penting untuk menggunakan bahasa yang jelas dan mudah dimengerti saat menulis catatan di Lazada. Jangan sampai penjual atau kurir bingung dengan apa yang Kamu tulis. Contohnya, kalau Kamu mau pesan baju, jangan tulis, “Bajunya jangan yang ini ya”. Lebih baik tulis, “Tolong kirim baju dengan warna hitam”.

  1. Sebutkan Detil yang Penting

Ketika menulis catatan, jangan lupa untuk menyebutkan detil yang penting, seperti ukuran, warna, atau jenis produk. Misalnya, “Tolong kirim sepatu ukuran 40 dengan warna biru dongker”. Dengan begitu, penjual langsung tahu apa yang Kamu inginkan.

  1. Berikan Instruksi dengan Sopan

Ketika memberikan instruksi atau permintaan khusus, tetaplah berbicara dengan sopan, ya! Jangan sampai penjual merasa tidak dihargai karena Kamu terlalu kasar dalam berbicara.

  1. Beri Petunjuk Pengiriman yang Jelas

Jika Kamu tinggal di tempat yang agak sulit dijangkau, jangan lupa untuk memberikan petunjuk pengiriman yang jelas. Misalnya, “Rumah saya dekat taman bermain, ada pohon mangga besar di depannya”. Dengan begitu, kurir bisa menemukan alamat Kamu dengan lebih mudah.

  1. Periksa Kembali Catatan Kamu

Sebelum Kamu klik ‘Bayar’, pastikan untuk memeriksa kembali catatan Kamu. Pastikan bahwa semua informasi yang Kamu berikan sudah benar dan jelas. Nah, itulah beberapa tips menulis catatan yang efektif di Lazada.

Memahami Catatan Penjual dan Catatan Pengiriman di Lazada

Catatan untuk Penjual

Fitur ‘Catatan untuk Penjual’ memungkinkan Kamu berinteraksi langsung dengan penjual. Kamu bisa memberikan instruksi khusus, meminta informasi tambahan tentang produk, atau bahkan sekadar mengucapkan terima kasih kepada penjual.

Misalnya, Kamu bisa menulis, “Tolong pilihkan yang memiliki motif yang menarik, Terima kasih!” atau “Mohon bungkus dengan rapi, karena barang ini akan saya kirimkan ke seorang teman.” Ini adalah fitur yang sangat berguna, bukan?

Tetapi, penting untuk selalu berkomunikasi dengan sopan dan jelas. Jangan sampai penjual bingung atau merasa tersinggung dengan catatan Kamu. Ingatlah bahwa mereka juga manusia yang menghargai komunikasi yang baik.

Catatan untuk Pengiriman

Lalu, apa fungsi dari ‘Catatan untuk Pengiriman’? Fitur ini dirancang untuk membantu kurir menemukan alamat pengiriman Kamu dengan lebih mudah. Kamu bisa memberikan petunjuk yang jelas, seperti “Rumah saya dekat taman bermain, dan ada pohon mangga besar di depannya.”

Atau, Kamu bisa memberikan instruksi khusus kepada kurir, seperti “Jika tidak ada orang di rumah, tolong tinggalkan paket di rumah tetangga sebelah.” Dengan cara ini, kurir dapat menemukan alamat Kamu dengan lebih efisien, dan paket Kamu dapat sampai dengan aman. Fitur ini juga sangat berguna, bukan?

Jadi, mulai dari sekarang, jangan lupa selalu menulis catatan saat berbelanja di Lazada. Selamat berbelanja!