4+ Langkah Cara Buat Email Perusahaan Gratis

Kak Rey

4+ Langkah Cara Buat Email Perusahaan Gratis – Hai! Sudahkah kamu tahu betapa pentingnya email perusahaan untuk bisnismu? Jadi, kami ingin berbagi informasi menarik tentang cara membuat email perusahaan secara gratis yang sangat keren! Dengan begitu, kamu dapat tampil lebih profesional dan dapat dipercaya dalam dunia bisnis.

Yuk langsung aja kita simak!

Pentingnya Email Perusahaan

Cobalah bayangkan, saat kamu mengirimkan proposal ke klien dengan menggunakan alamat email pribadi, terkadang rasanya kurang meyakinkan, bukan? Tetapi jika kamu menggunakan email yang berakhir dengan nama perusahaan, kesan yang ditimbulkan pasti berbeda. Klien akan langsung berpikir, “Wow, perusahaan ini serius!”

Pentingnya email perusahaan ini tidak hanya berhenti di sana. Mari kita lihat beberapa poin berikut:

  1. Membangun Citra Profesional: Seperti yang sudah aku sebutkan sebelumnya, menggunakan email perusahaan dapat membantu membangun citra profesional. Bayangkan jika kamu menerima email dari alamat “admin@namaperusahaanmu.com“, pasti kesan yang ditimbulkan lebih meyakinkan, bukan?
  2. Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan: Pelanggan atau klien cenderung lebih percaya pada perusahaan yang menggunakan email perusahaan. Mengapa? Karena ini menunjukkan bahwa perusahaanmu serius dan berkomitmen dalam bisnisnya.
  3. Melindungi Privasi Pribadi: Dengan menggunakan email perusahaan, kamu juga dapat melindungi privasi pribadimu. Kamu tidak perlu khawatir bahwa alamat email pribadimu akan disalahgunakan.

Keuntungan Menggunakan Email Perusahaan

Sekarang, mari kita bahas tentang keuntungan menggunakan email perusahaan. Selain penting, menggunakan email perusahaan juga memberikan banyak manfaat, nih. Ayo, kita lihat apa saja keuntungannya!

  1. Meningkatkan Brand Awareness: Dengan menggunakan email perusahaan, setiap kali kamu mengirim email, secara tidak langsung kamu juga mempromosikan merekmu. Ini bisa menjadi cara promosi yang sangat efektif, loh!
  2. Memudahkan Manajemen Email: Dengan email perusahaan, kamu bisa membuat alamat email khusus untuk departemen atau tim tertentu. Misalnya, sales@namaperusahaanmu.com untuk tim penjualan, support@namaperusahaanmu.com untuk tim dukungan, dan sebagainya. Ini akan memudahkan pengelolaan email perusahaanmu.
  3. Fitur Tambahan: Biasanya, penyedia layanan email perusahaan juga menyediakan berbagai fitur tambahan, seperti kapasitas penyimpanan yang lebih besar, fitur keamanan tambahan, dan lainnya. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan manfaat lebih banyak.

Mengapa Kamu Harus Membuat Email Perusahaan Gratis?

“Emang bisa bikin email perusahaan tanpa bayar?” Bisa banget, teman! Tidak semua yang bagus harus mahal, tahu. Membuat email perusahaan gratis memiliki banyak manfaat yang patut dipertimbangkan.

  1. Menghemat Biaya

Siapa yang tidak suka hal gratis? Apalagi jika itu bisa menghemat biaya perusahaan, pasti semua orang akan senang, bukan? Nah, dengan membuat email perusahaan secara gratis, kamu dapat mengurangi biaya operasional. Bayangkan saja, uang yang biasanya digunakan untuk membayar langganan email bisa dialokasikan untuk keperluan yang lebih penting. Jadi, tidak ada salahnya mencoba membuat email perusahaan gratis terlebih dahulu.

Ketika perusahaan sudah berkembang dan membutuhkan fitur yang lebih canggih, baru saatnya untuk meng-upgrade ke versi berbayar.

  1. Memanfaatkan Fasilitas Gratis

Tidak hanya menghemat biaya, membuat email perusahaan gratis juga memungkinkan kamu memanfaatkan fasilitas-fasilitas yang disediakan oleh penyedia email, seperti Google, misalnya.

Dengan membuat email perusahaan gratis di Google, kamu dapat menggunakan Google Drive untuk menyimpan file, Google Docs untuk membuat dokumen, dan masih banyak lagi.

Langkah-langkah Membuat Email Perusahaan Gratis

Membuat email perusahaan gratis tidak sesulit yang kamu bayangkan, lho. Ikuti saja langkah-langkah berikut, dan kamu akan memiliki email perusahaan gratis dengan cepat. Ayo, kita mulai!

Pilih Platform Email Gratis

Pertama-tama, kamu perlu memilih platform email yang akan kamu gunakan. Ada banyak pilihan platform email gratis, seperti Google (Gmail), Microsoft (Outlook), atau Yahoo.

  • Google (Gmail): Jika perusahaanmu sering menggunakan produk Google seperti Google Drive, Google Docs, atau Google Meet, Gmail mungkin merupakan pilihan yang tepat. Selain itu, Gmail memiliki antarmuka yang mudah digunakan.
  • Microsoft (Outlook): Jika perusahaanmu lebih sering menggunakan produk Microsoft seperti Office 365 atau Teams, maka Outlook bisa menjadi pilihanmu. Outlook juga memiliki integrasi yang baik dengan produk Microsoft lainnya.
  • Yahoo: Meskipun tidak sepopuler Gmail atau Outlook, Yahoo tetap merupakan pilihan yang baik dengan penyimpanan email yang besar dan fitur keamanan yang solid.

Pendaftaran

  • Nama Lengkap: Ini digunakan untuk identifikasi dan personalisasi emailmu.
  • Alamat Email Baru: Ini adalah alamat email perusahaan yang akan kamu buat. Pastikan alamat ini mudah diingat dan mencerminkan nama atau merek perusahaanmu.
  • Kata Sandi: Penting untuk keamanan akun emailmu. Buatlah kata sandi yang kuat dan aman, serta selalu jaga kerahasiaannya.
  • Nomor Telepon: Beberapa platform email mungkin meminta nomor telepon untuk verifikasi atau pemulihan akun. Pastikan nomor telepon ini aktif dan dapat diakses.

Setujui Syarat dan Ketentuan

Sebelum melanjutkan, kamu akan diminta untuk menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku. Selalu bacalah dengan cermat! Meskipun terkadang membosankan, ini penting untuk melindungi hak dan privasimu.

Verifikasi dan Aktivasi

Biasanya, platform email akan mengirimkan kode verifikasi ke nomor telepon atau email alternatif yang telah kamu berikan sebelumnya. Masukkan kode tersebut dan selesaikan proses pendaftaran.

Tips dan Trik Mengelola Email Perusahaan dengan Mudah

  1. Buat Folder Khusus

Salah satu langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah membuat folder khusus untuk jenis-jenis email tertentu. Misalnya, kamu bisa membuat folder untuk email dari klien, email internal, atau email tagihan.

Dengan cara ini, kamu akan lebih mudah menemukan dan mengakses email yang kamu butuhkan. Untuk membuat folder khusus, biasanya kamu hanya perlu klik kanan pada daftar folder di sisi kiri, lalu pilih ‘Buat Folder Baru’ atau ‘New Folder’.

  1. Gunakan Filter Email

Selain membuat folder, kamu juga bisa memanfaatkan filter email. Dengan filter, email dari alamat tertentu dapat langsung diarahkan ke folder yang sesuai. Ini akan membantu menjaga tampilan inboxmu tetap rapi dan memungkinkan kamu fokus pada email yang benar-benar penting.

Cara membuat filter bisa bervariasi di setiap platform email, tetapi umumnya kamu dapat menemukan opsi ini dalam pengaturan atau settings. Kamu dapat mengatur filter berdasarkan alamat email, subjek, atau kata kunci tertentu.

Kesimpulan

Intinya, email perusahaan sangat penting untuk menunjukkan profesionalisme dan identitas merek perusahaan. Jadi, jangan ragu untuk membuat email perusahaan secara gratis. Selain menghemat biaya, kamu juga bisa memanfaatkan fasilitas gratis yang ditawarkan oleh platform email.

Setelah berhasil membuat email perusahaan, jangan lupa memilih platform yang sesuai dengan kebutuhan perusahaanmu, seperti Google (Gmail), Microsoft (Outlook), atau Yahoo, semuanya memiliki kelebihan masing-masing.

Selain itu, mengelola email perusahaan juga bisa lebih efisien dengan membuat folder khusus dan menggunakan filter email. Dengan cara ini, kamu tidak akan melewatkan email penting dan bisa lebih fokus dalam menjalankan bisnis.

Jangan lupa, terapkan tips dan trik tadi dengan baik ya! Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba!

Artikel Terkait

Bagikan: