2+ Cara Undo di Notes iPhone, Kalian Harus Tahu!

Kak Rey

2+ Cara Undo di Notes iPhone, Kalian Harus Tahu! – Pernah nggak sih kamu merasa frustasi saat menulis, terus tiba-tiba salah ketik atau salah hapus teks yang udah kamu susun dengan susah payah? Nah, tenang aja! Kamu punya fitur ajaib nih yang bisa menyelamatkan kamu dari situasi kayak gitu. Namanya fitur Undo!

Yuk, langsung aja kita bahas!

Apa itu Fitur Undo?

Nah, Kamu yang menggunakan iPhone, pernah nggak sih kamu ngetik sesuatu terus lupa menghapus atau malah nggak sengaja hapus tulisan yang kamu buat?

Atau mungkin kamu pernah pengin balikin waktu buat membatalkan sesuatu yang udah kamu tulis? Nah, kalau pernah, berarti kamu butuh banget nih kenalan sama fitur keren yang namanya “Undo”! Jadi, fitur Undo ini tuh kayak superhero yang siap menyelamatkan kamu dari kesalahan-kesalahan yang udah kamu buat.

Mau hapus tulisan yang nggak sengaja terhapus? Butuh membatalkan format teks yang baru aja kamu ubah? Semua bisa diperbaiki dengan bantuan fitur Undo! Buat lebih jelasnya, fitur Undo ini sebenernya adalah fitur yang berfungsi buat membatalkan tindakan terakhir yang kamu lakukan dalam aplikasi, termasuk aplikasi Notes iPhone.

Jadi, ketika kamu menggabungkan fitur ini dengan superpower kamu yang lain, yaitu kecepatan mengetik dan kecermatan, maka kamu akan jadi penulis yang tak terkalahkan!

Menggunakan Fitur Undo di Notes iPhone

Yuk, kita bahas cara seru buat memanfaatkan fitur Undo yang ada di Notes iPhone. Ada dua cara yang bisa kamu coba nih.

Keduanya pastinya bakal jadi solusi jitu buat kamu yang sering salah ketik atau pengin membatalkan tindakan yang udah kamu lakukan. Penasaran? Langsung aja yuk kita bahas!

  1. Menggunakan Shake to Undo

Nah, cara pertama yang bisa kamu coba adalah dengan menggunakan fitur Shake to Undo. Asyik banget nih, karena kamu cuma perlu menggoyangkan iPhone kamu aja!

Semacam nari-nari gitu deh, tapi lebih ke arah goyang-goyangkan iPhone aja sih. Jadi, begitu kamu merasa ada yang salah dengan tulisan kamu, cukup goyangin iPhone kamu, dan taraaaa… tindakan terakhir yang kamu lakukan akan langsung dibatalkan. Gampang banget, kan? Tapi ingat, jangan terlalu semangat sampai iPhone kamu terlempar ya! Kita cuma perlu goyangin iPhone, bukan melemparnya.

  1. Menggunakan Tombol Undo

Kalo kamu merasa goyangin iPhone terlalu ribet atau kamu pengin cara yang lebih tradisional, tenang aja! Masih ada cara lain yang bisa kamu coba, yaitu dengan menggunakan tombol Undo.

Tombol ini ada di aplikasi Notes iPhone, tepatnya di bagian atas layar, di sebelah kiri tombol redo.

Jadi, kalo kamu pengin membatalkan tindakan terakhir yang udah kamu lakukan, tinggal pencet aja tombol Undo ini. Gampang kan? Dijamin deh, tulisan kamu bakal lebih rapi dan bebas dari kesalahan dengan adanya fitur Undo ini.

Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Shake to Undo

Eits, sebelum kamu bisa goyangin iPhone buat membatalkan tindakan terakhir, pastikan dulu nih fitur Shake to Undo udah aktif. Caranya gampang banget, kok! Ikutin aja langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka aplikasi Settings di iPhone kamu.
  2. Gulir ke bawah dan pilih General.
  3. Pilih Accessibility. Di sini kamu bakal nemuin banyak fitur keren yang bisa membantu kamu.
  4. Cari Shake to Undo dan aktifkan fitur ini dengan menggeser tombol ke posisi ON. Selamat, kamu udah bisa goyangin iPhone buat membatalkan tindakan terakhir!

Eh, tapi kalo kamu merasa goyangin iPhone itu bikin kamu pusing, tenang aja! Kamu bisa kok menonaktifkan fitur Shake to Undo. Caranya mirip banget sama pas ngaktifinnya. Ini dia langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi Settings di iPhone kamu.
  2. Gulir ke bawah dan pilih General.
  3. Pilih Accessibility. Tempat di mana banyak fitur keren bersemayam.
  4. Cari Shake to Undo dan nonaktifkan fitur ini dengan menggeser tombol ke posisi OFF. Sekarang kamu udah nggak perlu khawatir lagi iPhone kamu jatuh gara-gara goyangin terlalu kencang!

Menggunakan Tombol Redo

Tombol ini ada di sebelah kanan tombol Undo dan berfungsi buat mengembalikan perubahan yang udah dibatalkan. Misalnya nih, kamu nulis kalimat panjang, terus kamu hapus karena merasa nggak cocok. Tapi, beberapa detik kemudian kamu menyesal dan pengin mengembalikan kalimat itu. Tenang aja, tinggal pencet tombol Redo, dan kalimat yang hilang akan kembali.

Manfaat Menggunakan Fitur Undo

  • Membantu perbaiki salah ketik.

Yap, fitur Undo ini bisa jadi penyelamat kamu saat mengetik dengan cepat dan nggak sengaja bikin kesalahan. Nggak perlu panik, tinggal Undo aja!

  • Mengembalikan teks yang kehapus.

Pernah nggak sih kamu nulis sesuatu, terus tiba-tiba kepencet hapus? Jangan khawatir, fitur Undo siap mengembalikan teks yang hilang. Mirip time machine, kan?

  • Nyobain format teks tanpa takut salah.

Pengin bereksperimen dengan format teks, tapi takut kehilangan data? Fitur Undo bakal jadi teman baik kamu buat mencoba berbagai gaya penulisan.

  • Meningkatkan produktivitas dan efisiensi.

Dengan fitur Undo, kamu bisa nulis dengan lebih cepat dan efisien, tanpa perlu takut bikin kesalahan. Jadi, lebih banyak waktu buat nonton serial atau main game, kan?

Tips dan Trik Menggunakan Fitur Undo di Notes iPhone

Kamu udah tahu manfaat fitur Undo, tapi pengin tahu cara memaksimalkan penggunaannya? Tenang, kita punya tips dan trik nih buat kamu! Simak yuk beberapa tips berikut ini:

  • Jangan terburu-buru saat mengetik.

Kamu emang Flash-nya mengetik, tapi ingat, semakin cepat kamu mengetik, semakin besar kemungkinan bikin kesalahan. Santai aja, biar nggak perlu sering-sering Undo.

  • Kombinasikan fitur Undo dan Redo.

Fitur ini ibarat sahabat karib yang selalu bersama. Gunakan keduanya secara bergantian buat memastikan kamu bikin perubahan yang tepat.

  • Nonaktifkan Shake to Undo jika perlu.

Kalo kamu merasa fitur ini terlalu sensitif, kamu bisa menonaktifkannya dan menggunakan tombol Undo aja. Nggak perlu khawatir iPhone kamu jatuh gara-gara goyangin terlalu kencang!

Kesimpulan

Nah, kita udah ngobrol panjang lebar tentang fitur Undo di Notes iPhone ya? Mulai dari cara menggunakannya, manfaatnya, sampai solusi alternatif yang bisa kamu coba. Jadi, fitur Undo ini tuh bisa jadi penyelamat kamu saat menulis. Entah karena salah ketik, salah hapus, atau cuma pengin bereksperimen dengan format teks, fitur Undo siap membantu!

Jangan lupa juga, kalo pengin coba cara lain, ada aplikasi pihak ketiga yang punya fitur Undo lebih canggih. Atau, buat kamu yang suka nulis pake keyboard eksternal, coba deh gunakan shortcut Undo buat membatalkan tindakan terakhir.

Akhirnya, yang terpenting adalah jangan takut buat bereksperimen dan mencoba hal baru. Fitur Undo itu ada buat membantu kamu, jadi jangan ragu buat memanfaatkannya. Nah sekian artikel mengenai Cara Undo di Notes iPhone, semoga artikel ini bisa membantumu ya.

Artikel Terkait

Bagikan: