2+ Cara Membuka File MOV di Android

Kak Rey

2+ Cara Membuka File MOV di Android – Hai! Gimana kabarnya? Apa kamu tahu kalau file MOV bisa jadi masalah buat kamu yang mau buka di Android? Pastinya ngeselin ya, pas kamu pengen nonton video keren dari file MOV, tapi Android kamu nggak bisa buka.

Tapi tenang aja, ada solusi buat kamu. Kali ini, kita punya artikel yang bakal bantu kamu buka file MOV di Android dengan mudah.

Jadi jangan sampe ketinggalan ya!

Apa Sih File MOV Itu?

Pernah denger tentang file MOV? Kalau belum, tenang aja, kita bakal jelasin nih. Jadi, file MOV tuh sejenis format video yang lahir dari kerja keras tim Apple Inc. buat QuickTime Player-nya.

Bayangin aja, kayak kotak aja gitu, di dalamnya bisa naroh berbagai macam data, mulai dari suara, video, sampe tulisan. Unik banget kan?Sejarah Si File MOV Sekarang, yuk kita nyalain mesin waktu bentar dan balik ke tahun 1991. Nah, itu waktu pertama kali Apple kenalin file MOV sebagai bagian dari teknologi QuickTime mereka.

Nah, tujuan utama Apple waktu itu adalah menciptain format video yang kualitasnya oke banget buat komputer Macintosh. Jadi, file MOV ini udah lumayan tua sebenernya, tapi masih keren abis sampe sekarang.

Kelebihan dan Kekurangan File MOV

Bener-bener kayak pahlawan, file MOV juga punya kekuatan luar biasa dan satu dua kelemahan. Di sisi satu, kualitas video di file MOV ini ciamik dan bisa nyimpen banyak banget jejak sekaligus. Makanya, file ini mirip Superman, yang bisa ngelakuin banyak hal sekaligus.

Tapi, di sisi lain, file MOV punya kelemahan, yaitu ukurannya yang gede. Kalo dibandingin, ukuran file MOV ini bisa gede banget kayak Hulk, besar dan bermuscle. Nah, ini bisa jadi masalah buat kamu yang punya ruang penyimpanan yang cekak.

Kenapa Sih Harus Buka File MOV di Android?

Cobain deh buka di Android. Eh, bisa kok! Meskipun Android dan Apple kayak air dan minyak, tapi di zaman digital sekarang, semuanya bisa terjadi.

  • Kompabilitas File MOV dengan Android

Bener sih, sejauh ini Android agak cuek sama file MOV. Tapi bukan berarti kamu nggak bisa buka file MOV di Android loh. Ada banyak aplikasi keren yang bisa ngebantu kamu buat nonton file MOV di Android. Jadi, gak usah cemas deh.

  • Keuntungan Buka File MOV di Android

Nah, ini dia yang kamu pengen tahu. Kenapa sih harus repot-repot buka file MOV di Android? Jawabannya simpel banget.

Pertama, buka file MOV di Android bisa bikin kamu nikmatin video bagus di mana aja, kapan aja. Kedua, kamu juga bisa bangga-banggain ke temen-temen kalau bisa buka file MOV di Android. Asik kan?

Cara Buka File MOV di Android

Ayo, sekarang kita masuk ke bagian seru, cara buka file MOV di Android! Ada beberapa cara nih, tapi kali ini kita bakal pakai VLC Media Player.

Kenapa? Karena VLC kayak sahabat setia yang selalu siap sedia buat kamu, bisa diandalkan dan dipake di mana aja, kapan aja.

  1. Pakai VLC Media Player

Coba bayangin aja, VLC itu kayak pahlawan yang siap nyelamatkin kamu dari masalah file MOV di Android. VLC ini bisa banget buat nge-play berbagai format video, termasuk file MOV.

Cara Pasang VLC Media Player

Mau punya pahlawan ini? Nggak perlu ribet kok. Tinggal buka aja Google Play Store, tulis ‘VLC Media Player’ di kotak pencarian. Nanti muncul deh VLC di layar kamu. Klik ‘Install’ dan tunggu sampe selesai. Gampang kan?

Cara Buka File MOV pake VLC

Setelah si pahlawan ada di Android kamu, sekarang saatnya gunain dia. Buka aplikasi VLC Media Player, terus cari file MOV yang mau kamu tonton. Klik aja file-nya, dan taraa! Sekarang kamu udah bisa menikmati video keren dari file MOV di Android kamu.

  1. Coba PlayerXtreme Media Player

Kalo VLC pahlawan, PlayerXtreme tuh jadi sahabat setianya yang nggak kalah hebat! PlayerXtreme juga bisa nge-play berbagai format video, termasuk file MOV yang gede.

Cara Instal PlayerXtreme Media Player

Mau punya sahabat ini? Caranya simpel, sobat! Buka Google Play Store, ketik ‘PlayerXtreme Media Player’ di kotak pencarian, dan voila! Dia langsung muncul.

Klik ‘Install’, dan voila! PlayerXtreme udah siap nemenin Android kamu.

Cara Buka File MOV pake PlayerXtreme

Setelah PlayerXtreme ada di Android kamu, sekarang waktunya pake. Buka aplikasi PlayerXtreme, terus cari file MOV yang mau kamu buka. Tinggal klik file-nya, dan boom!

Sekarang kamu udah bisa menikmati video bagus dari file MOV kamu.

Kesimpulan

Nah, tadi kita udah bahas tentang cara buka file MOV di Android, teman pembaca! Kita tau kan kalau file MOV bisa jadi ribet buat dibuka di Android, tapi gak usah cemas deh! Ada dua aplikasi keren, yaitu VLC Media Player dan PlayerXtreme, yang bisa ngebantu kamu buat buka file MOV di Android.

Buka file MOV di Android bisa bikin kamu nonton video bagus di mana aja dan kapan aja. Plus, kamu juga bisa berbagi video seru sama temen-temenmu dan nunjukin kalau kamu jago.

Tapi inget ya, file MOV punya plus minus juga. Ukurannya gede bisa jadi masalah, tapi kualitas videonya bagus dan bisa nyimpen banyak jejak sekaligus, jadi tetep berguna.

Jadi, jangan ragu buat buka file MOV di Android pakai VLC Media Player atau PlayerXtreme. Nikmati videonya dengan gampang dan jangan lupa nikmatin momen seru sama temen-temenmu!

FAQ

Bisa Gak Sih Ganti Format File MOV Biar Bisa Dibuka di Android?

Iya, bisa sih. Tapi, ini bakal butuh proses ngubah format, yang mungkin lama dan bisa bikin kualitas videonya kurang bagus.

Kalo Aplikasi VLC atau PlayerXtreme Nggak Bisa Buka File MOV di Android Saya, Harus Gimana?

Pastiin dulu file MOV-nya nggak rusak ya. Kalo nggak ada masalah sama filenya, coba deh install ulang aplikasinya.

Bisa Nggak Sih Mainin File MOV di Android Tanpa Aplikasi Luar?

Secara bawaan, Android nggak support format file MOV. Tapi, beberapa HP mungkin punya aplikasi bawaan yang bisa mainin file MOV.

Ada Batasan Ukuran File MOV yang Bisa Dibuka di Android Gak?

Nggak ada sih batasan ukuran file MOV yang bisa dibuka di Android. Tapi semakin gede ukurannya, semakin makan tempat di penyimpanan dan bisa ngeganggu performa HP kamu.

File MOV Bisa Dimainin di Android Versi Lama Gak?

Bisa banget. Tapi, pastiin dulu kalau HP kamu punya spesifikasi yang cukup buat jalanin aplikasi pemutar file MOV. Kalo nggak, HP-nya bisa jadi lemot dan videonya mungkin jadi ngelag.

Artikel Terkait

Bagikan: